Analisis Usaha Briket Serta Manfaat Briket

analisis usaha briket



Analisis usaha briket. Batok atau tempurung kelapa kerap kali dibuang begitu saja di pasar-pasar tradisional. Padahal, tempurung kelapa bisa sebagai bahan baku mentah untuk diolah menjadi arang.

usaha briket arang batok kelapa adalah sebuah ide yang dapat dikatakan sederhana dan mudah dilakukan.

Modal yang diperlukan tidak untuk analisis usaha briket arang batok kelapa terlalu besar, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk segera dapat memulai usaha briket arang batok kelapa ini.

Yang perlu anda persiapkan dari awal adalah tekad kuat anda dan mental yang keras. Seorang pengusaha harus memiliki mental yang keras supaya dapat tahan banting.

Analisis Usaha Briket

Konsumen

Target pasar yang bisa Anda bidik dalam menjalankan bisnis briket arang tempurung kelapa adalah kalangan masyarakat menengah kebawah khususnya yang berdomisili di daerah-daerah terpencil. Selain itu, Anda juga bisa membidik para pelaku bisnis kuliner yang belakangan ini mulai memanfaatkan bahan bakar alternatif berupa briket arang untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap bahan bakar minyak tanah dan gas elpiji yang harganya semakin hari kian melambung tinggi.

Info Bisnis

Pada dasarnya biobriket atau yang lebih dikenal dengan sebutan briket arang ini merupakan salah satu bahan bakar nabati yang berwujud padat dan berasal dari sisa-sisa bahan organik yang mengalami proses pemampatan dengan daya tekan tertentu. Biasanya bioenergi ini dihasilkan dari limbah agroindustri, seperti misalnya dari tempurung kelapa, tempurung kelapa sawit, serbuk gergaji, atau bungkil sisa pengepresan biji-bijian.

Keuntungan Bisnis

Dalam analisis usaha briket Dari sisi bahan baku, ketersediaan tempurung kelapa sangatlah banyak di Indonesia. Bahkan di berbagai pelosok daerah, limbah tempurung kelapa bisa ditemukan dengan cukup mudah. Disamping itu, pembuatan briket arang juga tidak terlalu susah, sehingga hampir setiap orang bisa membuatnya dengan teknologi yang cukup sederhana. Hal inilah yang menjadikan harga jual briket arang relatif cukup murah di pasaran, sehingga tidak menutup kemungkinan bila seluruh lapisan masyarakat  kini bisa menjangkaunya untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar mereka sehari-hari.

Kekurangan bisnis

Sampai hari ini permintaan pasar nasional masih sangat kurang, yakni sekitar 20% untuk permintaan lokal dan sisanya (80%) didominasi oleh permintaan pasar ekspor. Kurangnya sosialisasi dan promosi di pasar lokal, menjadikan briket arang tempurung kelapa ini kurang dikenal masyarakat luas, sehingga tidak heran bila bahan bakar briket arang lebih banyak dikonsumsi masyarakat terpencil yang daerahnya belum mendapatkan pasokan BBM maupun gas elpiji secara rutin.

Strategi Pemasaran

Selama ini sebagian besar pelaku usaha briket arang tempurung kelapa lebih membidik pasar ekspor untuk memasarkan produk-produknya. Strategi pemasaran ini dipilih pelaku usaha karena tingkat permintaan pasar luar negeri yang cenderung cukup tinggi setiap tahunnya, yaitu mencapai angka 80%. Beberapa negara tujuan ekspor briket tempurung kelapa yang cukup potensial antara lain negara-negara di kawasan Timur Tengah, Jepang, Australia, Korea, dan lain sebagainya. Yang perlu diperhatikan pelaku usaha untuk memenuhi permintaan pasar ekspor adalah menjaga kualitas produk yang ditawarkan. Salah satunya seperti memastikan bahan baku briket tempurung kelapa benar-benar terbebas dari serabut kulit kelapa, agar kualitas api yang dihasilkan bisa sempurna.

