Pengertian Struktur Contoh Teks Editorial Lengkap

Tentunya Anda pernah mendengar istilah teks editorial, bukan? Mungkin ketika Anda melihat berita atau saat Anda berada di sekolah. Teks editorial sering ditemukan di koran atau majalah. Meskipun surat kabar atau majalah saat ini jauh ketinggalan dari berita online, tidak ada salahnya mengetahui arti dan contoh teks editorial ini.

Pengertian Struktur Contoh Teks Editorial Lengkap

Melalui contoh teks editorial, tentunya pemahaman Anda tentang teks editorial akan jauh lebih sederhana. Sekarang, di sini adalah ulasan lengkap tentang makna, struktur dan contoh-contoh teks editorial. Ingin tahu tentang apa? Lihatlah ulasan berikut!

pengertian teks editorial

Sebelum membahas contoh teks editorial, tidak ada salahnya untuk mengetahui makna teks editorial terlebih dahulu. Teks editorial adalah teks yang berisi konten dalam bentuk opini atau penilaian seseorang atas masalah yang sedang dibahas.

Teks editorial ini umumnya terkandung dalam majalah atau koran dan mencakup berbagai topik baik ekonomi, sosial, politik dan lainnya.

Tujuan dari teks editorial

Tujuan penulisan teks editorial ini adalah untuk mengundang pembaca majalah atau koran untuk memikirkan masalah yang saat ini sedang dibahas hari ini. Masalah yang diambil biasanya peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, tujuan penulis menulis teks editorial adalah untuk memberikan pendapat penulis tentang pertanyaan yang sedang dibahas.

Fungsi teks editorial

Sementara fungsi penulisan teks editorial ini meliputi:

Teks editorial atau bahkan editorial atau opini berfungsi sebagai cara untuk menjelaskan kepada publik berita dan konsekuensi yang mungkin terjadi pada masyarakat.
Jelaskan latar belakang yang terkait dengan berita yang dilaporkan dan kenyataan yang hadir dalam kehidupan secara keseluruhan.
Terkadang teks editorial berisi analisis kondisi perusahaan dan dalam bentuk kemungkinan yang dapat terjadi pada komunitas untuk suatu acara.

Ini adalah fungsi penulisan teks editorial ini. Dengan teks editorial, pembaca akan jauh lebih terstimulasi oleh pemikirannya untuk merespons satu hal. Dan juga mampu membangkitkan antusiasme untuk bertindak atas masalah suara.

Ciri-cirite ks editorial

Ada berbagai jenis teks yang dapat Anda temukan di majalah. Untuk dapat mengenali contoh teks editorial, berikut ini adalah karakteristik teks editorial. Ingin tahu? Lihatlah penjelasan berikut!

Topik yang diangkat dalam artikel adalah masalah yang saat ini sedang dibahas atau telah dipengaruhi, saat ini dan bahkan nyata
Penulisan teks editorial biasanya sistematis dan logis
Ada pendapat pribadi penulis polemik
Dia biasanya menggunakan kalimat pendek, sederhana, jelas dan persuasif.

Struktur teks editorial

Sebelum memahami contoh teks editorial di bawah ini, secara tertulis teks editorial memiliki struktur dan aturan tertentu. Secara umum, teks editorial dibagi menjadi 3 struktur, yaitu deklarasi pendapat, argumentasi dan pengulangan. Untuk lebih jelasnya, lihat ulasan berikut!

  1. Opini atau tesis
    Bagian ini adalah bagian dari perspektif penulis tentang masalah yang sedang dibahas. Biasanya memberikan teori yang memperkuat pendapat penulis.
  2. Topik
    Bagian ini biasanya berisi bukti atau alasan yang digunakan oleh penulis untuk memperkuat pendapatnya dalam tesis. Secara umum, argumen biasanya berisi hasil pencarian, pernyataan ahli atau referensi yang dapat digunakan untuk memperkuat pendapat Anda.
  3. Pengulangan
    Pengulangan adalah penegasan dari pendapat yang diungkapkan. Bagian ini biasanya berisi iterasi dari masalah yang diangkat yang menunjukkan fakta untuk memperkuat pendapat Anda. Biasanya ada di akhir tulisan.

Contoh teks editorial

Di bawah ini adalah contoh teks editorial yang ditulis oleh Media Indonesia, edisi Sabtu, 9 Maret 2019, yang mengangkat masalah lingkungan.

pemahaman, struktur dan contoh teks editorial lengkap
Alam menunjukkan kekuatannya lagi di negara ini. Hujan yang memerah dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama menyebabkan perendaman di banyak daerah, termasuk Jawa Timur. Sejauh Jalan Tol Trans-Jawa belum terhindar dari beban banjir.

