Perusahaan Keripik Pisang serta Rahasia agar Bisnis Bisa Sukses

Perusahaan Keripik Pisang – Buah pisang ialah jenis tumbuhan yang dapat kita temui dengan sangat mudah di Indonesia dan kita bisa menemukannya hampir di seluruh pulau di Indonesia. Buah pisang ini mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi dan mempunyai rasa yang manis dan pastinya juga enak. Buah pisang ini memiliki banyak jenis, demikian pula dimakan secara langsung buah pisang juga enak jika diolah terlebih dahulu menjadi camilan contohnya misalnya seperti keripik pisang. Keripik pisang ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia dikarenakan mempunyai rasa yang cukup renyah dan juga enak. Cara membuatnya pun juga memang sangat sederhana dan bisa dikerjakan oleh siapa pun.

Keripik pisang ini juga bisa dijadikan menjadi salah satu peluang usaha yang begitu menguntungkan. Dikarenakan proses pembuatan yang memang mudah dan produk keripik pisang ini mudah diterima oleh masyarakat Indonesia diluaran sana. Keripik pisang juga sudah tidak asing lagi untuk para masyarakat Indonesia sebagai camilan ringan yang enak serta gurih yang disukai masyarakat, jadi orang pun tidak akan merasa bosan bila terus terusan mengonsumsi keripik pisang. Buah pisang menjadi bahan baku membuat keripik pisang maka jika akan membuat usaha maka memilih kualitas pisang yang terbaik sehingga akan menghasilkan keripik pisang yang berkualitas pula. Kemasan dari produk keripik pisang juga akan mempengaruhi kualitas dari keripik pisang itu sendiri sehingga harus memilih kemasan yang sederhana namun tidak akan mengurangi citarasa dan nilai dari keripik pisang tersebut. Keripik pisang ini bisa Anda jadikan salah satu camilan ringan dengan harga yang cukup terjangkau sehingga tentunya lebih hemat dan juga praktis.

Perusahaan Keripik Pisang


Pada analisa modal berikut ini untuk usaha keripik pisang berskala rumahan. Maka modal yang dibutuhkan juga tidak akan terlalu besar. Berikut dibawah ini analisa modal usaha keripik pisang yang dapat Anda jadikan referensi sebelum Anda memulai usahanya sendiri.

Investasi Awal

Kompor + Tabung Gas Rp 300.000,-
Wajan Besar Rp 100.000,-
Mesin Slicer Rp 400.000,-
Baskom Rp   50.000,-
Alat Lainnya Rp   85.000,-
Total Investasi Awal Rp 935.000,-

Operasional Perbulan

Bahan Baku Kurang lebih /hari Rp 200.000,- x 25 hari   Rp 5.000.000,-
7 tabung gas /bulan Rp 20.000,- x 7 tabung   Rp 140.000,-
Kemasan Rp 400.000,-
Transportasi, listrik, dan pulsa sebulan Rp 500.000,-
Biaya lainnya Rp 604.000,-
Total Biaya Operasi /bulan Rp 6.644.000,-

Pendapatan Perbulan

Keripik pisang dijual /100 gram Rp 13.000,-
Rata-rata penjualan /hari 30 bungkus keripik
Penjualan /bulan Rp 13.000,- x 30 bungkus keripik pisang x 25 hari Rp 9.750.000,-  

Laba Bersih Perbulan

Pendapatan – Biaya Operasional Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,-
Laba Rp 9.750.000,-  –  Rp 6.644.000,- Rp 3.106.000,-

ROI (Return of Investment)

Investasi Awal : Laba bersih /bulan Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,-
  Rp 935.000,- : Rp 3.106.000,- 0,3   Maka, dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sudah akan bisa balik modal

Rahasia Bisnis Keripik Pisang agar Bisa Sukses

Menggunakan Kemasan yang Modern

Ini merupakan cara yang paling utama dan paling menentukan kesuksesan bisnis keripik pisang Anda, dikarenakan jika tanpa menggunakan kemasan modern maka Anda akan kesulitan untuk menjual keripik pisang kesemua kalangan diluaran sana, yang artinya adalah omzet penjualan yang akan Anda dapatkan akan sangat terbatas atau sangat kecil jumlahnya.

Membuat Brand untuk Usaha Keripik Pisang Anda

Langkah selanjutnya yaitu, Anda harus membuat brand atau merk untuk usaha keripik pisang yang Anda jual, supaya dapat menjadi identitas dan juga mudah dikenal oleh masyarakat kedepannya.
Dengan mempunyai merk sendiri juga, usaha pemasaran yang Anda lakukan jadi lebih efektif dan lebih cepat, dikarenakan setiap konsumen yang membeli akan turut mempromosikan bila mereka merasa puas dengan keripik pisang yang mereka makan.

Teknik Pemasaran yang Tepat

Kunci sukses sebuah usaha keripik pisang Anda selanjutnya terletak di teknik pemasaran yang Anda gunakan haruslah sesuai dengan teknik-teknik yang telah banyak digunakan oleh para pakar marketing. Misalnya seperti :
• Sisitem Distributor Dan Reseller
• Pemasaran Ke Toko Toko Ritel Modern
• Bisa Juga Menggunakan Sistem Waralaba

Cara Membuat Keripik Pisang yang Benar

Selanjutnya pastikan terlebih dahulu proses produksi keripik pisang milik Anda telah benar dan higienis dan mempunyai standar operasional prosedur (SOP) pengolahan yang konsisten, untuk menjamin rasa selalu konstan dan tidak bisa berubah rubah.
Hal ini harus difikirkan dari terlebih dahulu awal, jika perlu dicatat dan jangan ragu untuk melakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan hasil keripik pisang yang sempurna.
Untuk itu dalam proses produksi keripik pisang, pastikan Anda mengawasi secara langsung bahkan jika nantinya usaha keripik pisang telah besar dan mempunyai banyak karyawan, hal ini haruslah benar benar Anda perhatikan.

Lakukan Invoasi dan Differensiasi

Inovasi dan differensiasi memang sangat penting dalam menunjang kesuksesan suatu bisnis usaha makanan ringan seperti keripik pisang. Karena jangan sampai usaha yang kita jalani hanya kesannya “mencontek” usaha-usaha serupa yang telah ada.Inovasi yang saya maksudkan disini dari segi rasa, dan bumbu yang Anda gunakan haruslah berbeda serta mempunyai citra khas tersendiri dibandingkan dengan keripik pisang yang lainnya.

Demikian artikel tentang Perusahaan Keripik Pisang yang dapat disampaikan pada artikel kali ini. Semoga dapat berguna, terimakasih!!