Disamping memenuhi permintaan pasar ekspor, Anda juga bisa membuka sistem keagenan untuk mengoptimalkan pemasaran lokal. Strategi ini terbilang cukup efektif untuk memperluas jangkauan pemasaran lokal dan nasional, serta memperkenalkan produk bahan bakar alternatif kepada seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat pedesaan yang kesulitan mendapatkan pasokan BBM maupun kalangan masyarakat menengah keatas di wilayah perkotaan.

Kunci sukses

Dalam menjalankan bisnis energi alternatif seperti briket arang tempurung kelapa, yang terpenting adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan agar konsumen semakin loyal dengan bahan bakar alternatif yang ditawarkan. Selain itu, kembangkan pula pengetahuan dan kemampuan Anda di bidang energi terbarukan, untuk mengoptimalkan produktivitas bisnis yang dijalankan sehingga bisa terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan para konsumen.

Pembuatan Briket Arang Tempurung Kelapa

Peralatan :
Alat yang digunakan dalam pembuatan arang dan briket adalah unit ketel pembakaran (drum), penggiling, ayakan, mesin cetak briket, dan timbangan.

Bahan-bahan :

  • Tempurung kelapa
  • tanah liat atau tepung kanji
  • air.

Proses pembuatan :

  1. Pengarangan. Tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
  2. Penghancuran. Proses penghancuran bisa menggunakan Mesin briket arang segala bahan ataupun dihancurkan secara manual.
  3. Pengayakan. Setelah hancur, pengayakan dimaksudkan untuk menghasilkan arang tempurung kelapa yang ukurannya lebih lembut dan halus. Arang tempurung kelapa diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh.
  4. Pencampuran media. Arang tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur tanah liat/tepung kanji (tapioka) dan air dengan perbandingan 10 : 1 : 4.
  5. Pencetakan Briket Arang. Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya bahan yangg telah halus dimasukkan ke dalam mesin cetakan briket dan dikempa.
  6. Pengeringa. Keringkan dengan oven pada suhu 650C selama 2 jam (sampai kadar air 7,01%-7,64%), atau menggunakan bantuan sinar matahari. Briket arang pun siap dikemas dan dipasarkan.

Manfaat Briket Arang

Sebagai Obat Anti-bisa

Manfaat arang batok kelapa yang telah melewati proses pemanasan menggunakan gas sangat efektif dipakai sebagai penawar bisa.

Bisa hewan lauaknya ular, laba-laba atau lebah dapat ditangani dengan memakai arang batok kelapa baik yang telah berbentuk karbon aktif, walaupun dapat juga dengan memakai arang yang masih berbentuk arang biasa.

Sebagai Anti Racun

Arang batok kelapa adalah penyerap racun yang sangat efektif. Racun di dalam tubuh yang kalian dapat dari makanan bdapat diserap dengan efektif dengan mengonsumsi arang.

Akan Tetapi jauh lebih baik jika kalian menggunakan arang yang telah menjadi karbon aktif. sebab selain jauh lebih efektif, karbon aktif jauh sekali lebih aman sebab sudah melewati proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman bagi tubuh kalian.

Untuk Menurunkan Kolesterol

Tidak semua kolesterol wajib dihilangkan dari tubuh kalian lho. Apalagi jika kolesterol itu merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat serta kolesterol baik begitu diperlukan oleh tubuh kamu.

Tetapi harus dalam kadar normal serta tidak melebihi ambang batas normal. Untuk Mencegah kolesterol tinggi itu, karbon aktif dapat menjadi solusi yang efektif untuk meminimalisir kadar kolesterol yang tinggi itu.

Membersihkan Sistem Pencernaan

Ingin pencernaan bersih serta lancar? Manfaat arang batok kelapa dapat membantu kalian membersihkan usus serta melancarkan sistem pencernaan.

Arang batok kelapa dapat digunakan dengan cara dikonsumsi memiliki tujuan untuk detoksifikasi ataupun untuk mengeluarkan kotoran serta toksin yang terdapat d organ-organ pencernaan kalian.

Sebagai Obat Inflamasi

Selain untuk menetralkan racun di dalam tubuh, arang batok kelapa bisa bermanfaat untuk meredakan peradangan. yang disebabkan oleh racun, bakteri serta virus ataupun penyebab lain oleh inflamasi dapat diserap secara baik berkat karbon aktif yang terdapat di dari arang batok kelapa.