Banjir yang melanda beberapa hari terakhir sangat parah, bahkan masif. Tidak hanya cakupan area yang sangat besar, tetapi jumlah orang yang terdampak sangat besar. Puluhan ribu rumah telah terendam di seluruh Indonesia, bersama dengan sawah atau lahan pertanian lainnya.

Dari banyak daerah yang terkena dampak banjir, Jawa Timur adalah yang terburuk. Berita di wilayah tersebut, 15 dari 38 kabupaten telah banjir sejak Selasa (5/3) dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Yang paling serius adalah Kabupaten Madiun, yang tenggelam oleh 39 desa di 8 kecamatan.

Banjir dan tanah longsor juga telah mempengaruhi wilayah banyak provinsi lain. Sebut saja Jawa Tengah, Jawa Barat atau Nusa Tenggara Timur. Bahkan, tanah longsor di Labuan Bajo, NTT, menyebabkan kematian delapan orang.

Banjir ini menarik perhatian karena juga membanjiri jalan tol Ngawi-Kertosono sebagai bagian dari jalan tol Trans-Jawa, kebanggaan pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla. Tanpa ragu, ketinggian air hampir 1 meter mengganggu rute ke Surakarta antara Km 603 dan Km 604.

Sebagai bangsa yang hidup di daerah rawan bencana, bencana setelah bencana merupakan kebutuhan yang perlu diatasi. Gempa bumi, tsunami dan berbagai jenis bencana hidrometeorologis akan terus terjadi. Di atas segalanya, seperti yang kita inginkan dan dapat mengantisipasi bencana yang terjadi sehingga meminimalkan korban dan material.

Banjir yang membuat puluhan ribu orang putus asa jelas tidak menyangka. Namun, itu adalah bentuk otoritas alami, jadi kita harus menerimanya sebagai ujian dan pelajaran.

Banjir baru-baru ini, termasuk di Jawa Timur, terjadi di samping aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) atau gelombang atmosfer yang merambat dari barat (Samudera Hindia) ke timur membawa massa udara basah untuk memicu hujan lebat, juga karena sungai dan drainase tidak lagi mampu menampung air. Karena itu, normalisasi sungai dan drainase merupakan solusi yang pasti harus dilakukan dengan sepenuh hati.

Saat ini semua pihak terkait secara efektif berfokus pada pengelolaan korban. Namun, solusi jangka pendek dan jangka panjang sehingga banjir serupa tidak lagi mempengaruhi pikiran mereka adalah absolut, termasuk bahwa Jalan Tol Trans-Jawa tidak akan lagi diubah menjadi sungai yang tiba-tiba.

Sulit dibantah, banjir yang membasahi jalan tol itu cukup mengejutkan. Tidak berlebihan jika pertanyaan mendasar yang diajukan adalah bukan jalan tol yang dibangun dengan perencanaan supermatang, sehingga tidak boleh banjir?

Meski begitu, sangat tidak tepat jika banjir ditarik ke ranah politik. Tidak baik jika banjir yang sebenarnya dianggap sebagai “berkah” untuk menyerang lawan politik di tahun politik ini.

kesimpulan:

Ini adalah penjelasan tentang teks editorial beserta contoh-contohnya. Untuk semakin memperkaya pengetahuan Anda, Anda dapat melihat contoh teks editorial di berbagai media atau majalah terkenal di Indonesia. biasanya ada masalah yang sedang dibahas dengan hangat dan menjadi perhatian khusus bagi masyarakat.

Jika gravitasi banjir teramati, banjir di ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono benar-benar sulit dihindari. Dalam hal ini, kekuatan alam tampaknya lebih kuat daripada yang dipikirkan manusia. Lebih penting lagi, di masa depan kecerdasan kita harus lebih unggul untuk mengurangi kemarahan alami sehingga pemukiman dan jalan tol tidak akan lagi banjir.

Jika Anda mau, kami sebenarnya mampu. Pengalaman menunjukkan bahwa tol di bandara Soekarno-Hatta telah banjir beberapa kali, tetapi sekarang bebas banjir berkat berbagai upaya. Demikian pula, jalan tol Jakarta-Merak yang banjir beberapa tahun lalu kini aman.

Bencana harus disambut dengan empati, dilanjutkan dengan introspeksi, evaluasi, lalu dapatkan solusi agar tidak terulang kembali. Sangat keliru untuk berpikir bahwa jika bencana seperti banjir dipolitisasi kali ini.

Sumber: https://materibelajar.co.id/