Unicorn Itu Apa Sih? Yuk, Kita Cari Tahu

modal awal untuk startup

Mengenai ekspansi startup nasional, tercatat setidaknya ada 3 perusahaan rintisan yang masuk kedalam kategori startup unicorn. Ya, hal itu dikarenakan unicorn Indonesia tersebut memiliki jumlah total valuasi pendapatan yang lebih dari 1 milliar dollar.

Melihat akan hal itu, bisa dipastikan bahwa Indonesia dapat bersaing dalam lingkup ekonomi digital nasional maupun internasional. Perusahaan unicorn tersebut diantaranya adalah Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia. 

Saking bangganya terhadap ke empat startup unicorn tersebut, Rudiantara selaku Menkominfo pun menaruh harapan yang cukup besar, agar Indonesia kedepannya mampu mencetak perusahaan rintisan awal besar lainnya.

Dampak positif pun sudah dapat dirasakan, dimana belum lama ini lembaga Demografi Universitas Indonesia (UI) merilis besaran kontribusi ekonomi yang dilakukan oleh Go-Jek. Pada hasil survey, yang menyebutkan bahwa Go-Jek berkontribusi sebesar Rp 8.2 triliun per tahun ke dalam perekonomian nasional, berkat penghasilan mitra driver yang bergabung dengannya. 

Bahkan yang lebih menariknya lagi, diperkirakan Negara telah mendapat dana tambahan hingga mencapai Rp 682 miliar per bulan, yang terhitung semenjak mitra pengemudi yang tergabung dalam aplikasi on-demand Go-Jek.

Alhasil, maka tak heran jika dampak positifnya berkat perkembangan teknologi sekarang, sehingga sebagian besar masyarakatnya sudah sangat akrab dengan hal-hal yang berbasis teknologi online. 

Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan pada tahun lalu, bahwa 89% konsumen telah memberikan dampak indicator “Agak Baik” sampai dengan “Sangat Baik” untuk seluruh masyarakat secara umum. Sedangkan menurut hasil survey dari lembaga Demografi UI, dimana ada sebanyak lebih dari 7500 yang menggunakan responden. Dengan rincian sekitar 3.315 responden mitar Go-Jek motor, 3.465 responden pengguna, sedangkan 806 responden adalah para pelaku di bidang UMKM. 

Bukan hanya itu, responden yang dilibatkan adalah mitra dan konsumen yang aktif selama 1 bulan terakhir. Selanjutnya sampel yang didapat akan ditetapkan sudah mewakili populasi pengemudi, mitra UMKM, dan konsumen di Sembilan wilayah seperti:

  • Bandung
  • Bali
  • Balikpapan
  • DIY Yogyakarta
  • Makasar
  • Medan
  • Palembang
  • Surabaya

Keunggulan Dari Unicorn

modal awal untuk unicorn

1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Go-Jek  membuka lowongan kerja driver dalam skala besar dimana sekitar dari 2 juta orang yang bergabung untuk menjadi ojek online. Sementara lebih dari 5 juta orang telah bergabung dengan Tokopedia untuk memasarkan produknya. 

2. Membantu UMKM

e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia memiliki peranan penting sebagai jembatan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya. Melalui situs e-commerece, para konsumen bisa membeli produk UMKM dengan mudah. 

3. Investasi Bernilai Tinggi

Tokopedia yang telah mendapatkan suntikan dana segar sebesar 1,1 miliar dollar AS atau yang setara dengan Rp 16 triliun pada Desember 2018 lalu, yang berasal dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. Go-Jek pun mendapat gelontoran dana yang tak kalah besar dari Google, JD, Tencent, Mitsubishi Corporation, dan Provident Capital, dimana total nilai investasi yang diterima oleh Go-Jek sebesar 920 juta dollar AS (Rp 13 triliun). 

Sedangkan Traveloka yang mendapatkan 500 juta dollar AS dari empat kali putaran pendanaan sejak 12 November 2012 silam lalu. Sedangkan pada putaran pendanaan terakhir yang dilakukan oleh Traveloka, yaitu terjadi pada tanggal 27 Juli 2017 dengan investor Expedia mencapai 350 juta dollar AS. 

4. Ekspansi Ke Negara Tetangga

Perusahaan  Go-Jek telah melakukan ekspansi ke beberapa Negara tetangga seperti Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filiphina. Hal yang sama juga dilakukan oleh Traveloka yang beroperasi di Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. 

Bagi kalian yang ingin mengembangkan usaha kalian dan tidak ada modal, jangan khawatir, karena di Indonesia ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang seed funding, yaitu perusahaan yang memberikan modal awal kepada perusahaan-perusahaan yang baru merintis