Cara Budidaya Ikan Tombro agar Cepat Besar dan Sehat

Cara budidaya ikan tombro mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu usaha karena memiliki peluang bisnis ikan yang cukup menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya minat masyarakat terhadap ikan air tawar satu dengan alasan rasanya yang gurih serta mengandung protein tinggi.

Cara Budidaya Ikan Tombro, Peluang Usaha yang Menjanjikan

Pada beberapa daerah, orang-orang menjulukinya dengan sebutan ikan mas dan berasal dari Tiongkok dan Eropa. Walaupun begitu, keberadaannya di Indonesia kini sudah sangat menjamur, terlebih banyak peternak memilih ikan tombro untuk dibudidayakan. Berikut beberapa cara pembudidayaannya.

Ikan Tombro


1.  Menyiapkan Kolam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai pembudidayaan ikan tombro adalah menyiapkan kolam budidayanya. Habitat aslinya, ikan ini hidup di perairan seperti danau, waduk, serta sungai yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 150-600 mdpl dan suhu 20-25 derajat Celcius.

Siapkanlah kolam untuk pembudidayaannya, Anda bisa menggunakan media beton, air deras ataupun kolam kantong. Namun, apapun jenisnya pastikan memiliki kedalaman sekitar 0,75 cm. Jangan sampai kolam terkontaminasi oleh zat kimia berbahaya dan unsur pHnya berkisar 6 hingga 8.

2.  Proses Pemijahan Ikan Tombro

Langkah berikutnya yang tak kalah penting dalam pembudidayaan adalah proses pemijahan. Tahap ini biasanya dilakukan dengan cara merangsang ikan tombro secara alami, kemudian membentuk habitat sesuai lingkungan. Anda bisa melakukannya di sebuah bak dan volume air sekitar 75-100 cm.

Lalu, pasang hapa yang sudah Anda berikan beban agar bisa tenggelam di kolam dengan dimensi berkisar 4x3x1 meter. Kemudian, letakan kakaban berukuran 1,5 x 0,4 meter. Masukan induk ikan tombro jantan dan betina dengan jumlah 3:1. Jika proses sudah selesai, pisahkan induk ke kolam lain.

3.  Proses Pemeliharaan Ikan Tombro

Cara budidaya ikan tombro berikutnya adalah proses pemeliharaan. Pada tahap ini ada banyak hal yang harus Anda perhatikan karena akan sangat mempengaruhi hasil nantinya. Telur yang berumur 4 hari dan menetas menjadi larva diberikan pakan berupa kutu air, kuning telur rebus ataupun mikro pelet.

Proses pemeliharaan ikan tombro akan berlangsung kurang lebih 3 sampai 4 bulan lamanya. Pastikan bahwa air pada kolam tetap berada di kondisi steril, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan ikan. Lakukan pengurasan kolam secara rutin apabila sudah terlihat keruh dan kotor.

4.  Pemberian Pakan Ikan Tombro

Ikan tombro pada dasarnya merupakan hewan pemakan segala atau sebutan lainnya omnivora. Oleh sebab itu, Anda bisa memberikan pakan berupa nabati maupun hewani seperti cacing, sayur mayur, serangga, lumut hingga ganggang. Selain itu, bisa juga menggunakan pakan buatan berupa pelet.

Lakukan pemberian pakan secara rutin dan teratur atau 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan malam. Namun, waktu terbaik dalam memberikan makan ikan tombro ialah pagi hari. Hal tersebut dikarenakan, kolam mendapatkan sinar matahari langsung sehingga mampu meningkatkan kadar oksigen.

5.  Masa Panen

Setelah semua proses dilakukan dengan baik dan benar, maka sampailah Anda pada masa panen yang ditunggu-tunggu. Pada dasarnya, pemanenan dapat dilakukan apabila ikan tombro sudah berusia sekitar 3 hingga 4 bulan, terhitung sejak penebaran bibit.

Untuk tahap pemanenan, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama mengikuti perkembangan usia dari ikan tombro dan metode kedua yaitu menyesuaikan kebutuhan pasar. Jika berbicara mengenai kualitas, semuanya bergantung pada proses awal hingga masa panen.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara budidaya ikan tombro. Pada dasarnya, pembudidayaan jenis ikan ini tidak berbeda seperti lainnya, sehingga bisa dilakukan oleh siapapun untuk para pemula.