Macam-macam seni berbahan dasar kertas

Seni adalah hal yang sangat sulit untuk di definisikan. Seni dapat berupa apa saja sehingga apapun bisa saja disebut oleh seni. Salah satu jenis seni yang paling mudah dibuat oleh seni yang berasal dari kertas. Kertas hitam,kertas putih hingga kertas berbagai ukuran dan warna bisa dijadikan salah satu sarana untuk membuat seni. Kertas memang merupakan salah satu bahan yang paling sering

digunakan untuk membuat kerajinan dan seni. Selain karena bahan bisa di dapatkan dengan mudah menggunakan kertas juga lebih gampang karen mudah di bentuk. Berbagai macam seni dapat menggunakan kertas hitam, kertas emas bahkan kertas origami yang sangat terkenal itu. Kertas yang cukup banyak digunakan untuk membuat karya seni adalah kertas origami atau kertas warna-warni berbentuk persegi. Dari kertas ini masyarakat bisa membuat apa saja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Ketika ingin membuat sebuah seni dari kertas maka masyarakat harus lebih dulu menentukan seni apa yang akan dibuat sehingga masyarakat dapat menentukan jenis kertas yang bisa digunakan nantinya.

Berbagai macam seni dapat dibuat dari kertas. Kertas origami adalah kertas yang paling banyak digunakan untuk membuat berbagai macam benda seni. Para pemula yang biasanya belajar membuat seni kertas juga menggunakan kertas origami ini sebagai salah satu kertas untuk pembelajaran. Kertas origami memang paling sering digunakan untuk membuat kesenian. Kertas ini bisa dibentuk macam-macam jenis sehingga sangat mudah penggunaanya, selain itu kerta origami juga memiliki berbagai macam warna sehingga akan terlihat sangat cantik ketika digunakan untuk membuat karya seni. Kertas origami ini dapat dibentuk bunga-bungaan, hewan atau bahkan benda lain yang sangat unik. Kertas ini bisa di pakai untuk hampir semua karya seni yang berbahan dasar kertas. Selain membuat berbagai bentuk tersebut kertas origami juga digunakan sebagai pelengkap untuk berbagai karya seni lain yang sangat cantik.

Terdapat macam-macam karya seni berbahan dasar kertas yang bisa ditemui atau dibuat. Seni-seni tersebut bisa berupa seni dua dimensi atau seni tiga dimensi. Seni dua dimensi adalah seni yang memiliki panjang dan lebar saja sehingga hanya bisa dinikmati dari satu sisi saja, sedangkan untuk seni tiga dimensi adalah seni yang memiliki panjang, lebar dan volume. Dari volume ini lah benda-benda tiga dimensi dapat dilihat dan dinikmati dari berbagai sisi. Bahan-bahan kertas yang digunakan untuk membuat bendi seni juga harus sangat dipertimbangkan. Pertimbangan ini dari betapa bergunanya benda tersebut dan mampu bertahan berapa lamakah benda tersebut apabila nantinya akan di hadapkan dengan berbagai faktor luar yang bisa mempengaruhi karya seni tersebut.

Kertas identik dengan bahan yang mudah basah, kotor dan rusak akan tetapi ketika tangan-tangan kreatif bahan ini bisa menjadi karya seni bernilai tinggi. Sepadan dengan apa yang dihasilkan, karya seni biasanya memiliki keunikan tersendiri dengan mengambil tema-tema tak lazim yang terkadang tidak terpikir oleh orang-orang. Berbagai seni dari kertas kini tak hanya sebagai pajangan saja tetapi juga bisa menjadi bahan-bahan pakai yang akan membuat dekorasi rumah, kantor atau toko lebih unik. Kertas bisa di sulap menjadi penutup lampu yang cantik dipadukan dengan berbagai kertas warna-warni yang akan menambah kesan cantik pada bingkai lampu tersebut. Kertas juga bisa dipadukan untuk tempat tisu agar memiliki keunikan tersendiri bagi tampilan dekorasi di dalam rumah. Kertas bisa menjadi karya seni bernilai tinggi jika mampu di olah oleh tangan-tangan dingin para pengerajin.