Teknik Mengemudi Mobil Saat Tanjakan

Teknik Mengemudi Mobil Saat Tanjakan

leifgarrettfans.comBerkendara merupakan hal yang mengasyikkan gengs, kita bisa menikmati nyamannya kendaraan serta indahnya berpetualang. Jadi ingat my trip my advanture gengs, karena berwisata merupakan kesukaan kami gengs. Jalanan Indonesia tidak hanya datar-datar saja gengs, namun tanjakan maupun turunan kerap kali kita temukan dijalan raya gengs. Ketika lepas dari kota, kita sering menemukan jalan yang banyak memiliki tanjakan, apalagi yang membelah bukit atau gunung gengs. Oleh sebab itu, dibutuhkan kehati-hatian serta skil dalam melewati tanjakan tersebut gengs.

Bagi yang baru belajar mengemudi, tentunya harus memahami berbagai macam teknik yang bisa digunakan saat menemui tanjakan. Bagi kalian yang pernah kursus mobil, pasti sudah memiliki bekal atau pengalaman melewati tanjakan.

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai berkendara saat tanjakan, kami mengingatkan kembali bahwa mobil terbagi atas dua macam transmisi. Yaitu transmisi otomatis dan manual, nah kami akan membahas cara mengemudi mobil saat tanjakan pada mobil bertransmisi manual dan matic. Jadi baca artikel ini sampai tuntas yaa gengs, agar tips-tipsnya tidak terlewatkan gengs.

Berikut ini cara mengemudi mobil manual saat tanjakan gengs:

  1. Perhatikan kemiringan tanjakan. Apabila tanjakannya landai dan tidak ekstrim, kamu boleh menggunakan gigi sedang gengs. Pastinya gas atau gebber mobil sebelum memasuki tanjakan, sehingga performa mobil tidak hilang ditengah jalan.
  2. Bila tanjakannya sangat curam atau ekstrim, kamu gunakan gigi rendah atau gigi 1 gengs. Sehingga torsi mobil bekerja secara penuh, dan mobil dapat melewati tanjakan yang sangat ekstrim sekalipun. 
  3. Apabila menemui tanjakan yang landai, tiba-tiba ditengah perjalanan tanjakannya berubah curam, maka segera pindah posisi gigi sedang ke posisi gigi 1 agar kendaraan tetap terjaga performa khususnya pada torsi. 
  4. Selalu sesuaikan gigi persneling dengan kondisi tanjakan yaaa gengs. Intinya semakin rendah gigi persneling, maka semakin kuat menanjak.
  5. Ketika sudah keluar dari tanjakan landau maupun ekstrim, segera ganti persneling tersebut ke posisi yang lebih tinggi. Sehingga mobil akan melaju lebih enteng gengs.

Oke gengs, kira-kira begitu cara melibas tanjakan menggunakan mobil bertransmisi manual. Selanjutnya kami akan membahas juga cara melewati tanjakan dengan menggunakan mobil matic gengs. Caranya tidak jauh beda dengan mobil manual, namun kamu akan lebih mudah karena tidak usah repot-repot nginjak pedal kopling gengs.

Berikut ini tips atau teknik dalam melewati tanjakan pada mobil matic:

  1. Kamu cek dulu tanjakannya gengs, pastinya gak usah turun dari mobil yaa biar gak rempong gengs. Cukup perhatikan secara sekilas. Apabila tanjakannya tidak ekstrim atau landai, kamu boleh gunakan gigi “D” atau yang lebih rendah gengs. Apabila tanjakannya curam, sebaiknya kamu menggunakan gigi “L” atau low atau gigi rendah. Sehingga torsi mobil dapat melibas tanjakan secara mudah.
  2. Selanjutnya gunakan teknik yang hampir sama dengan mobil manual gengs. 

Memang secara teori, berkendara mobil matic jauh lebih mudah daripada mobil manual gengs. Itulah kelebihan dari mobil matic yang sangat amat memanjakan pengendaranya gengs. Namun tetap hati-hati dalam berkendara gengs, demi keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain gengs.

Baik mobil manual maupun matic, memiliki kelebihan dan kekurangan gengs. Yaah seperti pribahasa itu gengs, taka da gading yang tak marten,,, eh tak ada gading yang tak retak gengs hehe. 

Bagi kalian yang bertempat tinggal di bandung, bisa mencoba kursus mengemudi bandung. Sehingga ditangani oleh instruktur yang professional gengs. 

Oke sekian terlebih dahulu artikel kali ini gengs, semoga bermanfa’at bagi kita semua gengs. Dan pastinya tetap safety dalam berkendara, pasang sabuk pengaman sebelum melakukan perjalanan.

Sumber : Alamat Jalan