Tips Merawat Mesin Fotocopy yang Tepat

Mesin fotocopy adalah mesin yang berfungsi untuk menggandakan dokumen yang dari segi anggaran cukup menguras kantong. Kisaran harga beli mesin fotocopy rekondisi dapat mencapai 15 hingga 35 juta rupiah. Bahkan untuk mesin baru, bisa mencapai anggaran ratusan jutah rupiah.

Dengan harga segitu Anda pastinya ingin mesin fotocopy yang Anda miliki tadi tidak rusak hanya karena kesalahan perawatan. Anda juga pasti mau mesin yang anda punya akan awet dan tidak gampang rusak, karena akan repot harus mendatangkan teknisi dan mengeluarkan biaya lagi.

Berikut tips yang akan membantu Anda untuk merawat mesin fotocopy anda agar tetap awet dan tidak gampang rusak;

Jangan biarkan debu mengganggu

Debu adalah musuh utama dari mesin fotocopy. Itu karena mesin fotocopy adalah alat elektronik yang di dalamnya memiliki banyak komponen sensor, jadi debu bisa sangat mengganggu kinerja mesin. Sehingga sangat perlu untuk tetap menjaga mesin Anda dari debu. Tipsnya yaitu bisa dengan menutup mesin dengan kain apabila mesin sedang tidak digunakan. Atau juga bisa bersihkan debu secara rutin dengan hand blower.

Jauhi dari jangkauan hewan pengganggu seperti tikus

Tikus adalah hewan yang terkenal dapat memasuki celah yang kecil. Tikus sering ditemukan bersarang didekat mesin fotocopy. Tikus akan menyebabkan eror elektronik pada mesin karena tikus sangat suka menggigiti kabel-kabel yang terdapat pada mesin fotocopy. Jauhi hal semacam ini dengan selalu menjaga kebersihan dan jauhkan mesin dari tempat sampah.

Bersihkan karet roll penarik kertas secara berkala

Karet roll penarik kertas termasuk sparepart konsumabel yang sering diganti. Dengan harga roll kira-kira Rp 50.000 / pcs, memang terasa tidak terlalu mahal. Tapi ada baiknya kalau mesin rawat agar lebih awet lagi. Tips perawatannya adalah dengan membersihkan karet roll dengan cara mengusapnya memakai kain yang dibalur minyak kayu putih

Rajin menguras limbah toner

Limbah toner merupakan bekas kotoran yang didapatkan dari proses copy yang dilakukan oleh mesin. Limbah toner biasa terdapat pada tabung yang ada di bagian belakang mesin (pada mesin besar). Limbah toner ini dapat menghambat kerja mesin anda bila tidak sering dibersihkan. Anda dapat kosongkan tabung limbah toner supaya limbah toner tadi tidak tumpah dan mengotori bagian elektronik mesin. Limbah toner ini juga mengandung biji besi yang bisa menimbulkan listrik statis skala kecil dan membuat elektrikal anda cepat rusak

Cek kapasitas toner

cek level sisa toner adalah langkah yang lumayan penting, Anda dapat cek pada layer panel utama. Kalau mesin dibiarkan hidup dengan kondisi toner yang kosong pada tabung, itu bisa menyebabkan part developing menjadi rusak.

Kunjungi ubja fotocopy jika Anda sedang mencari Sewa mesin fotocopy Jakarta, Kami juga menyediakan jual mesin fotocopy berkualitas bagus.