Asal Mula Cerita Rakyat dan Manfaatnya untuk Generasi Muda

cerita rakyat

Berbicara tentang cerita rakyat secara tidak langsung akan berbicara juga mengenal adat, lingkungan, bahasa, dan budaya dari keunikan suatu daerah. Keunikan ini berarti hanya ada di daerah tersebut dan tidak ditemukan di tempat lain.

Asal mula cerita rakyat yang berkembang di masyarakat

Pernah tidak Anda berpikir, dari mana sebenarnya asal mula cerita rakyat ada? Asal dari cerita rakyat sangat berkaitan erat dengan fakta sejarah dan pencampuran mitos yang berkembang di masyarakat.

Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) edisi V, cerita rakyat merupakan cerita dari zaman dahulu yang hidup di kalangan masyarakat dan diwariskan secara lisan. Dari pengertian ini maka bisa dilihat bahwa cerita-cerita yang berkembang di masyarakat adalah hasil dari pencampuran sejarah dan bisa jadi ada menambahkan atau pengurangan cerita mengingat pewarisannya dari mulut ke mulut.

Setiap orang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda, karena itulah akan sulit mengotentikasi cerita aslinya. Namun, bukan berarti esensi dari ceritanya hilang sama sekali, justru nilai dan moral yang terkandung terus dilestarikan Salam perkembangannya.

Lalu sekiranya apa yang bisa diambil dari cerita-cerita daerah yang berkembang?

Inilah hal-hal yang didapat dari membiasakan membaca cerita rakyat sejak kecil

Membiasakan diri membaca buku 

Kebiasaan membaca memang idealnya harus dimulai sejak kecil. Adanya cerita rakyat yang dikumpulkan dan dibukukan akan menambah nilai bagi anak untuk mulai membaca. Cerita yang ringan dan dikombinasikan dengan fakta sejarah di balik berkembangnya cerita itu membuat mudah dipahami dan menarik bagi anak-anak.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik

Selain memiliki nilai sejarah, cerita rakyat juga memiliki banyak pelajaran, hikmah Serta moral yang bisa diambil. Misalnya cerita Malin Kundang yang mengajarkan untuk berbuat baik kepada orang tua khususnya ibu.

Sarana mengenal daerah tertentu 

Setiap daerah memiliki cerita daerahnya sendiri, hal ini membuat keunikan dari daerah yang bisa bercermin dari cerita yang berkembang. Cerminan daerah itu akan selalu teringat dan menjadi pengenalan akan suatu daerah.

Dari mengenal akan membuat Anda tahu dan diharapkan bisa melestarikan dan ikut menjaga cerita yang sudah berkembang.

Gerbang untuk suka membaca

Ketertarikan mengetahui cerita di balik masing-masing penamaan daerah, fenomena alam tertentu, objek wisata, atau ada yang berkembang di masyarakat, membuat cerita rakyat sangat digemari anak-anak. Harapan besar dengan tertarik untuk mengetahui maka akan meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak. 

Kutipan dari Najwa Shihab tentang membaca, bahwa kita hanya perlu menemukan satu buku untuk cinta membaca. Semoga dengan membiasakan membaca cerita yang menarik bagi anak-anak akan semakin menaikkan level bacaan sehingga membaca sudah bukan lagi paksaan, tapi keinginan dan kebutuhan.

Menumbuhkan rasa cinta akan daerah 

Perbedaan cerita yang berkembang membuat setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan yang ada bisa menumbuhkan kecintaan terhadap daerah sendiri.

Selain itu, pengenalan terhadap daerah tertentu juga akan meningkatkan antusiasme yang mengarah pada kecintaan daerah tersebut.

Mengetahui cerita rakyat, akan membuat Anda semakin mengenal daerah di Indonesia. Masih ada banyak lagi Informasi mengenai cerita rakyat yang bisa Anda temukan di wisatawan.id

Partisipasi dan antusiasme Anda menggalakkan cerita daerah bisa berdampak baik untuk generasi selanjutnya dan menumbuhkan sikap nasionalis di kalangan muda mudi.

Selamat mendapat Informasi yang berkualitas dan menjadi bagian dari generasi peduli cerita daerah serta  menyelamatkan kelestariannya.