5 Rekomendasi Game Sepakbola di Android yang Bisa Bikin Kamu Sejenak Melupakan PES dan FIFA

5 Rekomendasi Game Sepakbola di Android yang Bisa Bikin Kamu Sejenak Melupakan PES dan FIFA

Bicara soal Game Sepak Bola tentu banyak sekali dari gamer Indonesia sudah tidak asing dengan FIFA, Pro Evolution Soccer (PES), atau Football Manager (FM). Terlebih lagi ketiga nama itu sekarang tidak hanya ada di PC dan konsol, tapi sudah merambah ke android juga. Kamu suka main tiga game itu tidak di android?

Nah, buat anda yang suka main game sepakbola tapi sedang bosan dengan FIFA, PES, atau FM Mobile, saya akan kasih anda 5 rekomendasi game sepakbola yang lebih ringan dan kasual eksklusif untuk perlengkapan android. Kontrolnya bahkan hanya sekadar tap atau flick doang.

  1. Score! Hero
    Jika anda kecanduan memainkan mode Become A Legend di PES atau The Journey di FIFA, game Score! Hero ini pasti sesuai banget buat kamu. Ceritanya cukup menarik untuk diikuti. Dalam Score! Hero anda harus memainkan karakter dari saat ia mengawali karier sebagai pemain muda berbakat, sampai saat ia menjadi pemain bintang yang membawa gelar juara.
    Sebagai pemain, anda bisa menyimpulkan untuk memberi umpan ke siapa atau menembak langsung bola untuk menghasilkan gol. Caranya ya anda tinggal flick layar ponsel kamu. Di samping itu, anda juga bisa mengganti tampilan, nomor punggung, dan sepatu dari si pemain.
    Secara borongan game yang tak memerlukan akses internet cukup bikin saya ketagihan. Jadi nggak usah cemas soal paket data!
  2. New Star Soccer
    Secara gameplay, New Star Soccer ini hampir sama dengan Score! Hero yang mengandalkan flick dan tap. Tapi tampilan game ini lebih sederhana. Saat baru mulai memainkannya, anda akan memainkan pemain yang mengawali karier dari klub level sangat bawah. Dan tugas kamulah untuk membawa karakter yang anda mainkan menjadi pemain berkelas sekaligus membantu klubmu promosi.
    Satu hal lain yang memisahkan game ini dengan Score! Hero adalah kamu bisa mengatur kehidupan individu dari si pemain, entah itu membeli kendaraan, rumah, pakaian, mencari pacar, bahkan hingga ke main kasino.
    Kalau mau dibandingkan mana yang lebih baik antara Score! Hero dengan New Star Soccer, hmm… itu tugas yang cukup sulit. Mending anda instal keduanya deh.
  3. Tiki Taka Soccer
    Kalau cara main dari dua game sebelumnya lebih banyak berkutat di flick dan tidak banyak tap, Tiki Taka Soccer malah full tap. Mode permainannya sendiri bisa dibilang mirip Master League, di mana anda ditugaskan untuk membina tim antah berantah di divisi bawah dan membawanya mengarah ke klub sangat sukses. Dalam perjalanan mengarah ke kesuksesan, kamu bisa membeli pemain dan merekrut pelatih untuk memperkuat klub agar mampu berlomba dengan tim-tim lain.
    Grafiknya yang retro abis bikin saya memperingati game sepakbola yang terdapat di game center atau konsol lawas. Mungkin kamu juga harus siap-siap bernostalgia jika tertarik memainkan Tiki Taka Soccer.
  4. Pixel Cup Soccer 16
    Tidak suka dengan konsep flick dan tap yang ada di tiga rekomendasi game sebelumnya? Ingin mencari yang ada kontrol analog seperti di FIFA atau PES? Game Pixel Cup Soccer 16 ini akan cocok sama selera kamu.
    Kalau Tiki Taka Soccer hanya secara penampilan saja yang sama Game Bola jadul, game satu ini benar-benar membawa kesan nostalgia dari semua aspek, baik dari sisi musik, tampilan, atau gameplay. Kamu juga bisa memilih begitu banyak mode seperti persahabatan, kompetisi, hingga adu penalti.
    Nah, jika kamu niatnya memang cari pengganti FIFA dan PES, game ini sangat saya rekomendasikan.
  5. Pocket League Story 2
    Game terakhir ini mungkin bisa disebut Football Manager versi pixel. Di sini anda tidak akan hanya menggerakkan pemain, tetapi mengelola pemain dan klub secara keseluruhan, mengawasi jalannya pertandingan, dan merancang strategi yang pas untuk timmu. Kamu juga bisa mengelola fasilitas-fasilitas yang ada untuk menambah kualitas kesebelasan dan pemain.
    Sama seperti ciri game-game Kairosoft pada umumnya, game ini juga termasuk game yang ‘easy to play hard to master’. Jadi walau terlihat sederhana dan terkesan gitu-gitu aja, sebetulnya game ini cukup kompleks dan menantang. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan bosan di tengah jalan.
    Nah, itu dia 5 game sepakbola rekomendasi di samping FIFA, PES, dan FM Mobile. Kalau anda punya game rekomendasi lainnya, coba tuliskan di kolom komentar ya.