Cara Buat Artikel Yang baik dan Menarik

cara buat artikel

Media sosial saat ini sudah hampir dimiliki banyak orang, dari orang tua, remaja hingga anak-anak. Terkadang mereka menulis beberapa kata maupun kalimat di laman profilnya, mulai dari ungkapan hati hingga kejadian di sekitar mereka.  Hal itu menunjukan bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk menulis, tapi hanya sebagian kecil saja yang bisa menghasilkan karya yang baik. Sebetulnya cara buat artikel tulisan yang baik dapat dipelajari untuk menghasilkan karya yang menarik.

Cara buat artikel itu seperti bercerita sesuatu secara lisan kepada orang lain. Dengan penyampaian artikel yang jelas dan baik, maka pembaca menjadi paham serta tertarik dengan pemaparannya. Beberapa langkah yang perlu dipersiapkan untuk membuat artikel antara lain:

1. Pemilihan Topik Dan Judul Yang Tepat

Cara buat artikel yang menarik adalah dengan memilih dan menentukan topik dan judul yang tepat. Dari topik yang dipilih, penulis data menyiapkan kata kunci dan judul yang unik dan menarik. Judul merupakan gambaran inti dari isi artikel, untuk itu gunakan tata bahasa yang benar dan menarik. Hindari penggunaan kalimat yang panjang dan rumit.

2. Gunakan Fakta Pendukung

Dalam menulis artikel seyogyanya menggunakan fakta  yang akan menjadi sumber datanya. Dengan demikian artikel tersebut dapat meyakinkan pembacanya.  Dan jangan lupa untuk menuliskan link sumber data referensi maupun kutipan yang digunakan di bagian rujukan artikelnya.

3. Siapkan Draf Artikel

Untuk memudahkan membuat artikel siapkanlah drafnya terlebih dahulu. Susun dan padukan data-data tersebut kedalam kalimat yang baik. Hindari kalimat pengantar yang panjang dan rumit yang dapat membuat pembacanya tidak nyaman atau bosan. Kemudian rampingkan dari draf tersebut, agar pemaparan artikelnya tidak melebar atau keluar dari topik utamanya..

4. Kembangkan Dan Beri Improvisasi

Terkadang paparan yang disampaikan dalam artikel tidak cukup menjelaskan topik atau pembahasannya. Jika dirasa perlu, artikel tersebut dapat dilengkapi dengan foto atau gambar yang dapat mendukung topik yang dibahas. Tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumber foto dan gambar yang digunakan.

5. Periksa Dan Revisi

Sebelum artikel tersebut dipublish sebaiknya periksa terlebih dahulu ejaan dan tata kalimatnya. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam pengejaan nama, tulisan dan tanda bacanya. Lakukan revisi atau perbaikan, sehingga menjadi artikel yang baik dan sesuai dengan yang diinginkan.   

Demikian beberapa tips atau langkah untuk membuat artikel yang baik dan menarik. Improvisasi dalam pemaparan tulisan seperti yang sering dilakukan jasa penulis artikel sangat diperlukan untuk menarik perhatian pembacanya. Tetapi tetap fokus pada kata dan kalimat kuncinya.