Bukan Hanya Manusia, Tanaman Juga Bisa Stress Loh

Jika selama ini hanya manusia yang dikenal dapat mengalami gejala stress ternyata tumbuhan juga bisa loh, mengalami stress layaknya seperti manusia. Tumbuhan biasanya mengalami stress jika suhu naik, lalu bagaimana cara tanaman menjalani kehidupan di tengah cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

Apakah tumbuhan bisa mengalami stress berat?

Pada saat mengalami stress atau kerusakan maka tanaman akan menggunakan komunikasi kloroplas ke nukleus agar mengatur ekspresi gen untuk membantunya mengatasi situasi ini.

Fungsi kloroplas ini sendiri sangat penting untuk membantu tumbuhan dalam proses fotosintesis.

Pada tumbuhan ditemykan gen yang mengintegrasikan banyaknya jalur balik pensinyalan kloroplas ke nukleus untuk memerankan peran penting guna menyampaikan bagaimana cara tumbuhan bisa merespon stress yang dialaminya.

Ada banyak sekali faktor yang membuat tumbuhan bisa merasakan stress layaknya manusia dan juga makhluk lainnya seperti hewan, salah satunya adalah iklim ekstrem yang mempunyai potensi untuk mempengaruhi sistem pangan secara dramatis.

Pada saat tanaman sedang mengalami stress yang dikarenakan oleh kemarau dan kekeringan yang berkepanjangan maka tumbuhan pun akan menghasilkan panen yang lebih rendah dari biasanya, maka manusia harus memahami bagaimana tanaman menanggapi stress sehingga akan membuat kita bisa mengembangkan cara untuk meningkatkan daya tahan dan menjaga produksi pangan agar tetap tinggi, karena sudah bukan rahasia lagi ya, jika manusia sangat bergantung pada tumbuhan atau pun tanaman sebab menjadi bahan pangan paling utama bagi manusia selain hewan.

Bayangkan jika di dunia ini tidak ada lagi tanaman atau tumbuhan, pasti repot kan.

Di dalam sel tanaman sendiri terdapat struktur yang disebut dengan kloroplas dan fungsi dari kloroplas sendiri adalah untuk menciptakan makan dengan mengubah energi dari sinar matahari menjadi energi kimia melalui proses yang disebut dengan proses fotosintesis.

Inti sel atau nukleus sendiri biasanya akan menyalurkan sebuah informasi ke kloroplas tujuannya untuk mempertahankan produksi energi agar tetap stabil.

Akan tetapi jika beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhan menjadi stress maka kloroplas lah yang akan mengirimkan signal atau alarm atau pesan pada inti sel dengan cara menggunakan mode pensinyalan balik atau menciptakan umpan balik komunikasi dar kloroplas ke inti sel.