Alur Pelayanan RS Hermina Kemayoran dan Jam Besuk Pasien

RS Hermina Kemayoran merupakan salah satu rumah sakit yang tergabung dalam group rumah sakit Hermina. Meski lebih dikenal sebagai rumah sakit ibu dan anak, kini RS Hermina telah menjadi sebuah rumah sakit umum yang besar dan lengkap untuk menangani berbagai masalah kesehatan di masyarakat. Rumah sakit Hermina dilengkapi dengan fasilitas pelayanan rawat jalan dan juga rawat inap untuk pasien yang membutuhkan. Pada kondisi darurat diluar jam pelayanan rawat jalan, RS Hermina juga memiliki instalasi gawat darurat yang bisa diakses 24 jam setiap harinya. Layanan ambulance untuk menjemput pasien juga disiagakan untuk membantu IGD dalam melakukan fungsinya.


Dalam melakukan fungsinya sebagai rumah sakit umum yang lengkap, RS Hermina menerapkan alur pelayanan yang harus diikuti oleh pasien maupun tenaga rumah sakit. Berikut ini adalah alur pelayanan untuk pasien rawat jalan maupun rawat inap sebagai tambahan wawasan bagi Anda khususnya yang berlokasi dekat dengan RS Hermina di Kemayoran dan sekitarnya.  
Alur Pelayanan Pasien Rawat Jalan RS Hermina:

Pasien datang ke RS Hermina, dan dilakukan screening apakah pasien dalam kondisi stabil atau tidak. Jika pasien berada dalam kondisi stabil maka akan diteruskan ke pelayanan rawat jalan, dana apabila akan diteruskan ke Instalasi Gawat Darurat untuk langsung melakukan pengobatan yang dibutuhkan sesuai prosedur di IGD.
Pasien bersiap melakukan pendaftaran. Untuk pasien dengan keluhan TB Paru atau Pasien geriatri dapat melakukan pendaftaran melalui jalur Fast Track sehingga tidak perlu mengikuti antrian. Sedangkan pasien lainnya harus melewati prosedur antrian pendaftaran.
Setelah melakukan pendaftaran di poli rawat jalan terkait, pasien dipersilahkan menunggu gilirannya untuk diperiksa oleh perawat terlebih dahulu. Perawat akan melakukan pemeriksaan dasar sebagai pedoman pemeriksaan oleh dokter spesialis yang meliputi tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Perawat juga akan menanyakan seputar keluhan dan gejala pasien.
Setelah tiba gilirannya, pasien akan dipanggil untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter spesialis. Jika diperlukan pasien juga dapat melakukan pemeriksaan penunjang ke spesialis lainnya.
Pasien akan mendapatkan resep dokter yang bisa ditebus di instalasi farmasi. Setelah menyerahkan resep, pasien dapat melakukan pembayaran sambil menunggu resep dipersiapkan oleh petugas apotek.
Pasien menyelesaikan alur pelayanan dan bisa pulang ke rumah.
 
Pasien rawat inap:

Pasien rawat inap bisa datang dari beberapa pintu antara lain IGD, rujukan dari rumah sakit lain dan pasien rawat jalan yang memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.
Pasien mendapatkan surat pengantar registrasi rawat inap yang nantinya akan diberikan ke ruang perawatan atau ruang operasi dan ruang perawatan intensif sesuai dengan kondisi pasien.
Pasien mendapatkan perawatan di instalasi rawat inap sesuai dengan kebutuhannya.
Pasien dapat pulang dengan status sembuh, dirujuk ke luar rumah sakit atau meninggal dunia dan sudah melakukan administrasi pembayaran sebelum meninggalkan rumah sakit.
 
Itulah alur pelayanan yang diterapkan di RS Hermina Kemayoran. Sedangkan untuk jam besuk pasien rawat inap, adalah dari pukul 11.00 hingga 13.00 siang dan sore dari pukul 17.00 hingga 19.00. sedangkan untuk pasien VIP, tamu bebas berkunjung asalkan mematuhi peraturan ketertiban. Alamat rumah sakit Hermina Kemayoran sendiri berada di Hermina Tower jalan Selangit B-10 kav. No 4 Kemayoran Jakarta Pusat.