Contoh Absensi Kehadiran Karyawan

Anda saat ini bekerja pada salah satu perusahaan negeri atau swasta? Pasti Anda tidak akan asing dengan yang namanya absensi untuk karyawan dengan menggunakan sistem online atau fingerprint. Pada beberapa perusahaan yang tumbuh di Indonesia, baik perusahaan yang sedang berkembang atau perusahaan yang sudah lama ada, meski pada awalnya mereka masih menggunakan jenis absen yang lama atau manual sekarang sudah banyak yang menggunakan absen online yang menggunakan web karena lebih praktis dan modern.

Contoh absensi kehadiran karyawan untuk saat ini memang sudah banyak jenisnya dan mungkin juga sudah banyak yang mengetahui apa saja jenis absensi tersebut. Jika masih belum jelas, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Laporan absensi manual

Adalah salah satu jenis data absensi yang manual dan biasanya perusahaan yang menggunakan template ini adalah masih banyak yang menggunakan rumus pada Microsoft Excel. Jadi biasanya manager perusahaan setiap harinya akan melakukan absen untuk jadwal kedatangan dan kepulangan karyawan secara manual. Absen jenis ini memang mudah tapi anggaran yang banyak dan terkadang sering terjadi human error.

  • Absensi online

Jadi absensi online ini sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk lebih mudah dalam melakukan rekap data absensi karyawan mereka dengan real time kapan saja dan dimana saja saat sedang butuh. Absensi jenis ini dinilai lebih mudah dan tidak rumit. Dan untuk berbagai kecurangan tentang titip absen dan absensi palsu akan susah dilakukan.

Yang namanya beberapa appsensi.com yang disebutkan di atas tadi akan sangat membantu perusahaan untuk lebih mudah menentukan kira-kira jenis absensi mana yang menurutnya paling efektif dan tidak akan membuat rugi pada perusahaan. Jadi laporan absensi untuk karyawan ini memang banyak sekali manfaatnya dan bisa digunakan untuk melakukan evaluasi karyawan.

Untuk itu, dengan adanya laporan absensi untuk kedatangan karyawan setiap hari pada sebuah perusahaan ini nantinya juga bisa digunakan untuk mengembangkan kreativitas karyawan dan produktivitas perusahaan. Dengan kata lain, jika absensi perusahaan terkendala dengan baik maka akan semakin mempermudah perusahaan untuk berkembang dan tumbuh. Dengan begitu antara karyawan dan perusahaan juga untung.