Cara Membuat Maket Rumah Sederhana untuk Pemula


Saat datang ke mall, ada seorang salesman yang membagikan brosur cicilan rumah. Kalau kamu menengok ke dalam stand-nya, kamu bisa melihat miniatur rumah dalam bentuk tiga dimensi.

Rancangan rumah tersebut dikenal dengan istilah maket. Menurut Wikipedia sendiri maket adalah tiruan dari berbagai macam hal, seperti gedung, kapal, pesawat terbang, dan lain sebagainya dalam bentuk tiga dimensi dan memiliki skala kecil.

Maket berfungsi supaya orang yang melihat jadi mendapat bayangan bagaimana hasil akhir desain nantinya.
Umumnya maket terbuat dari bahan kertas, kayu, busa, atau tanah liat.

Setiap bahan yang digunakan punya cara eksekusi yang berbeda-beda. Khusus di artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat maket rumah dari bahan kertas board.

Selain murah dan mudah ditemukan, kertas board mudah dibentuk dan kokoh untuk dijadikan sebagai fondasi maket. Yuk lihat Jasa Pembuatan Maket


Cara Membuat Maket Rumah Sederhana


Ini dia yang ditunggu-tunggu, yaitu cara membuat maket rumah yang super simpel. Cocok buat kamu yang baru mulai belajar bikin miniatur rumah. Yuk lihat Jasa Pembuatan Maket https://jasapembuatanmaket.topseo.co.id

Jangan ragu mencoba, GenK. Alat dan bahannya pun dapat dengan mudah kamu temukan di pertokoan. Yuk simak cara membuat miniatur rumah!


Step 1 – Cetak foto referensi rumah


Cara membuat maket yang pertama adalah dengan mencetak foto rumah yang akan dijadikan sebagai referensi. Foto ini bisa kamu ambil dari internet atau memotret sendiri. Sebagai pemula, kami menyarankan untuk mencari referensi rumah yang bentuk dan ornamen arsitekturnya sederhana supaya desain maket tidak terlalu rumit.


Step 2 – Siapkan alat dan bahan


Step berikutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat maket rumah. Tenang saja, harganya sangat terjangkau dan bisa dengan mudah kamu temukan di pertokoan. Berikut adalah daftar alat dan bahan utamanya, GenK:
• Karton board
• Kertas HVS berwarna
• Alat tulis
• Cutter
• Isolasi kertas
• Double tape


Step 3 – Gambar denah rumah


Cara membuat maket yang berikutnya yaitu dengan menggambar denah rumah di karton board. Gunakan penggaris untuk membuat ukuran yang akurat. Sekaligus agar kamu lebih mudah saat menyamakan denah dengan elemen tiga dimensi pembuat bangunan.


Untuk bentuk denah bisa kamu kreasikan sendiri atau bisa juga benar-benar disamakan dengan referensi foto rumah yang sudah kamu cari di step pertama. Usahakan denah rumah tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk mempermudah proses perancangan maket.


Step 4 – Buat elemen tiga dimensi


Elemen tiga dimensi yang kami maksud di sini adalah dinding, jendela, atau, dan elemen pembangun rumah lainnya. Masih dengan bahan yang sama, gunakan karton board untuk membuat elemen tiga dimensi tersebut. Tak lupa ukur juga menggunakan penggaris dan samakan ukurannya sesuai denah yang kamu buat di step sebelumnya.


Jika ada bagian yang perlu dilubangi, tandai terlebih dahulu area mana saja yang ingin dihilangkan. Kemudian gunakan cutter untuk memotong sesuai garis tersebut. Pelan-pelan saja, GenK, supaya tidak ada bagian karton board yang rusak karena salah potong.


Step 5 – Lapis potongan elemen tiga dimensi dengan HVS


Potongan elemen yang sudah kamu buat, kemudian setiap potongan tersebut dilapisi dengan kertas HVS berwarna. Tujuannya buat apa sih? Jadi, kertas HVS ini berfungsi sebagai cat tembok maket rumah

.
Misalnya kamu ingin membuat tembok depan warna kuning, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna kuning. Atau misalnya kamu ingin membuat pintu berwarna coklat, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna coklat. Tempel HVS di karton board menggunakan double tape atau isolasi kertas.


