Cara Reset Printer Epson L120

cara-reset-printer-epson-l120

Kegiatan sehari-hari di kantor atau di rumah, tentu saja, tidak terlepas dari penggunaan printer. Misalnya, untuk mencetak dokumen, foto, dan hal lainnya. Seperti yang kita ketahui, Anda dapat menemukan beberapa jenis printer, salah satunya adalah Epson. Di sini saya akan memberikan tutorial tentang cara mereset printer Epson L120 secara otomatis.

Epson adalah merek printer yang mungkin sudah senior. Mereka telah meluncurkan banyak produk baru dan jutaan orang sudah menggunakannya di seluruh dunia.

Sekilas tentang sejarah Epson

Ketika berbicara tentang Epson, itu tidak dapat dipisahkan dari Jepang. Karena Epson sendiri berasal dari sana. Daiwa Kogyo pertama kali didirikan oleh Hisao Yamazaki pada tahun 1942, yang awalnya lebih menekankan pada produksi jam tangan, yang dikenal sebagai produk Seiko. Jam tangan Seiko dikenal karena keunggulannya yaitu dalam presisi kinetik.

Seiko terus berkembang di perusahaan komersial sebelum tahun 70. Pada saat itu, presiden Epson saat ini, Minoru Usui, dengan 80 insinyur yang dipilih secara ketat untuk menemukan teknologi baru, yaitu Micro Piezo, yang masih menggunakan teknik kerja di Seiko memperhatikan.

Pada tahun 1968, sebuah printer EP-101 lahir. Printer Epson pertama yang diketahui berasal dari produk ini. Termasuk Epson L120 seperti yang kita ketahui.

Namun, dengan begitu banyak produk printer Epson, ada satu yang cukup terkenal, yaitu seri Epson L120. Epson L120 adalah printer seri InkJet, yang memiliki ukuran yang ringkas dan ringan. Printer ini banyak digunakan oleh orang karena harganya murah.

Penyebab kesalahan Epson L120

Seperti printer normal pada umumnya, Epson L120 juga dapat muncul kesalahan tertentu. Misalnya, seperti:

1. Printer tidak dapat menarik kertas

Bagaimana cara memuat kertas ke dalam printer? Sangat mudah. ​​Cukup masukkan kertas ke dalam printer dan kemudian biarkan printer berjalan sendiri. Nantinya, kertas akan ditarik secara otomatis sebelum proses pencetakan dimulai.

Masalah printer yang tidak dapat menarik kertas terkadang juga ingin terjadi. Biasanya, penyebabnya adalah karena roller printer memiliki masalah hingga ada komponen lain yang rusak.

Pada printer Epson L120, masalah ini juga dapat terjadi. Kertas printer tidak dapat dimasukkan dan proses pencetakan tidak dapat dilakukan.

Masalah lampu berkedip pada printer mungkin karena komponen yang rusak, bisa juga dari pengontrol yang memiliki masalah (apakah itu tidak cocok atau serupa).

2. Tidak dapat mencetak

Anda tidak dapat mencetak, kertas mungkin tidak tertarik, atau hasil lembar kosong (kosong) dan hal-hal serupa lainnya. Mungkin universal. Beberapa bahkan terjebak di dalam printer.

Sebagian besar penyebabnya ada pada roller atau perangkat lunak printer. Tidak jarang bisa dari komponen lain.

3. lampu berkedip

Printer tidak responsif disertai dengan lampu LED yang berkedip. Ini juga cukup sering terjadi.

4. Tidak merespons

Tidak menanggapi berarti tidak menanggapi. Intinya adalah sistem yang tidak merespons dari sistem. Masalah ini terjadi terutama pada sumber-sumber printer yang mengalami kesalahan dalam pengiriman data saat mencetak.

Fiturnya adalah, ketika jendela cetak muncul, pesan yang tidak responsif muncul, di mana jendela itu tidak dapat dibuat.

Cara reset printer Epson L120

Apalagi bagi yang belum tahu, semua masalah ini bisa diatasi dengan satu solusi. Yaitu, melakukan restart.

