Bahan dan Cara Membuat Bolu Kemojo Yang Mudah

Bahan dan cara membuat bolu kemojo, siapa sih yang tidak mengenal bolu kemojo? Makanan khas Riau yang memiliki tekstur keras dan juga kering ini sangat banyak mempunyai penggemar. Rasanya yang dominan manis, membuat semua orang mudah menyukainya. Kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan resep dibawah ini.

Apa Itu Bolu Kemojo ?

Bolu kemojo adalah makanan khas dari daerah Riau yang sudah sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, rasanya yang manis membuat semua orang ketagihan untuk memakan bolu kemojo. Ditambah harumnya yang berbau pandan, membuat semua orang semakin candu.

Kamu akan menemukan bolu kemjo diacara – acara besar, seperti acara adat ataupun acara pernikahan. Biasanya mereka akan memasak bolu kemojo dengan jumlah besar, gunanya untuk dibagikan kepada orang yang berpartisipasi dalam acara adat dan untuk tamu – tamu dalam pernikahan.

Atau kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, bahan – bahan bolu kemojo sangat mudah untuk dicari dan aman tanpa bahan pengawet. Kamu bisa simak resep berikut.

Berbagai Varian Rasa Dari Bolu Kemojo

Seiring dengan perkembangan zaman dan keinginan untuk berkembang mengikuti selera pasar, kini bolu kemojo hadir dengan banyak varian rasa yang bisa dinikmati. Tidak perlu khawatir, rasanya akan tetap memanjakan lidah kalian dan memiliki ciri khas kue tradisional yang bebas bahan pengawet.

Anda bisa menemukan berbagai varian rasa dri bolu kemojo seperti coklat, durian, jagung, pisang, buah naga, dan masih banyak varian lainnya. Varian – varian tersebut menambahkan dimensi baru kelezatan bagi kuliner yang tak pernah ada pada Bolu Kemojo sebelumnya. Berkat kehadiran varian baru ini pula, bolu kemojo sebagai jajanan tradisional tak kalah saing dengan snack – snack modern yang kerap membanjiri generasi masa kini lewat iklan – iklan di televisi.

Sebagai oleh – oleh favorit, bolu kemojo dibanderol harga yang cukup murah, umumnya harga bolu kemojo hanya sekitar Rp 15.000 saja per buahnya. Harga yang murah dengan kelezatan optimal tanpa bahan pengawet dan membuat bolu kemojo mampu bersaing sebagai jajanan tradisional yang digemari masyarakat dari segala usia.

Baca juga :

Bahan Bahan Bolu Kemojo dan Resepnya Yang Mudah

Bahan dan Cara Membuat Bolu Kemojo

1. Bolu Kembojo Anti Gagal

bahan dan cara membuat bolu kemojo

Bahan – Bahan :

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 500 ml santan
  • 60 ml susu kental masih
  • 20 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bolu Kemojo Anti Gagal :

  1. Langkah pertama haluskan daun pandan dengan santan hingga tercampur rata
  2. Saring campuran santan dengan daun pandan. Setelah itu masak dengan mentega, tunggu sampai mendidih dan diamkan hingga uap panas hilang dan dingin.
  3. Di wadah terpisah, campurkan telur, gula, gara, dan tepung terigu kemudian aduk hingga semua tercampur secara rata.
  4. Tambahkan santan ke adonan tepung lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Lalu siapkan loyang berukuran 22 cm (pilih yang bentuknya menyerupai bunga kemojo), kemudian oleskan dengan mentega dan taburi tepung agar tidak lengket.
  6. Saring kembali adonan agar tidak ada yang menggumpal. Setelah itu tuang adonan yang sudah disaring ke dalam loyang dengan pelan – pelan.
  7. Panggang di dalam oven dengan panas 180 derajat dan api bawah selama 55 menit. Jika ingin permukaan atasnya kering, Anda dapat menambah waktu memanggang 10 menit dengana api kecil.
  8. Bolu kemojo anti gagal siap dihidangkan sebagai teman minum teh atau bersama keluarga.

Bagaimana? Bahan dan cara membuat bolu kemojo mudah bukan? Kamu bisa mencari bahan – bahan bolu kemojo di warung terdekat rumah Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.