Namun tidak melulu harus pakai HVS kok, GenK. Kamu dapat menggunakan jenis kertas lainnya sebagai cat tembok maket rumah. Supaya referensi kertasmu makin luas, yuk baca jenis-jenis kertas yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya.


Step 6 – Mulai menempel maket


Cara membuat maket rumah yang berikutnya adalah dengan mulai menempel elemen tiga dimensi sesuai denah yang sudah dibuat pada step ketiga. Gunakan double tape atau lem cair supaya elemen tiga dimensi menempel di karton board denah dan dapat berdiri tegak. Lakukan tahapan ini sampai semua elemen arsitektur rumah sudah tersusun menjadi rancangan rumah.


Tips: Atap merupakan bagian tersulit dari semua cara membuat miniatur rumah, karena kemiringan atap harus sesuai antara kanan dan kiri. Kalau kemiringannya tidak seimbang, berarti ada bagian dinding yang salah. Maka dari itu menggunakan penggaris adalah hal yang wajib.


Step 7 – Tambah dekorasi rumah


Supaya tampilan rumah makin indah dipandang mata, tambahkan bebeCara Membikin Maket Rumah Simpel untuk Pemula
Ketika datang ke mall, ada seorang salesman yang membagikan brosur angsuran rumah.

Seandainya kau menengok ke dalam stand-nya, kau bisa melihat miniatur rumah dalam format tiga dimensi. Rancangan rumah hal yang demikian diketahui dengan istilah maket.

Berdasarkan Wikipedia sendiri maket ialah tiruan dari beraneka variasi hal, seperti gedung, kapal, pesawat terbang, dan lain sebagainya dalam format tiga dimensi dan mempunyai skala kecil. Maket berfungsi agar orang yang melihat jadi memperoleh bayang-bayang bagaimana hasil akhir desain nantinya.


Umumnya maket terbuat dari bahan kertas, kayu, busa, atau tanah liat. Setiap bahan yang diterapkan punya metode eksekusi yang berbeda-beda. Khusus di artikel ini, kami akan membahas tentang metode membikin maket rumah dari bahan kertas board.

Kecuali murah dan mudah ditemukan, kertas board mudah disusun dan kokoh untuk dihasilkan sebagai fondasi maket.


Cara Membikin Maket Rumah Simpel


Ini ia yang ditunggu-tunggu, ialah metode membikin maket rumah yang super sederhana. Sesuai buat kau yang baru mulai belajar bikin miniatur rumah. Jangan ragu mencoba, GenK. Alat dan bahannya malahan bisa dengan mudah kau peroleh di pertokoan. Yuk simak metode membikin miniatur rumah!


Step 1 – Cetak foto acuan rumah


Cara membikin maket yang pertama ialah dengan mencetak foto rumah yang akan dihasilkan sebagai acuan. Foto ini bisa kau ambil dari dunia maya atau memfoto sendiri. Sebagai pemula, kami memberi rekomendasi untuk mencari acuan rumah yang format dan ornamen arsitekturnya sederhana agar desain maket tidak terlalu kompleks.


Step 2 – Siapkan alat dan bahan


Step berikutnya ialah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membikin maket rumah. Tenang saja, harganya sangat terjangkau dan bisa dengan mudah kau peroleh di pertokoan. Berikut ialah daftar alat dan bahan utamanya, GenK:
• Karton board
• Kertas HVS berwarna
• Alat tulis
• Cutter
• Isolasi kertas
• Double tape


Step 3 – Gambar denah rumah


Cara membikin maket yang berikutnya ialah dengan menggambar denah rumah di karton board. Gunakan penggaris untuk membikin ukuran yang jitu. Sekaligus agar kau lebih mudah saat menyamakan denah dengan faktor tiga dimensi pembuat bangunan.


