Beberapa Roti Yang Disukai Masyarakat Indonesia

Roti merupakan makanan yang berbahan dasar campuran tepung dan air. Campuran atau adonan tersebut difermentasikan dengan ragi walaupun ada beberapa jenis roti yang tidak difermentasi. Dengan perkembangan zaman, roti pun juga dibuat dengan menambahkan berbagai bahan lain seperti minyak, mentega, garam, dan yang paling umum adalah telur.

Secara tradisional, mengolah roti biasanya menggunakan alat yang sederhana dan tangan. Hal tersebut tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan roti yang matang. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pengolahan roti sudah banyak yang menggunakan mesin, mulai dari mesin pengolahan adonan hingga mesin pemanggang roti. Mesin-mesin tersebut dapat dengan mudah dibeli di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Berdasarkan sejarah, banyak ahli sejarah mengatakan bahwa roti merupakan jenis makanan olahan tertua di dunia. Penemuan arkeologi menunjukkan bahwa roti telah ada di Eropa setidaknya sejak 30.000 tahun yang lalu dimana ketika itu bentuknya masih sangat sederhana. Roti yang kita kenal sekarang ini merupakan jenis roti yang disebut dalam budaya Mesopotamia kuno dan budaya Mesir kuno yang kemudian menyebar ke Eropa dan seluruh dunia.

Di dunia ini, ada banyak sekali jenis olahan tepung yang termasuk dalam kategori roti. Banyak diantaranya merupakan makanan nasional dari suatu negara. Selain itu, beberapa diantaranya juga cukup populer dan digemari masyarakat di Indonesia. Berikut adalah jenis roti yang cukup populer di Indonesia:

Roti Tawar

Salah satu roti yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah roti tawar. Bahan dasar roti tawar adalah tepung terigu dan air yang kemudian difermentasikan dengan ragi. Roti jenis ini biasanya hanya mampu bertahan di suhu ruangan paling lama 3 hari hingga 1 minggu. Umumnya, roti tawar dimakan bersama pelengkap lainnya seperti meses, telur, atau selai.

Roti Gandum

Roti gandum adalah roti yang memiliki kemiripan dengan roti tawar. Secara visual, roti gandum mempunyai warna dan tampilan yang lebih pucat serta memiliki tekstur yang lebih kasar. Bahan utama pembuatnya adalah tepung gandum yang masih mengandung kulit ari sehingga memiliki warna yang keruh. Biasanya roti gandum dimakan langsung atau disajikan dengan bahan tambahan yang sama dengan roti tawar.

Pita

Salah satu jenis roti yang juga cukup populer di Indonesia adalah roti pita. Roti ini merupakan jenis makanan yang berasal dari Arab dan Timur Tengah. Makanan ini memiliki bentuk yang tipis, bulat dan berkantong yang bisanya diberi berbagai isian seperti daging dan lainnya. Selain itu, roti pita juga digunakan sebagai bahan kebab dan makanan Timur Tengah lainnya.

Tortilla

Selain roti pita, tortilla juga umum digunakan sebagai salah satu bahan penyajian kebab. Tortilla merupakan roti tipis yang berbahan dasar tepung. Makanan ini merupakan makanan khas sekaligus salah satu makanan pokok dari wilayah Mexico. Di negara asalnya, bahan dasar Tortilla selain menggunakan tepung terigu juga menggunakan tepung jagung. Untuk penyajian, umumnya tortilla disajikan dengan menggunakan daging cincang dan berbagai jenis sayuran.

Croissant

Croissant merupakan salah satu jenis roti yang berasal dari Austria. Banyak yang mengira roti ini merupakan roti khas Prancis, namun roti ini pertama kali dibuat di Austria. Adonan nya terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, telur dan ragi. Dalam penyajiannya, biasanya Croissant langsung dimakan tanpa tambahan. Namun ada juga yang menambahkan selai coklat, keju, dan almond. Di beberapa tempat bahkan ada yang menyajikannya seperti sandwich.