Daftar Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer

Banyuwangi – Sebuah kabupaten yang dikenal sebagai daerah penjuru di Jawa Timur dan berseberangan langsung dengan pulau Bali, tak asing pula jika Banyuwangi ramai dikunjungi para wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Dewara via darat dan laut.

Tidak lain halnya dengan Bali, Banyuwangi juga menyuguhkan beragam varian tempat wisata buatan maupun wisata alam yang sayang jika dilewatkan saat mengunjungi kabupaten yang mendapat julukan sebagai The Sunrise of Java ini.

Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi

Banyaknya tempat wisata bernuansa alam yang terdapat di Kabupaten Banyuwangi ini dikarenakan kondisi alam Jawa Timur yang sebagian besar masih asri dan alami.

Hal ini pula yang mendasari Jawa Timur banyak terdapat Taman Nasional yang tersebar yang meliputi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Meru Betiri, dan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk lebih lengkapnya, mari kita telusuri lebih lanjut apa saja wisata alam Banyuwangi yang harus dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata banyuwangi yang kami kutip dari dolanbae, antara lain.

1. Pantai Pulau Merah

Daerah yang letaknya dekat laut memang menjadikannya banyak pantai yang terbentang, salah satunya Pantai Pulau Merah yang sudah dikenal oleh para pelancong yang berkunjung ke Jawa Timur. Pantai dengan panorama matahari tenggelam yang menawan ini menjadi sorotan utama para travellers. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 saat weekdays dan Rp.5.000 saat weekend kita sudah dapat menikmati cantiknya langit diatas perairan yang buka 24 jam ini.

Lokasi pantai ini berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya yang mudah diakses dan rute menuju pantai sudah ramai ini membuat banyak wisatawan yang menjadikan Pantai Pulau Merah sebagai tujuan utama saat berlibur karena tidak akan membuang waktu dalam perjalanan.

2. Bangsring Underwater

Masih seputar dunia air, tidak hanya menyuguhkan pantai, Banyuwangi juga menyuguhkan wisata bawah air yang sangat menawan yaitu Bangsring Underwater. Bagi para pecinta snorkeling, tempat ini merupakan surga dunia dengan segala keunikan ragam hayati yang disajikan oleh alam dalam indahnya dunia bawah air. Tidak hanya kecantikan dalam bawah air, dilihat dari atas perairan pun sudah disajikan hamparan air luas yang menyejukkan mata.

Terletak di Jalan Situbondo – Banyuwangi, Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi, anda tidak perlu merogoh saku dalam untuk masuk ke wisata ini karena gratis, namun restribusi menyebrang akan dikenakan biaya Rp5.000.

Bagi para pemula yang baru ingin mencoba snorkeling, di Bangsring Underwater terdapat tempat penyewaan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk snorkeling, jadi tidak usah khawatie jika tidak punya peralatannya, cukup menyewanya dan pastinya harganya masih ramah kantong.

Baca Juga: Tempat Wisata Lumajang yang Sedang Hits.

3. Taman Nasional Baluran

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Taman Nasional Baluran, ya betul sekali tempat yang menyajikan pemandangan alam luas terbuka bagai tanah Afrika namun berada tidak jauh dari wilayah kita yaitu Jawa Timur. Berdekatan dengan wisata Bangsring Underwater, Taman ini juga terletak di Wongsorejo. Luasnya yang mencapai 250kmĀ² ini menjadikan Taman Nasional Baluran memiliki banyak wisata yang tidak hanya padang savanna.

Hanya dengan membayar Rp15.000 untuk warga lokal dan Rp.150.000 untuk warga domestik anda dapat menikmati wisata yang menyajikan padang savana dengan hewan-hewan unik yang hidup di area rerumputan, Teluk, Candi, Hutan Hijau dan Gua Jepang. Dengan banyaknya wisata yang didapat hanya dengan harga segitu tak heran jika Taman Nasional Baluran tidak pernah sepi akan pengunjung. Jam Buka Taman Nasional Baluran ialah Senin – Jumat pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB.

Itulah beberapa tempat wisata di Banyuwangi, jika kamu memiliki rekomendasi tempat wisata lain, silahkan tulis di kolom komentar.