Untuk format denah bisa kau kreasikan sendiri atau bisa juga benar-benar disamakan dengan acuan foto rumah yang telah kau cari di step pertama. Usahakan denah rumah tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk memudahkan pengerjaan perancangan maket.


Step 4 – Buat faktor tiga dimensi


Unsur tiga dimensi yang kami maksud di sini ialah dinding, jendela, atau, dan faktor pembangun rumah lainnya. Masih dengan bahan yang sama, pakai karton board untuk membikin faktor tiga dimensi hal yang demikian. Tidak lupa ukur juga memakai penggaris dan samakan ukurannya sesuai denah yang kau buat di step sebelumnya.


Seandainya ada bagian yang perlu dilubangi, tandai terutamanya dulu zona mana saja yang berkeinginan dihilangkan. Kemudian pakai cutter untuk memotong sesuai garis hal yang demikian. Pelan-pelan saja, GenK, agar tidak ada bagian karton board yang rusak karena salah potong.


Step 5 – Lapis potongan faktor tiga dimensi dengan HVS


Potongan faktor yang telah kau buat, kemudian tiap-tiap potongan hal yang demikian dilapisi dengan kertas HVS berwarna. Tujuannya buat apa sih? Jadi, kertas HVS ini berfungsi sebagai cat tembok maket rumah.


Contohnya kau berkeinginan membikin tembok depan warna kuning, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna kuning. Atau semisal kau berkeinginan membikin pintu berwarna cokelat, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna cokelat. Tempel HVS di karton board memakai double tape atau isolasi kertas.


Namun tidak melulu semestinya pakai HVS kok, GenK. Kau bisa memakai variasi kertas lainnya sebagai cat tembok maket rumah. Supaya acuan kertasmu makin luas, yuk baca variasi-variasi kertas yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya.


Step 6 – Mulai merekat maket


Cara membikin maket rumah yang berikutnya ialah dengan mulai merekat faktor tiga dimensi sesuai denah yang telah dihasilkan pada step ketiga. Gunakan double tape atau perekat cair agar faktor tiga dimensi merekat di karton board denah dan bisa berdiri tegak.

Lakukan level ini sampai segala faktor arsitektur rumah telah tersusun menjadi rancangan rumah.
Kiat: Atap ialah bagian tersulit dari segala metode membikin miniatur rumah, karena kemiringan atap semestinya sesuai antara kanan dan kiri.

Seandainya kemiringannya tidak setara, berarti ada bagian dinding yang salah. Karenanya dari itu memakai penggaris ialah hal yang semestinya.


Step 7 – Tambah dekorasi rumah


Supaya tampilan rumah makin menawan diamati mata, tambahkan beberapa dekorasi di zona tertentu. Berikut ialah beberapa alat dan bahan yang bisa kau pakai untuk mendekorasi maket:
• Sabut cuci piring, diterapkan sebagai rumput taman.
• Busa dan kawat, untuk membikin daun-daun pohon-pohon.
• Mini glow stick dan micro LED, berfungsi untuk memberikan efek cahaya bangunan dan sekitarnya.


Gimana, GenK? Gampang kan metode membikin maket rumah yang kami jelaskan? Kau sebagai pemula tidak perlu merasa kuatir gagal.

rapa dekorasi di area tertentu. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk mendekorasi maket:
• Sabut cuci piring, digunakan sebagai rumput taman.
• Busa dan kawat, untuk membuat daun-daun pepohonan.
• Mini glow stick dan micro LED, berfungsi untuk memberikan efek cahaya bangunan dan sekitarnya.


Gimana, GenK? Mudah kan cara membuat maket rumah yang kami jelaskan? Kamu sebagai pemula tidak perlu merasa khawatir gagal.

Cara membuat maket yang pertama adalah dengan mencetak foto rumah yang akan dijadikan sebagai referensi. Foto ini bisa kamu ambil dari internet atau memotret sendiri. Sebagai pemula, kami menyarankan untuk mencari referensi rumah yang bentuk dan ornamen arsitekturnya sederhana supaya desain maket tidak terlalu rumit.