Reset adalah metode yang digunakan untuk mengembalikan pengaturan printer. Dari apa yang telah kita atur sebelumnya ke konfigurasi default.

Bagi Anda yang memiliki printer Epson L120 dan metodenya hampir sama dengan seri L130, L220, L310, L360, L365, Nirvanah Hope akan menjelaskan langkah demi langkah. Mari kita lihat akhirnya!

1. Cara reset Epson L120 secara manual (tanpa perangkat lunak)

Langkah pertama bisa dilakukan secara manual, dalam arti kita tidak perlu aplikasi tambahan. Begini caranya:

• Pertama, lepaskan dulu kabel daya selama sekitar 5 menit.

• Setelah itu, pasang kembali.

• Kemudian, coba tekan tombol daya, lalu tekan tombol resume (logo tinta) pada printer Epson L120.

• Tekan dan tahan tombol hingga 5 detik, lalu lepaskan ketika sudah.

• Kemudian tekan dan tahan tombol yang sama lagi selama 3 detik, lalu lepaskan.

• Biarkan printer untuk sementara waktu, jika proses restart berhasil, masalah printer akan kembali normal nanti.

Metode manual itu sendiri didasarkan pada panduan resmi. Tutorial juga telah direkomendasikan dari situs nasional dan asing. Oh ya, foto kecil. Di dalam printer Epson L120 memiliki dua tombol utama:

Tombol kiri berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan printer. Ketika lampu tombol menyala, ketika berkedip itu berarti bahwa printer menerima data, mencetak dan menjadi anggota kepala printer yang bersih.

Tombol kanan berfungsi untuk melanjutkan proses pencetakan yang berhenti. Saat lampu menyala, ada kemungkinan kesalahan tertentu. Tombol ini juga memiliki fungsi pembatalan pada kertas yang dicetak.

2. Cara reset printer Epson L120 secara otomatis (Resetter)

Jika masih tidak berfungsi, ikuti langkah berikutnya dengan perangkat lunak.

Perangkat lunak (aplikasi) untuk memulai ulang printer disebut resetter. Aplikasi ini dirancang khusus untuk reset semua pengaturan printer, baik yang telah ditentukan sebelumnya atau dikelola oleh pengguna.

Berikut langkah-langkahnya:

• Pertama, unduh resetter terlebih dahulu: Resetter Epson Printer | Alternatif.

• Setelah menyimpan aplikasi, hapus dan kemudian jalankan aplikasi.

• Jendela dialog akan muncul. Di kolom nama model, pilih printer yang sesuai. Sebagai contoh, di sini kita memilih Epson L120.

• Kemudian, di kolom pengaturan, fungsi aplikasi yang dapat dipilih untuk menjalankan perintah tertentu pada printer akan muncul. Geser ke dalam kolom perawatan dan kemudian pilih Counter Ink Pad.

• Setelah itu, klik OK untuk melanjutkan.

• Kemudian halaman Counter Waste Ink Pad akan muncul. Silakan merujuk ke penghitung pad utama. Jika demikian, klik verifikasi untuk melanjutkan.

• Tunggu beberapa saat, aplikasi sementara akan menghitung jumlah total printer.

• Setelah angka muncul, periksa lagi di menu Main Pad Count, lalu klik Inisialisasi.

• Tunggu sebentar, ketika berhasil, pemberitahuan akan muncul bahwa Anda harus mematikan printer.

Setelah selesai, matikan printer seperti biasa lalu hidupkan kembali. Dengan cara ini, posisi printer sekarang diatur ulang. Karena itu, Anda hanya perlu bukti lagi, masalah di atas normal atau tidak.

Catatan: Pada langkah 3, Anda dapat mengatur perintah mana yang ingin Anda pilih dalam metode reset printer. Untuk metode reset tinta yang dipilih sebelumnya *

Hanya itu yang bisa saya katakan tentang cara mereset printer Epson L120. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca setia Nirvana Harapan. Terima kasih