Cara Budidaya Selada Paling Menguntungkan

Cara Budidaya Selada – Pernahkah Anda memakan Salad. Jika pernah, pasti Anda tidak asing dengan yang namanya Selada.

Tanaman Selada adalah sayuran yang tumbuh di daerah tropis dengan warna daun hijau, ada juga yang berwarna putih.

Selain digunakan sebagai salah satu bahan untuk Salad, selada juga bisa digunakan untuk tambahan sayur pada lalapan yang bisa Anda temukan dengan mudah.

selada sering digunakan untuk tambahan menu makanan dikarenakan harganya yang murah dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk mendapatkanya pun juga tidak sulit.

Anda bisa menemukan Selada di pasar. Atau jika bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah Anda.

Tahapan Cara Budidaya Selada

Sebelum masuk ke tahapan cara budidaya Selada. Anda perlu menyiapkan bahan dan juga peralatan yang diperlukan.

Untuk bahannya antara lain benih selada, yang bisa Anda dapatkan di toko pertanian, dan juga media tanam. Untuk media tanam Anda bisa kompos (pupuk kandang) dan juga rang sekam dengan perbandingan 1:1.

Untuk peralatan yang perlu Anda siapkan adalah polybag dengan ukuran sedang, tray (tempat menyemai benih Selada) dan juga sekop kecil kalau ada.

Sebelum proses penyemaian benih Selada. Campur media tanam tersebut supaya merata. Kemudian masukkan ke polybag.

Tidak perlu penuh, yang penting semua bagian terisi. Dan juga taruh media tanam pada tray untuk tempat penyemaian benih Selada. Dalam penyemaian, sebenarnya tidak menggunakan tray tidak masalah.

Anda bisa menggunakan wadah lainnya, seperti nampan plastik, kemudian isi dengan media tanam yang sudah Anda campur sebelumnya.

Proses penyemaiannya, rendam benih Selada terlebih dahulu dengan air hangat, kurang lebih selama setengan hari. Kemudian sebar benih Selada tersebut pada wadah yang Anda gunakan untuk persemaian benihyang sudah Anda persiapkan.

Setelah 7 hari, bibit Selada akan tumbuh dengan bagus. Baru kemudian pindahkan bibit Selada pada polybag yang sudah Anda siapkan.

Dalam proses penanaman bibit Selada, usahakan untuk berhati-hati agar bibit tidak rusak.

Seperti itulah tahapan untuk penanaman Selada. Mudah bukan. Anda bisa meletakkan polybag yang sudah berisi tanaman Selada ke tempat yang cukup terkena sinar matahari. Untuk tahapan perawatan.

Anda hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari pada awal-awal masa pertumbuhan Selada. selebihnya Anda hanya perlu menyiram agar media tanam tidak kering.

Untuk pemupukan Anda bisa menggunakan pupuk organik (kompos) jika Anda suka dengan tanaman organik. Waktu pemupukan yang paling ideal adalah pada saat pemindahan bibit Selada kedalam polybag.

Selebihnya hanya perlu melakukan perawatan rutin, untuk melihat kesehatan tanaman Selada.

Secara umum umur tanaman Selada adalah 60 hari, jadi Anda sudah bisa memanen daun Selada setelah 2 bulan masa penanaman. Cara memanennya pun juga mudah.

Anda bisa mencabut tanaman selada sampai ke akarnya atau dengan hanya mengambil daunnya saja. Sangat mudah bukan.

Selain hemat, kesehatan Anda juga akan terjamin dengan mengkonsumsi Selada organik.