Cara Membuat Saus Tomat Ala Rumahan

cara membuat saus tomat

cara membuat saus tomat – Tomat, adalah salah satu buah yang sudah sejak lama digunakan oleh banyak orang untuk mendukung kelezatan makanan yang dibuat. Mungkin beberapa dari kalian mengetahui bahwa tomat bisa dimanfaatkan dengan banyak hal, seperti contohnya dibuat menjadi saus.

Tomat sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh, karena mengandung banyak sekali senyawa baik dan juga vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh disaat kondisi sedang melemah.

Yaps, saus tomat yang sering kalian temukan dan gunakan sebagai tambahan untuk menambah kelezatan makanan kalian, seperti bakso, mie ayam, gorengan, nasi goring dan masih banyak lagi makanan yang dapat kalian padukan dengan saus tomat ini.

Nah, apakah kalian pernah bertanya-tanya bagaimana cara membuat saus tomat yang lezat dan gampang untuk dibuat dengan alat dan bahan yang cukup mudah ditemui didapur kalian semua.

Jadi jika kalian ingin mengetahui cara membuat saus tomat yang mudah dan tentunya lezat, yuk kita bisa sama-sama simak ulasan dan penjelasannya.

Cara Membuat Saus Tomat

Bahan-bahan untuk membuat saus tomat

·         Tomat segar

·         50 gram gula pasir

·         1 sendok teh garam

Cara membuat saus tomat :

1.       Pertama tama kalian harus mencuci tomat yang sudah disiapkan dengan air mengalir sampai bersih. Lalu setelah itu rebus di air mendidih sampai teksturnya menjadi lembut dan kulitnya mulai terkelupas

2.       Setelah itu angkat dan tiriskan, lalu kemudian buang kulit tomat dan blender daging tomat sampai halus

3.       Setelah itu tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum. bawangnya harus sudah dikupas ya, baiknya dikupas menggunakan mesin pengupas bawang.

4.       Kemudian masukan tomat yang sudah dibender, lalu tambahkan garam, gula, lada serta kaldu.

5.       Kemudian aduk dengan alat pengaduk, dan rebus sampai mendidih.

6.       Setelah itu, masukan ke dalam wadah kedap udara seperti botol atau ditutup dengn cup sealer, lalu masukan kedalam lemari es untuk didinginkan.

7.       Saus tomat siap digunakan

Kandungan Gizi Didalam Tomat

Buah tomat mengandung sejenis antioksidan kuat bernama lycopene yang mana sangat berlimpah didalam tomat. Apa itu lycopene?, lycopene ini sendiri merupakan zat yang menjadi alasan mengapa buah tomat berwarna merah.

Tidak hanya itu saja, buah tomat juga mengandung suatu zat yang bernama asam alfa liponic, yang mana zat ini sangat bermanfaat sekali untuk mengontrol kandungan glukosa dalam darah, kemudian juga dapat meningkatkan vasodilitasi dan melindungi retinopati pada pasien pengidap diabetes, yang mana juga bisa untuk membantu otak dan juga jaringan syaraf.

Terdapat juga senyawa khusus dalam buah tomat yang bernama kolin, kandungan senyawa ini merupakan nutrisi yang penting untuk membantu tidur, kemudian fungsi gerak otot, pembelajaran dan juga fungsi memori otak.

Kolin ini juga berfungsi untuk membatu mempertahankan struktur membran sel, kolin ini juga membantu transmisi impul syaraf. Kemudian dapat membantu penyerapan lemak dalam tubuh dan mengurangi peradangan kronis.

Dan juga, karena tomat ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi, menjadikan jika kita sering mengkonsumsi buah yang satu ini, akan sangat membantu tubuh untuk mengurangi paparan radikal bebas dalam tubuh dan tentunya mengurangi resiko terkena kanker.

Juga, kandungan serat, kolin, vitamin c, dan juga kalium yang terdapat didalam tomat ini sangat berfungi untuk mendukung kesehatan dari jantung. Peningkatan dari kandungan kalium dalam darah, dan diiringi dengan berkurangnya asupan natrium adalah perubahan pola makan yang penting untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.