5 Jenis Rendang Yang Terkenal Dari Tanah Minang

Sebagai salah satu kuliner khas Nusantara, rendang pernah dinobatkan oleh CNN Travel sebagai makanan terenak di dunia pada 2011 lalu. Rendang merupakan kuliner Nusantara yang khas dari Minangkabau. Kuliner yang memadukan daging, santan, dan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah ini merupakan kuliner khas turun temurun yang telah ada sejak dahulu.

Masakan yang bercita rasa pedas ini merupakan masakan yang dalam pembuatannya harus dimasak berulang-ulang. Rendang harus dipanaskan berulang-ulang dengan bumbu, rempah, dan santan hingga kuahnya mengering sama sekali dan rendang menjadi berwarna hitam pekat. Dengan proses pengolahan yang berulang kali tersebut, rendang menjadi makanan yang bisa bertahan hingga waktu yang cukup lama. Bahkan dalam suhu ruang, rendang bisa bertahan selama berminggu-minggu.

Karena cita rasanya dan keawetannya, rendang juga bisa dijadikan persediaan pangan untuk bantuan pangan yang bergizi untuk korban bencana. Seperti pada gempa bumi Lombok 2018, gempa dan tsunami Poso 2018, tsunami selat Sunda 2018, dan banjir Bengkulu 2019, rendang dijadikan salah satu bahan makanan untuk para korban bencana alam tersebut. Kandungan gizi rendang tetap terjaga walaupun telah lama disimpan sebelum diberikan kepada para korban bencana.

Rendang yang banyak dikenal oleh masyarakat luas adalah rendang daging. Namun menurut catatan dari Badan Pelestarian Budaya Padang, ada 11 jenis rendang yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Minangkabau. Diantara 11 jenis tersebut, 5 diantaranya yang populer adalah:

1. Rendang Daging

Rendang daging merupakan rendang yang umum ditemukan dimana-mana. Rendang ini menjadi ikon bagi masyarakat Minangkabau dan dikenal luas di Indonesia hingga ke mancanegara. Daging untuk rendang mempunyai tekstur yang empuk karena dimasak dengan santan dan berbagai bumbu serta rempah-rempah selama lebih dari 6 jam dan dilakukan berulang-ulang di wadah yang panas. Rendang daging selalu menjadi menu utama di setiap rumah makan Padang yang ada di sekitar kita.

2. Rendang Ayam

Makanan yang satu ini bisa dibilang cukup populer khususnya di wilayah Sumatera Barat. Rendang ayam merupakan sajian yang umum ada dalam hampir setiap pesta rakyat dengan ekonomi menengah ke bawah. Sajian ini umumnya dipilih karena selain lebih murah dibandingkan daging sapi, juga karena proses yang dibutuhkan untuk memasaknya lebih pendek. Dalam memasak rendang ayam, daging ayam dihancurkan baik itu digiling maupun diurai.

3. Rendang Talua (Telur)

Bahan lain yang bisa dibuat rendang adalah telur atau talua dalam bahasa Minang. Rendang talua merupakan makanan khas dari Payakumbuh. Rendang talua merupakan jenis makanan yang gurih dan renyah. Bentuk rendang talua adalah seperti lempengan yang tipis dan berbentuk kotak seperti keripik. Telur digoreng dengan sangat garing begitu pula bumbu rendang sudah dibuat kering seperti serundeng. Makanan ini mampu bertahan hingga mencapai 6 bulan lamanya.

4. Rendang Basah (Kalio)

Beberapa rumah makan Padang umumnya menyajikan jenis rendang yang basah atau disebut kalio. Hal tersebut karena rendang perlu memakan waktu yang lama dan biaya yang lebih mahal. Sebagai gantinya adalah kalio yaitu rendang yang setengah matang. Kalio disebut sebagai rendang setengah matang karena bumbu, santan, dan rempah lainnya masih belum meresap secara penuh ke dalam dagingnya.

5. Rendang pakis

Jenis rendang ini merupakan rendang yang menggunakan tumbuhan pakis atau paku amak. Rendang ini berasal dari Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Proses pembuatannya kurang lebih sama dengan cara membuat rendang biasa. Tumbuhan pakis dimasak dengan bumbu rendang dan santan hingga kuahnya mengering.

Rendang memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk memasaknya. Namun, biasanya pemilik rumah makan bisa mengakalinya dengan beberapa cara terutama untuk membuat daging cepat empuk yaitu dengan menggunakan mesin presto. Dengan presto, daging yang dimasak akan lebih cepat empuk dan lebih mudah untuk menyerap bumbu. Mesin presto mudah didapat dimana-mana karena ada banyak tempat jual mesin presto baik offline maupun online.