Mengetahui Sejarah Cleaning Service Di Indonesia

Sejarah Cleaning Service

Sejarah cleaning service: Profesi cleaning service di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 1960. Namun, saat itu jasa cleaning service  belum banyak digunakan karena belum banyak yang mengenalnya, lain seperti sekarang ini. Karena dulu belum banyak gedung perusahaan seperti sekarang ini. Zaman dulu, kebersihan di kantor atau gedung masih menjadi tanggung jawab pegawai gedung kantor itu sendiri. Caranya pun sangatlah sederhana, yaitu dengan menggunakan kemoceng, kain lap, sapu ijuk, ember, dan lain sebagainya. Cairan pembersihnya juga hanya menggunakan air yang dicampur dengan sabun atau detergen.Memang seperti itulah sejarah cleaning service yang ada di Indonesia ini.

baca juga jasa bersih bersih rumah bandung

Sejarah Cleaning Service Di Indonesia

Setelah itu, pada tahun 1970, sudah ada perusahaan cleaning service bernama PT. Setrasari. Dan ini merupakan perusahaan jasa kebersihan pertama di Indonesia. Tahun 1980 didirikan Manggala Wanabakti yang saat itu merupakan gedung dari kementrian kehutanan Indonesia. Dan ini menciptakan trobosan baru di dalam hal bisnis cleaning service.

Untuk mempercayakan kebersihan gedung tersebut, Franz Tjhandra Purnama membawa bendera PT Resik Cemerlang untuk pemeliharaan gedung Manggala Wanabakti, yaitu dengan memberi sekian banyak  inovasi. Dari sejarah cleaning service di Indonesia, penanganan sudah dilakukan dengan lebih modern.

baca juga jasa bersih rumah bandung

Terobosan terbaru yang dilakukan diantaranya PT Resik Cemerlang mulai melakukan pembelian bebagai bahan kimia untuk memfasilitasi pegawainya saat bekerja bekerja. Bahan tersebut didapatkannya dari Jerman dan Belanda. Pelayanan yang dilakukan juga bertaraf internasional. Mereka dilatih untuk bisa profesional di dalam menangani masalah kebersihan.

Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika PT Resik Cemerlang ini merupakan satu-satunya perusahaan cleaning service yang memiliki taraf Internasional di Indonesia yang menggunakan sistem service Eropa. Sejarah cleaning service juga telah mencatatnya sebagai pelopor pertama di Indonesia yang telah menjalankan modernisasi cleaning service.

Dengan berjalannya waktu hingga sampai saat ini, perusahaan cleaning service telah merambah luas di seluruh penjuru dunia, termasuk juga di Indonesia ini.  harus anda kaetahui, jika sejarah cleaning service di Indonesia memang cukup panjang, sampai pada akhirnya semakin banyak dijumpai seperti pada saat ini. Perjalanan dari sejarah cleaning service yang ada di Indonesia dari pertama kali masuk hingga sekarang ini menjadi bisnis yang dinilai sangat menjanjikan.