Mengenal Kawasan Berikat Nusantara

Bagi Anda yang belum mengenal Kawasan Berikat Nusantara, kenalan dulu yuk! Kawasan Berikat Nusantara adalah perusahaan baru hasil penggabungan dua BUMN yang dilikuidasi. Kini telah berdiri lebih dari dua dekade yang terus berkembang seiring dinamika pertumbuhan ekonomi Indonesia maupun ekonomi global. Kepemilikan saham PT KBN ini terdiri dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Terdapat dua bisnis utama yang menjadi kegiatan Perseroan ini yakni jasa properti dan jasa pelayan logistik. Lalu bagaimana penjelasan masing-masing bisnis tersebut? Yuk simak penjelasan ini!

  • Jasa properti

Kegiatan jasa ini meliputi penyewaan tanah dan atau gedung pabrik kepada para investor atau pelanggan yang berorientasi ekspor, dengan dukungan layanan one stop service. Pelayanan ini ialah pelayanan pemberian izin untuk kegiatan usaha para investor yang langsung diterbitkan oleh PT KBN sebagai pengelola kawasan.

  • Jasa pelayan logistik

Jasa pelayanan ini meliputi pengintegrasian usaha pelayanan forwarding dan pergudangan. PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) melayani penyimpanan dan distribusi barang secara terpadu dan juga secara door to door service bekerja sama dengan perusahaan door to door lainnya.

Kegiatan bisnis ini masuk ke dalam mata rantai sistem logistik terpadu (total logistic system) yang meliputi jasa pengurusan dokumen ekspor/impor, jasa angkutan barang/trucking, jasa bongkar muat, serta jasa sewa gudang/lapangan dan depo container.

Selain kedua bisnis utama di atas, PT KBN juga memiliki Pusat Logistik Berikat, KBN Beton, RS Umum dan Pekerja, SBU Pengelolaan Air, serta fasilitas umum lengkap lainnya. Pusat Logistik Berikat (PLB) ialah tempat penimbunan barang asal luar daerah Pabean dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah Pabean dalam jangka waktu tertentu.

PT KBN ini dalam perjalanannya telah mendapatkan banyak penghargaan sejak tahun 2014 hingga 2019 lalu. Kawasan Berikat Nusantara, Jakarta ini termasuk salah satu daftar kawasan industri yang bisa Anda kenal dan kunjungi untuk mencari informasi tertentu. Untuk detail informasi lainnya bisa Anda akses di https://www.iiie.co.id/.