Pengertian Manajemen Informatika

pengertian-manajemen-informatika

Manajemen adalah penggunaan sumber daya yang sangat efektif untuk bisa mencapai target. Sedangkan Informatika sendiri dalam bahasa Inggris yakni Informatics yang artinya adalah suatu displin ilmu yang mempelajari tentang transformasi fakta yang berlambang yaitu data maupun informasi di mesin yang berbasis komputasi.

Maka Manajemen Informatika merupakan segala pemanfaatan dan pemeliharaan atas sumber daya yang secara efektif pada bidang informasi dalam mewujudkan tujuan yang sudah ditentukan supaya bisa memperoleh hasil yang diharapkan dengan maksimal. Akan tetapi walaupun demikian jikalau Manajemen Informatika dipisahkan katanya sendiri menurut kata penyusunnya yakni kata manajemen disini berarti segala pemanfaatan dan penggunaan sumber daya yang sudah tersedia secara efektif guna mencapai target yang maksimal.

Displin ilmu tersebut mencakup beberapa macam bidang, termasuk didalamnya yaitu:

  • Sistem informasi
  • Ilmu informasi
  • Ilmu komputer
  • Teknik komputer
  • Aplikasi informasi

Pada umumnya informatika akan mempelajari mengenai struktur, sifat dan juga interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemprosesan data. Lalu menampilkannya ke dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi yang berbasiskan komputer saja, namun masih ada banyak informasi yang tak serta belum diproses dengan komputer.

Informatika tersebut memiliki konsep dasar, teori, dan juga perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika bisa mendukung serta berkaitan dengan aspek kognitif dan juga sosial, termasuk mengenai pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi di beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, serta informasi yang mendukung ilmu perpustakaan.