5+ Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Python

Belajar Python rasa-rasanya makin jadi keharusan belakangan ini. Bikin FOMO kalau enggak ikut nyoba. 

Python yang usianya sudah lebih dari 30 tahun ini telah mengalami transformasi begitu luar biasa. Bahasa yang dulunya cuma dimainin oleh para nerd, sekarang telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia menurut GitHub dan Stack Overflow.

Banyak hal bisa dieksekusi ketika kamu menguasai Python. Apalagi kalau berkecimpung di dunia data science.

kursus data science

Artikel ini akan memberimu 5+ alasan kenapa belajar Python itu wajib.

5+ Alasan kenapa kamu harus belajar python

Yuk langsung aja simak poin-poinnya!

Sintaks sederhana

Sintaks Python mirip dengan bahasa Inggris. Bahasa pemrograman ini relatif mudah dipelajari, bahkan untuk seseorang yang baru mengenal coding.

Cara penulisan kode Python pun jelas dan mudah dibaca. Apalagi dengan pemahaman dasar yang menyeluruh, kamu nantinya bisa benar-benar melakukan eksplorasi menggunakan bahasa pemrograman ini.

Lebih okenya lagi, buat siapa pun yang telah menguasai bahasa pemrograman lain sebelumnya, mereka akan bisa beradaptasi dengan Python relatif cepat.

Mari bandingkan:

Kamu ingin menampilkan kalimat “Selamat datang!”. Sederhana banget kan?

Kalau menggunakan Java, kamu harus menulis kode berikut:

public static void main(String[] args) {

System.out.println(“Selamat datang!”);

}

Padahal, kalau di Python kamu tinggal menuliskan:

print (“Selamat datang!”)

Hemat berapa baris, tuh?

Mengotomatisasi banyak hal

Salah satu alasan mengapa Python seolah-olah “bangkit dari kubur” adalah karena munculnya bidang baru seperti data science dan machine learning.

Dengan Python, berbagai hal yang sebelumnya tampak susah dilakukan—seperti memilah big data—jadi lebih mudah tereksekusi.

Coba baca buku Automate the Boring Stuff with Python karya Al Sweigart buat mengulik poin ini lebih jauh.

Komunitas Python

Komunitasnya yang besar adalah alasan lain mengapa kamu harus menggunakan Python.

Python bersifat open source, yang berarti secara teoritis kamu dapat mengakses apa pun yang terkait dengan bahasa tersebut.

Adanya basis pengguna yang besar dan aktif menandakan bahwa kamu bisa menemukan beragam forum yang sesuai untuk hampir semua pertanyaan yang muncul di kepala—dan pasti ada orang yang dapat membantmu.

Perpustakaan Python

Susah cari materi belajar tidak jadi kasus di Python.

Python memiliki perpustakaan standar yang komprehensif dan masih ditambah banyak perpustakaan lainnya yang disediakan oleh para voluntir.

Karena basis pengguna yang besar dan usia bahasa pemrograman yang memang sudah tergolong tua, ada banyak sumber modul yang bisa kamu akses semudah menjentikkan jari.

Kamu tinggal memilih saja mana yang paling cocok dengan kebutuhan/minat. Misalnya, NumPy untuk data science, Astropy untuk penelitian luar angkasa, Tensorflow untuk machine learning, maupun PyGame untuk pengembangan game.

Bahkan dalam pengembangan web, bahasa Python pun memainkan peran penting di sini. Ya, meskipun kompatibilitasnya masih lumayan tersendat-sendat dengan penyesuaian perangkat seluler. Situs sebesar YouTube, Instagram, bahkan Reddit memiliki Python sebagai bagian penting di dalamnya.

Gajinya menggiurkan

Dengan Python, kamu dapat membuat kode sederhana menjadi aplikasi yang kompleks.

Bahkan, di banyak kasus, semuanya bisa dikerjakan dengan relatif cepat, aman, dan seringkali memiliki barus kode yang jauh lebih ringkas dibanding bahasa pemrograman lain.

Karena kerjanya yang lebih efisien, tak heran developer Python adalah salah satu pengembang dengan gaji tertinggi. Belum lagi kalau sudah masuk ke penggunaannya dalam data science, machine learning, dan pengembangan web.

Di Indonesia, para developers ini bisa meraup bayaran perbulan di angka dua digit.

Machine learning semakin diincar

Popularitas machine learning telah membubung tinggi dalam satu dekade ini dan dipastikan akan terus terbang.

Satu hal yang pasti, Python adalah bahasa pemrograman yang berperan besar di sini. Kamu bisa melakukan eksplorasi Artificial Intelligent tanpa batas!

Semakin banyak industri yang butuh data scientist

Salah satu alasan terpenting mengapa kamu harus belajar Python adalah karena data science makin tak terelakkan.

Data scientist sangat dibutuhkan di berbagai industri padahal jumlahnya masih sedikit. Dengan kondisi itu, otomatis mereka pun digaji di atas rata-rata untuk bekerja di bidang masih terus berkembang.

Data science akan berurusan dengan isualisasi data, pemodelan prediktif, keterampilan pemrograman. Kalau kamu tertarik dengan bidang ini, tak ada kata terlambat buat belajar.

Kamu tidak harus menempuh pendidikan formal untuk memperoleh gelar Statistika maupun Ilmu Komputer. Mengapa?Sebab sudah banyak kursus dan bootcamp berkualitas dan bersertifikasi di mana kamu bisa belajar Python di sana dalam waktu relatif singkat. Salah satunya adalah Kelas Data Science milik Bitlabs yang tersedia secara online. Menarik bukan?