Jenis-jenis Mesin Printing yang Paling Sering Dipakai

gambar printer

Banyak jenis-jenis mesin printing yang biasa dipakai oleh bisnis usaha percetakan, mesin-mesin tersebut memang mesin yang paling sering digunakan oleh banyak usaha percetakan atau printing. Bentuknya mungkin sudah familiar bagi yang sering memakai jasa percetakan. 

Namun, jenis-jenisnya terbentuk dari fungsi yang dibutuhkan bagi industri percetakan. Semakin canggih teknologi, semakin banyak kebutuhan akan percetakan ini, sehingga ada kemungkinan jenis mesin tersebut akan bertambah.

Tapi ada beberapa diantaranya yang sudah diketahui dan sering dipakai untuk beberapa jenis usaha berikut, yaitu jenis mesin printing dibawah ini:

Mesin Digital Printing

gambar printer
Source: laysander.com

Jenis pertama adalah mesin digital printing, dimana mesin ini biasa digunakan untuk mencetak uang yang paling populer. Mesin digital printing merupakan jenis-jenis mesin printing yang dimiliki hampir semua usaha percetakan, karena mesin ini merupakan mesin yang paling dipakai. 

Selain itu, semua bentuk barang yang dicetak bisa digunakan menggunakan mesin cetak jenis ini. seperti brosur, flyer, kalender, poster dan banyak lagi barang printing lainnya. Untuk sekarang ini, sudah banyak sekali tersedia jenis mesin digital printing ini dengan teknologi terkini dan makin canggih. 

Mesin digital printing memiliki bervariasi jenisnya, seperti mesin digital printing indoor, outdoor, semi outdoor atau semi indoor, digital tekstil serta digital photography. Dari awal teknologi printing ini muncul, digital printing ini memang yang paling dikenal dan paling sering digunakan.

Mesin Cetak Offset

Selanjutnya adalah jenis-jenis mesin printing yang biasa disebut mesin cetak offset, jenis mesin ini juga sudah banyak dikenal semua orang. Mesin ini banyak digunakan oleh pengusaha percetakan ternama, dan digunakan untuk pemesanan printing dalam jumlah yang sangat banyak. 

Alasan mengapa mesin ini menjadi favorit banyak perusahaan percetakan adalah karena biaya dari mesin ini cukup murah dibandingkan mesin lainnya, namun hasilnya cukup maksimal dan hasilnya pun ditentukan oleh tinta cetak offsetnya.

Gravure

Gravure termasuk salah satu dari jenis-jenis mesin printing yang juga sering dipakai, namun jenis mesin ini khusus dipakai untuk mencetak ukiran atau melakukan pembuatan ukiran.  Dengan begitu, orang-orang atau perusahaan yang pastinya sering menggunakannya adalah yang berhubungan dengan furnitur maupun hiasan rumah. 

Karena, bentuk cetakan pada benda-benda tersebutlah yang harus menggunakan mesin tersebut. Jenis mesin yang satu ini memang lebih pada barang-barang yang biasa dipakai untuk interior ruangan sebuah bangunan ataupun rumah, karena ukiran tersebut banyak terdapat pada aksesoris interior tersebut.

Flexography

Jenis mesin terakhir sebagai jenis mesin printing yang banyak digunakan adalah flexography, yaitu jenis mesin printing yang digunakan untuk sebuah kemasan produk.

Mesin ini bisa dipakai pada media kertas, plastik, karung ataupun karton yang biasa dijadikan bahan untuk sebuah kemasan produk agar kualitas produk tersebut tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, jenis ini juga memiliki perbedaan tersendiri dari jenis mesin printing lainnya juga memiliki kekhususan dari segi fungsi.

Sebagai mesin printing yang sering digunakan dan dibutuhkan oleh beberapa perusahaan percetakan, sudah seharusnya mengetahui jenis yang sudah sering dipakai dari mesin printing tersebut.

Masing-masing jenis mesin sebenarnya sudah memiliki fungsinya masing-masing, dan memiliki perbedaan berdasarkan fungsinya tersebut. Oleh karena itu, bagi yang ingin mencoba peruntungan dalam bidang industri percetakan atau printing ini wajib mengetahui dan paham mengenai jenis-jenis mesin printing itu sebagai bahan pembanding pada saat memulai usaha tersebut.

Bagi kalian yang ingin melakukan promo dengan media banner atau baliho di wilayah Palembang, kalian dapat menghubungi Bonafide Advertising, Mereka merupakan tempat jasa advertising di Palembang. Layanan yang memuaskan dengan hasil yang maksimal!