Cara Menyeduh kopi Arabika Yang Nikmat Dan Mantap

cara menyeduh kopi arabika

Cara Menyeduh kopi Arabika Yang Nikmat Dan Mantap rata-rata memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi. Walaupun begitu, karakter dan profil kopi Arabika cenderung digemari banyak orang. Sayangnya, banyak juga yang mengeluhkan rasa asam yang dimiliki kopi Arabika.

Cara Menyeduh kopi Arabika Yang Nikmat Dan Mantap

Terlebih jika kamu menyeduhnya menjadi kopi hitam tanpa campuran susu. Rasa asam di kopi Arabika akan terasa sangat kuat. Nah, jika kamu ingin mencicipi kopi hitam Arabika dengan tingkat keasaman yang lebih rendah kamu bisa mencoba cara yang satu ini.

Pilih Biji Kopi Dark Roast

Seperti yang sudah diketahui, proses roasting sangat berpengaruh pada rasa dan aroma dari kopi. Jika kamu menginginkan kopi hitam Arabika dengan rasa keasaman yang lebih rendah pilihlah biji kopi dengan tingkat roasting yang pekat atau dark.

Memilih biji kopi dark roast memang menjadi salah satu cara mengurangi tingkat acidity atau keasaman pada kopi termasuk biji dari jenis Arabika. Namun, sebagai gantinya kamu akan merasakan rasa kopi yang cenderung lebih pahit.

Giling Biji Kopi dengan Ukuran Fine atau Halus

Menyeduh kopi sama artinya dengan mengekstraksi rasa dari biji kopi, sehingga banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah jenis hasil gilingan atau bubuk kopi. Biji kopi memiliki partikel rasa yang kompleks, sehingga proses penggilingan kopi akan sangat berpengaruh pada rasanya.

Ketika kamu memiliki biji kopi Arabika dan menginginkan rasa asam yang sedikit lebih rendah, giling biji kopi hingga berukuran halus atau fine. Partikel biji kopi yang halus menyimpan lebih banyak rasa.

Gunakan Suhu Air dengan Suhu yang Cenderung Dingin

Rata-rata suhu air yang digunakan untuk menyeduh secangkir kopi ada di kisaran 90-95 derajat Celcius. Air dengan suhu panas yang tepat akan menghasilkan secangkir kopi yang pas dan nikmat.

Lalu, bagaimana dengan kopi Arabika yang rasanya asam?

Biji kopi Arabika bisa dikurangi tingkat keasamannya dengan menyeduhnya dengan suhu air yang lebih rendah atau dingin. Tapi, jangan lupa menggunakan bubuk kopi yang halus, ya!

Baca Juga:  Alat Pemanas Kopi ini bisa dilakukan dirumah atau bisa digunakan disaat acara keluarga

Perhatikan Waktu Penyeduhan

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan adalah perihal waktu. Jika kamu sudah memilih biji kopi dark roast dengan tipe fine grind hal terakhir yang kamu perlukan adalah ketepatan waktu serta suhu air yang pas.

Untuk mengurangi tingkat keasaman atau rasa acid saat akan menyeduh kopi hitam Arabika adalah dengan menggunakan waktu seduh yang lebih lama. Menggunakan suhu air yang cenderung lebih rendah atau dingin artinya kamu perlu kesabaran lebih untuk proses ekstraksi kopi.

Coba Gunakan Filter yang Terbuat dari Kertas

Jika kamu menggunakan alat kopi manual, seperti V60 atau Chemex, maka penggunaan filter pun perlu diperhatikan. Dibanding menggunakan filter yang terbuat dari bahan metal, filter kertas tradisional akan membuat kopi hitam terasa lebih enak. Filter kertas selalu memberikan rasa atau karakteristik kopi hitam yang lebih light.

Tidak Ada Salahnya Menggunakan Teknik Cold Brew

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika ingin mengurangi rasa asam pada kopi Arabika cara terbaiknya adalah dengan menggunakan air dengan temperatur yang lebih rendah dengan waktu yang lebih panjang. Teknik cold brew akan memberikanmu rasa kopi hitam yang tingkat asamnya sangat rendah. Bahkan teknik cold brew diklaim bisa mengurangi tingkat keasaman hingga 60%.

Padukan dengan Susu

Jika kamu tetap ingin mempertahankan rasa asam dari biji kopi Arabika kamu bisa kok mencoba membuatnya menjadi kopi susu. Rasa asam dari kopi Arabika memang akan sedikit berkurang jika dicampur dengan bahan lain seperti susu. Tapi, kopi susu Arabika ini akan membuat rasa asamnya tetap ada, hanya saja tidak terlalu kuat.

Inilah langkah-langkah menyeduh kopi Arabika yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi. Jika kamu ingin mempertahankan rasa asamnya, lakukanlah hal-hal sebaliknya. Pilih bubuk kopi dengan gilingan kasar dan light roast serta pilih penyeduhan kopi dengan waktu yang lebih singkat. Jangan lupa juga menggunakan air dengan temperatur 92-96 derajat Celcius, ya!

Jangan lupa untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan biji kopi yang kamu miliki. Tapi, selalu ada cara mudah menikmati secangkir kopi nikmat dengan rasa smooth dan aroma yang khas dengan langkah yang lebih mudah kok