Kenali Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Kali ini kita akan membahas tentang Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh yang terletak di Kabupaten Aceh Barat, terletak di Jalan Imam Bonjol, Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan.

Pembangunan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh tampaknya menggunakan gaya arsitektur yang sangat unik campuran antara gaya Timur Tengah, Asia dan Aceh dan pemilihan warna coklat muda dikombinasikan dengan bata merah di kubah masjid.

Ciri khas Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh yang dapat dilihat dalam tampilan tiga kubah kubah utama diapit oleh dua menara air kecil. Kubah kepala semua bentuk yang sama, misalnya, bulat dengan ujung runcing, campuran khas arsitektur dari Timur Tengah dan Asia. Masjid ini akan mencakup dua menara baru yang sampai saat ini masih sedang diselesaikan. Menara ini akan membuat masjid penampilan yang lebih megah dan dapat berfungsi sebagai landmark daerah.

Pintu masjid adalah hak istimewa. Otonom pintu dengan jarak beberapa meter dari masjid terlihat sangat anggun. Pintu tampaknya mengatakan bahwa siapa pun yang memasuki gerbang akan melihat pemandangan yang indah.

Di dalam masjid adalah dua konsep yang berbeda ruang. Pertama, pengunjung akan disambut oleh sebuah ruangan yang memiliki banyak tiang sebagai lantai mezzanine kedua. Di tengah, ada daerah luas yang merasa sangat lega dengan lampu hias hias di tengah dan juga ada jam masjid digital untuk pengingat waktu sholat.

Inspirasi gaya arsitektur Timur Tengah juga dapat dilihat dalam bentuk mihrab. Terlihat mihrab yang sangat indah didominasi oleh nuansa warna coklat keemasan dan materi yang unik ornamen perunggu, khas Islam. Kesan mewah dan keren nuansa segera ketika Anda melihat hal itu.

Pintu masuk ke kebanggaan masyarakat masjid Aceh Barat di 100 masjid yang indah di Indonesia, ada sebuah buku yang disusun oleh Teddy Tjokrosaputro & Aryananda dikeluarkan oleh PT Andalan Media, Agustus 2011, setebal 209 halaman.

“Kami bangga dengan Masjid Agung Baitul Masjid Makmur Meulaboh bersama 100 masjid lainnya di negeri ini di sebut sebagai masjid yang paling indah, karena hal ini akan berdampak positif pada pengembangan masjid dan meningkatnya jumlah setia dalam kebanggaan masyarakat dari masjid di provinsi Aceh barat, “kata sekretaris jenderal Badan masjid Agung Baitul Makmur kemakmuran Muchsinuddin MS SAG kota teras.