Cara Bikin Putu Mayang Tanpa Cetakan Yang Mudah

cara bikin putu mayang tanpa cetakan

Cara Bikin Putu Mayang Tanpa Cetakan – Kue putu mayang merupakan kue tradisional khas dari Betawi. Kue satu ini terbuat dari tepung beras atau tepung kanji yang dibentuk seperti mie, lalu disajikan dengan gula jawa cair dan santan kelapa.

Camilan ini sangat unik karena bentuknya dan warnanya yang warna-warni, serta rasanya yang manis dan lezat. Asal mula kue ini sebenarnya terkait dengan kue putu mayam dari India Selatan, namun di Indonesia berasal dari Betawi.

Asal Usul Putu Mayang

Sebenarnya resep putu mayang Indonesia berbeda dengan putu mayam dari India, bentuk gumpalan putu mayang Indonesia lebih tebal dan menyatu serta ukurannya lebih kecil. Sementara dari India bentuknya miliki helai seperti mie halus dan ukurannya lebih lebar.

Masyarakat Betawi, membuat putu mayang dibentuk seperti gulungan mie atau seperti kembang lalu adonan dikasih pewarna supaya warna-warni. Kini, putu mayang bisa dibilang sudah jarang dipasaran. Kue satu ini biasanya ada di festival seperti kuliner betawi, kebudayaan kuliner nasisonal dan lainya.

Buat kamu yang kangen kue putu mayang, bisa banget mencoba sendiri membuat dirumah. Simak yuk resep putu mayang khas Betawi tanpa cetakan, dibawah ini!

Baca Juga : Resep Lain Dengan Cara Membuat Putu Mayang Lembut Menggunakan Beragam Warna

Resep Putu Mayang Tanpa Cetakan

cara bikin putu mayang tanpa cetakan

Resep putu mayang si cemilan khas Betawi ini tidaklah sulit untuk dibuat. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan dan satu lagi, kamu bisa membuatnya tanpa cetakan. Penasaran? Yuk, intip resepnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 200 Gr Tepung Beras
  • 75 Gr Tepung Tapioka
  • 50 Gr Gula Pasir
  • 1 Sdt Garam
  • 600 mL Santan

Bahan Pelengkap:

  • Secukupnya pewarna makanan hijau dan merah muda
  • 1 Daun pisang
  • Secukupnya minyak untuk olesan

Bahan Untuk Kinca:

  • 200 Gr Gula jawa
  • 50 Gr Gula Pasir
  • 1 Sdt Garam
  • 300 mL Air
  • 200 Gr Santan kental yang instan
  • 1 Lmbr Daun Pandan

Cara Bikin Putu Mayang Tanpa Cetakan:

  1. Siapkan panci masukan semua bahan-bahan untuk putu mayang. Masak hingga semua bahan tercampur rata dan mengental atau menggumpal.
  2. Setelah adonan menggumpal, bagi adonan menjadi 3 bagaian. Lalu tiap bagian kasih pewarna makanan sesuai selera. Aduk hingga warna tercampur rata dan biarkan hingga dingin.
  3. Selanjutnya cetak adonan. Nah, buat kamu yang sudah memiliki cetakan boleh dipakai cetakan putu mayang.
  4. Namun, kalau kamu belum punya cetakan bisa dengan cara: masukan masing-masing adoanan dalam piping bag lalu gunting kecil pada bagian ujung plastik. Siapkan kertas baking atau bisa daun pisang, dan semprotkan bentuk melingkat dan putuskan jika sudah berbentuk bulat. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Kukus adonan yang sudah dibentuk. Kukus selama kurang lebih 10 menit dan buka tutup kukusan sebentar supaya adonan tidak meleber.

Cara Membuat Saus Kinca:

  1. Siapkan panci, masak semua bahan untuk saus kinca kecuali santan kental. Masak hingga semua bahan larut dan baru tambahkan santan kental dan masak kembali hingga mendidih.
  2. Sajikan saus kinca dengan putu mayang, untuk saus lebih nikmat jika didinginkan. Tapi tergantung selera kalian masing-masing.

Nikmati putu mayang dan kuah santan selagi hangat. Maka rasa manis, gurih, wangi dari santan serta pandan dan tekstur yang kenyal akan menggugah selera Anda.

Dengan mengikuti cara bikin putu mayang tanpa cetakan di atas, maka putu mayang dijamin akan sukses dan lezat. Kamu bisa sajikan putu mayang sebagai cemilan di pagi atau sore hari, ditemani dengan secangkir teh hangat. Kamu juga bisa menikmati kudapan ini dalam kondisi dingin dengan campuran es batu. Selamat mencoba!