Pembuatan Keset Sabut Kelapa Yang Ramah Lingkungan

Pembuatan Keset Sabut Kelapa

 Salah satu inovasi dalam produksi kelapa adalahkeset sabut kelapa.Sabut kelapa tidak hanya dibuat menjadi cocomesh jaring sabut kelapa , cocopot media tanam kelapa, serat sabut kelapa dan lain-lain. Pembuatan keset sabut kelapa juga relatif sederhana.

Keset Sabut Kelapa

Keset adalah alat pembersih yang terbuat dari ijuk atau serabut kaku, biasanya dipasang atau diikat pada bagian yang tipis.

Bentuk keset hampir selalu berubah, dari kain hingga rambut halus, tali, kawat, dan ikatan serat alami.

Keset awalnya berbentuk persegi panjang, namun bentuk aslinya bervariasi dalam berbagai bentuk dan digunakan seperti biasa untuk kaki.

Keset yang bisa dipasang bisa dibingkai seperti kayu agar tahan lebih lama, baik yang terbuat dari karet maupun atom.

Dan inovasi dari alas kelapa kelapa ini pun menjadi gebrakan besar karena berbagai keunggulannya. Dan itu tidak bisa membuat batok kelapa menjadi sia-sia.

Keunggulan Keset Sabut Kelapa

1. Lebih Bersih

Keset sabut kelapa ini bisa membersihkan kaki Anda jauh lebih bersih. Sebagai perbandingan dengan keset yang terbuat dari bahan lain, karena sabut kelapa ini mampu membersihkan kotoran pada kaki dengan cepat dan maksimal.

Karena serabut kelapa ini bisa merapikan sela-sela kaki dan juga sela-sela jari kaki. Dengan fungsi seperti ini, keset akan terasa fungsinya.

2. Bahan Bakunya Sangat Mudah Didapat

Karena bahan baku alas batok kelapa ini bisa dibuat dari batok kelapa kering. Oleh karena itu, alas batok kelapa dibuat dengan bahan baku kelapa kelapa, yang mudah ditemukan dimana-mana.

Keset batok kelapa dengan harga ini sangat terjangkau di dalam kantong dan mudah ditemukan di warung juga. Apalagi sekarang sudah mudah ditemukan dengan membeli secara online.

3. Tidak Berubah Warna Atau Memudar Dengan Mudah

Keset sabut kelapa ini terbuat dari bahan-bahan alami sehingga warna yang di berikan adalah warna aslinya.

Keset kelapa ini juga warna asli dari warnanya sendiri dan tidak akan luntur juga. Karena warna yang pudar bisa membuat kita khawatir.

3. Keset Sabut Kelapa Halus

Keset SABUT kelapa ini bisa dibuat dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Keset yang dibuat halus memiliki permukaan yang sangat halus.

Sebagai massa jenis yang sangat padat dan juga sangat kental. Proses pembuatan ini ditenun oleh pengrajin. Anyamannya sangat rapi dan begitu pula strukturnya, yang membuat keset ini sangat kuat dan juga tahan lama.

Dengan daya tahan lama atau permanen ini sebagai pilihan bagi yang membutuhkan keset. Dengan daya tahan ini, fungsi keset bisa dirasakan.

Bahan baku ini terbuat dari sabut kelapa yang merupakan bahan utama dan juga dengan motif yang digunakan dari ijuk atau pohon palem.

Pembuatan Keset Sabut Kelapa

Alat – alat :

  • Rimbagan (tempat menenun)
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet (pemotong tikar)

Bahan – bahan :

  • Sabut kelapa
  • Tali (tali) terbuat dari sabut kelapa
  • Minyak kelapa

  Cara Pembuatan Keset Sabut Kelapa :

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Bentuk sabut kelapa seperti bantal.
  3. Pasang tali atau tali ke hutan sebagai alur untuk menenun.
  4. Oleskan minyak secukupnya ke tali agar tidak tersumbat saat menenun.
  5. Menenun tali sebagai titik awal sekaligus fondasi.
  6. Menenun sabut kelapa ibarat menenun, pintu masuk dari atas ditata sejajar hingga semuanya terisi penuh.
  7. Setiap baris ditutup dengan cara dipukul – pukul dari atas dengan palu sehingga alas menjadi kokoh dan kokoh.
  8. Setelah Anda selesai menenun, rapikan permukaan alas agar rata.
  9. Kunci tali atau tali agar anyaman tidak kendur.
  10. Hasil akhir.

Demikian ulasan mengenai pembuatan keset sabut kelapa yang ramah lingkungan. Semoga kita bisa memberikan efek baik dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa.