Resep Bumbu Minyak Kuah Bakso yang Segar dengan Cara Sederhana

Banyak artikel yang membahas resep bumbu minyak kuah bakso . Kita juga akan membahasnya akan tetapi secara lebih detail lagi. Karena memang jika kita salah memasukkan salah satu bumbu saja membuat kuahnya tidak segar.

Sebelumnya kita pernah membahas resep minyak bawang. Sekarang kita akan membahas jika minyak bawang yang diberikan pada kuah bakso. Simak artikel berikut ini !

Bakso

Bakso atau baso merupakan salah satu jenis bakso yang umum ada pada masakan Indonesia. Dan bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging giling dan tepung tapioka, namun ada juga bakso yang terbuat dari ayam, ikan atau udang, bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, tauge, tahu, kadang telur, lalu ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak jalanan hingga restoran besar.

Beragam jenis bakso kini ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang banyak dijual di supermarket atau pusat perbelanjaan. Irisan bakso juga bisa dijadikan sebagai tambahan untuk jenis makanan lain seperti mie goreng, nasi goreng, atau capcai.

Bakso bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran kelas atas. Bersama soto, sate dan siomai. Saat ini terdapat beberapa jenis bakso siap masak yang tersedia sebagai makanan beku yang banyak dijual di supermarket di Indonesia.

Manfaat Minyak Untuk Kesehatan

1.Meningkatkan Kemampuan Pencernaan

Minyak bawang putih dianggap sebagai obat untuk sembelit dan peradangan di usus karena kandungan antioksidan dan sifat stimulannya yang tinggi.

Ini dapat membantu meningkatkan pencernaan, merangsang gerak peristaltik, dan bahkan mengurangi risiko berbagai masalah pencernaan.

2. Mengurangi Peradangan

Allicin ditemukan dalam jumlah yang signifikan dalam minyak bawang putih, menjadikan minyak bawang putih sebagai obat topikal dan penggunaan internal untuk menghilangkan penyakit inflamasi.

Allicin adalah antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat yang dapat meredakan iritasi jaringan dan meredakan nyeri pada persendian dan area lokal.

3. Mengobati Gangguan Metabolik

Banyak orang menggunakan minyak bawang putih untuk mengobati sindroma metabolik yang disertai dengan tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Diyakini bahwa antioksidan dalam minyak ini berdampak langsung pada sindroma, mengurangi semua faktor risiko dan mengoptimalkan aktivitas metabolisme.

4. Meredakan sakit kepala

Mengoleskan sedikit minyak bawang putih ke pelipis atau menelan sedikit minyak pekat ini dianggap dapat meredakan peradangan di pelipis dan kapiler dengan cepat. Ini bisa mengurangi terjadinya migrain dan sakit kepala.

5. Antioksidan Kuat

Allicin dengan konsentrasi sangat tinggi dalam minyak bawang putih mengandung antioksidan. Ini terkait dengan penurunan stres oksidatif, yang mencegah penuaan dini dan juga mengurangi risiko berbagai penyakit.

6. Kelola Diabetes

Sifat hipoglikemik minyak bawang putih yang dikenal bisa mengatur produksi insulin tubuh dan pengeluaran energi. Minyak ini dianggap ideal untuk mengoptimalkan aktivitas metabolisme dan mencegah lonjakan dan penurunan glukosa.

Menurut penelitian pada hewan dari Journal of Traditional and Complementary Medicine, minyak bawang putih meningkatkan toleransi glukosa dan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

7. Pencegahan Obesitas

Penggunaan minyak bawang putih, selain daya penurun kolesterol dari minyak ini, dikatakan dapat mempercepat metabolisme, yang berhubungan dengan pembakaran lemak pasif.

Bawang putih juga bisa membantu menekan nafsu makan, sedangkan senyawa sulfida bisa menimbulkan sensasi kembung, yang mengurangi makan berlebihan dan ngemil di antara waktu makan.

8. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Menghirup minyak bawang putih memiliki efek yang sama seperti mengonsumsi bawang putih untuk mengatasi sinusitis. Keduanya dapat dengan cepat membersihkan sinus dan mengurangi tekanan.

Selain itu, minyak bawang putih juga dapat mengurangi sensitivitas alergi, meminimalkan episode asma, dan menghilangkan hidung tersumbat.

9. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak bawang putih tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur dan antiseptik yang jelas.

Ini dianggap ideal untuk mengobati kondisi kulit topikal, serta meningkatkan kesehatan pencernaan dan menyingkirkan infeksi bakteri yang tumbuh di usus Anda.

Resep Bumbu Minyak Kuah Bakso

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus bakso sapi kecil (1 bungkus isi 50)
  • Air
  • Garam
  • 3 batang daun bawang
  • Secukupnya minyak kelapa
  • Bawang putih dan Bawang merah dikupas menggunakan mesin pengupas bawang

Cara Memasak Bumbu Minyak Kuah Bakso :

  1. Masak 1 bungkus bakso tadi, bisa dibagi, bisa mengembang atau tidak masalahSetelah air mendidih, tambahkan garam dan penyedap rasa. Kemudian perbaiki rasanya sampai enak.
  2. Kemudian cincang kasar bawang merah dan goreng hingga tercium harum.
  3. Angkat tumis bawang bombay dan minyak tadi, lalu tambahkan ke bakso matang dan tambahkan bumbu. Bisa ditambahkan kecap / kecap sesuai selera. Ingin lebih pedas di Rawit juga bisa.
  4. Bakso siap untuk disajikan

Demikian merupakan artikel mengenai resep bumbu minyak kuah bakso. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha berjualan bakso ataupun memasaknya di rumah. Selamat untuk mencoba.