Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku

cara memasarkan barang di tokopedia

Memulai bisnis atau berjualan di Tokopedia adalah langkah yang tepat. Pasalnya, sudah banyak yang menggunakan aplikasi Tokopedia untuk melakukan jual beli. Untuk memaksimalkan bisnis, kali ini saya akan membagikan Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku. Simak sampai selesai, yaaa

Apa sih Tokopedia Itu?

cara memasarkan barang di tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu marketplace online besar di Indonesia yang populer digunakan masyarakat Indonesia Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia tak jauh berbeda untungnya. Teruntuk para pembeli, berbelanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama. Dan sebaliknya, bagi para penjual akan sangat terbantu karena fitur di Tokopedia yang sangat lengkap mulai dari inventori sampai ke promosi.

Fitur dasar yang ditsediakan di aplikasi ini juga sangat mempermudah kita untuk mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, dan hingga mempromosikan produk. Nah, buat kamu yang belum pernah berjualan di tokopedia, kenapa nggak segera mencoba membuka toko di Tokopedia

Untuk berjualan di tokopedia ini pun nggak begitu sulit kok, kamu hanya perlu mendaftar akun tokopedia kemudian membuka toko. Kalau kamu ingin lebih jelas, berikut ini Cara Buka Toko di Tokopedia dan Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku.

Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku

cara memasarkan barang di tokopedia

1. Berikan Identitas Penjual Tokopedia yang Jelas

Cara memasarkan barang di Tokopedia agar cepat laku yang pertama yaitu Identitas Penjual yang Jelas. Membuat nama toko dan foto profil toko yang anonim atau tidak jelas ketika kamu menjual barang di tokopedia jangan pernah kamu lakukan. Apalagi jika toko milik kamu masih baru, kebanyakan calon pembeli pasti akan merasa ragu untuk membeli produk dari toko milikmu.

Tidak begitu penting dalam menjual kepercayaan, apabila kamu gagal memberi kepercayaan kepada konsumen, besar kemungkinan untuk produk jualan di toko kamu tidak akan dilirik pembeli dan tidak laris. Gunakan nama kamu sendiri atau nama apa saja yang sekiranya tidak aneh, jelas, dan tentunya terlihat profesional.

2. Membuat Catatan Toko Juga Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku

cara memasarkan barang di tokopedia

Cara memasarkan barang di Tokopedia agar cepat laku  yang berikutnya adalah Membuat Catatan Toko. Perlu kamu ketahui bahwa catatan toko ini sangat berbeda dengan deskripsi toko yang biasanya lebih jelas.

Catatan toko merupakan informasi yang lebih jelas dan spesifik mengenai syarat dan ketentuan atau informasi penting didalam web atau situs jualan yang kamu pakai. Penggunaan catatan toko ini menunjukkan bahwa toko yang kamu kelola menyajikan informasi yang jelas, detail, dan juga sangat terpercaya.

Artinya, toko yang kamu kelola pasti bukan toko abal-abal yang kebetulan dalam menjual dan atau mengirimkan produk. Dengan membuat catatan toko, itu artinya toko kamu lebih kredibel dan lebih bisa dipercayai.

Beberapa catatan yang kerap dicantumkan oleh para penjual di Tokopedia antara lain yaitu kebijakan pengembalian produk, same day delivery, dan juga cara agar bisa mendapatkan free bubble wrap atau box.

Apapun itu, tentu saja perlu disesuaikan dengan toko yang kamu gunakan.

3. Tata Etalase Dengan Rapi Juga Merupakan Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku

Dengan memanfaatkan fitur etalase di Tokopedia, kamu bisa menyusun produk yang akan kamu jual sesuai dengan kategori produknya. Etalase yang sudah tersusun rapi bisa membuat calon pembeli akan memilih beragam produk yang diinginkannya dengan lebih mudah dan juga tidak lama.

Selain itu, etalase juga bisa memudahkan calon pembeli kamu untuk memiliki produk serupa dengan yang ia beli. Mereka yang awalnya hanya ingin membeli satu produk saja, malah bisa tertarik untuk membeli dua atau tiga produk karena tertarik dengan produk yang terpajang di etalase.

4. Deskripsi Toko yang Jelas, Singkat, dan Padat

Cara memasarkan barang di Tokopedia agar cepat laku yang terakhir yaitu deskripsi toko yang jelas, singkat, dan padat. Membuat deskripsi toko tidak dianjurkan untuk menggunakan copywriting yang panjang atau basa-basi. Kamu harus bisa membuat deskripsi toko kamu dengan kalimat yang hemat, singkat, dan bisa mengandung informasi yang padat. Dalam memberikan informasi deskripsi toko, ada beberapa hal yang perlu kamu cantumkan disana, antara lain yaitu :

  • Produk yang di jual.
  • Jika ada tingkat atau ketentuan tertentu (Contohnya untuk produk grosiran, apabila ada minimal pembelian, silahkan di cantumkan di deskripsi toko).
  • Apabila ada informasi tambahan yang perlu disampaikan, cantumkan di informasi produk yang ada di toko kamu.
  • Jika kamu ingin memberi informasi yang berkaitan dengan pengemasan dan pengiriman, bisa di cantumkan juga di deskripsi toko kamu.

Wah, cukup panjang ya pembahasan kali ini tentang Cara Memasarkan Barang di Tokopedia Agar Cepat Laku. Tunggu apa lagi? Ayo segera praktikkan di toko kamu juga!