Step 2 – Siapkan alat dan bahan

Step berikutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat maket rumah. Tenang saja, harganya sangat terjangkau dan bisa dengan mudah kamu temukan di pertokoan. Berikut adalah daftar alat dan bahan utamanya, GenK:

  • Karton board
  • Kertas HVS berwarna
  • Alat tulis
  • Cutter
  • Isolasi kertas
  • Double tape

Step 3 – Gambar denah rumah

Cara membuat maket yang berikutnya yaitu dengan menggambar denah rumah di karton board. Gunakan penggaris untuk membuat ukuran yang akurat. Sekaligus agar kamu lebih mudah saat menyamakan denah dengan elemen tiga dimensi pembuat bangunan.

Untuk bentuk denah bisa kamu kreasikan sendiri atau bisa juga benar-benar disamakan dengan referensi foto rumah yang sudah kamu cari di step pertama. Usahakan denah rumah tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk mempermudah proses perancangan maket. 

Step 4 – Buat elemen tiga dimensi

Elemen tiga dimensi yang kami maksud di sini adalah dinding, jendela, atau, dan elemen pembangun rumah lainnya. Masih dengan bahan yang sama, gunakan karton board untuk membuat elemen tiga dimensi tersebut. Tak lupa ukur juga menggunakan penggaris dan samakan ukurannya sesuai denah yang kamu buat di step sebelumnya. 

Jika ada bagian yang perlu dilubangi, tandai terlebih dahulu area mana saja yang ingin dihilangkan. Kemudian gunakan cutter untuk memotong sesuai garis tersebut. Pelan-pelan saja, GenK, supaya tidak ada bagian karton board yang rusak karena salah potong.

Step 5 – Lapis potongan elemen tiga dimensi dengan HVS

Potongan elemen yang sudah kamu buat, kemudian setiap potongan tersebut dilapisi dengan kertas HVS berwarna. Tujuannya buat apa sih? Jadi, kertas HVS ini berfungsi sebagai cat tembok maket rumah. 

Misalnya kamu ingin membuat tembok depan warna kuning, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna kuning. Atau misalnya kamu ingin membuat pintu berwarna coklat, berarti lapisi potongan karton board dengan HVS warna coklat. Tempel HVS di karton board menggunakan double tape atau isolasi kertas.

Namun tidak melulu harus pakai HVS kok, GenK. Kamu dapat menggunakan jenis kertas lainnya sebagai cat tembok maket rumah. Supaya referensi kertasmu makin luas, yuk baca jenis-jenis kertas yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya. 

Step 6 – Mulai menempel maket

Cara membuat maket rumah yang berikutnya adalah dengan mulai menempel elemen tiga dimensi sesuai denah yang sudah dibuat pada step ketiga. Gunakan double tape atau lem cair supaya elemen tiga dimensi menempel di karton board denah dan dapat berdiri tegak. Lakukan tahapan ini sampai semua elemen arsitektur rumah sudah tersusun menjadi rancangan rumah.

Tips: Atap merupakan bagian tersulit dari semua cara membuat miniatur rumah, karena kemiringan atap harus sesuai antara kanan dan kiri. Kalau kemiringannya tidak seimbang, berarti ada bagian dinding yang salah. Maka dari itu menggunakan penggaris adalah hal yang wajib.

Step 7 – Tambah dekorasi rumah

Supaya tampilan rumah makin indah dipandang mata, tambahkan beberapa dekorasi di area tertentu. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang bisa kamu gunakan untuk mendekorasi maket:

  • Sabut cuci piring, digunakan sebagai rumput taman.
  • Busa dan kawat, untuk membuat daun-daun pepohonan.
  • Mini glow stick dan micro LED, berfungsi untuk memberikan efek cahaya bangunan dan sekitarnya.

Gimana, GenK? Mudah kan cara membuat maket rumah yang kami jelaskan? Kamu sebagai pemula tidak perlu merasa khawatir gagal.