Ketahui, 7 Bahaya Sampah Bagi Lingkungan

Apakah kalian mengetahui bahaya sampah bagi lingkungan kita ? Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan kita saat ini bergantung pada keberadaan sampah, terutama sampah pllastik. Plastik memang membuat hidup kita lebih mudah dari berbagai aspek. Namun, kemudahan dan kemudahan yang ditawarkan plastik juga menghadirkan ancaman bagi kehidupan.

Banyaknya orang yang menggunakan plastik menyebabkan sampah plastik menumpuk. Dilansir dari laman National Geographic, polusi plastik merupakan salah satu masalah lingkungan yang menarik banyak perhatian. Hal ini tidak lepas dari produksi produk plastik sekali pakai yang meningkat pesat, namun tidak diimbangi dengan kemampuan penanganan limbahnya.

Bahaya Sampah Bagi Lingkungan

Polusi plastik paling terlihat di negara berkembang di Asia dan Afrika, di mana sistem pengumpulan limbah seringkali tidak efisien. Sementara itu, negara maju, terutama yang tingkat daur ulangnya rendah, juga kesulitan menangani plastik bekas dengan baik.

Pencemaran plastik ini dapat berdampak negatif terhadap lingkungan alam dan menimbulkan masalah bagi tumbuhan, satwa liar bahkan manusia. Plastik adalah bahan yang sangat berguna, tetapi juga terbuat dari senyawa beracun yang diketahui dapat menyebabkan penyakit, dan karena dimaksudkan agar tahan lama dan tahan lama, tidak dapat terurai secara hayati.

Berikut kami uraikan beberapa bahaya sampah yang dapat berdampak pada kesehatan dan lingkungan.

Baca Juga : Daur Ulang Botol Plastik Dan Cara Pembuatannya

1. Memutus Rantai Makanan

Bahaya dari pencemaran plastik adalah dapat mengganggu rantai makanan. Karena ukurannya yang besar dan kecil, plastik yang mencemari bahkan dapat mempengaruhi organisme di dunia, seperti plankton.

Ketika organisme diracuni oleh plastik, itu menyebabkan masalah bagi hewan yang lebih besar yang mengkonsumsi organisme kecil ini.

Ini dapat menyebabkan banyak masalah, karena dapat memengaruhi seluruh rantai makanan. Dan akhirnya, bisa berakhir di perut manusia sebagai predator puncak.

2. Pencemaran Air Tanah

Bahaya ketiga dari pencemaran plastik adalah dapat menyebabkan pencemaran udara di darat. Konservasi air menjadi perhatian di beberapa tempat dari California hingga beberapa bagian India, tetapi air dunia berada dalam bahaya besar karena dampak plastik dan kebocoran limbah.

Jika Anda pernah melihat TPA, bayangkan apa yang terjadi setiap kali hujan, kemudian bayangkan di air minum. Air tanah dan waduk merupakan salah satu sumber udara yang rentan terhadap kebocoran racun lingkungan.

Sebagian besar sampah dan polusi yang memengaruhi lautan dunia juga berasal dari plastik. Hal ini berdampak buruk pada banyak spesies laut, yang dapat berdampak pada mereka yang memakan ikan dan kehidupan laut untuk mendapatkan nutrisi, termasuk manusia.

3. Pencemaran Tanah

Bahaya keempat dari pencemaran plastik adalah dapat menyebabkan pencemaran tanah. Saat dibuang ke tempat pembuangan sampah, plastik dapat terbawa udara dan membentuk bahan kimia berbahaya.

Jika bahan kimia meresap di bawah tanah, dapat menurunkan kualitas udara. Angin membawa dan mengendapkan plastik dari satu tempat ke tempat lain, meningkatkan sampah tanah.

4. Polusi Udara

Bahaya kelima pencemaran plastik dapat menyebabkan pencemaran udara. Membakar plastik di udara terbuka menyebabkan pencemaran lingkungan akibat pelepasan bahan kimia beracun.

Udara yang tercemar jika dihirup oleh manusia dan hewan akan mempengaruhi kesehatannya dan dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

5. Polusi bagi hewan dan mikroorganisme

Potongan sampah plastik bertekstur keras dapat melukai hewan kecil. Sebagai naluri hidup, plastik juga bisa dimakan. Bayangkan jika limbah sampah tidak bisa terurai di saluran pencernaan hewan, akan sangat berbahaya.

Tak hanya itu, bahan kimia dari plastik yang terurai menjadi mikroplastik juga menjadi bahan beracun yang dapat merugikan mikroorganisme.

Bahaya pencemaran plastik berikutnya adalah risiko pembunuhan hewan. Sampah plastik dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko melukai atau membunuh makhluk hidup.

Salah satunya adalah pencemaran plastik yang terjadi di laut yang dapat mematikan ikan atau makhluk lain yang secara sengaja atau tidak sengaja mengkonsumsinya. Kita juga pernah menyaksikan bagaimana sampah plastik ini membuat beberapa hewan terjebak dan bermasalah.

6. Limbah Beracun

Bahaya terakhir dari pencemaran plastik adalah racun di dalamnya. Manusia membuat plastik secara artifisial dengan menggunakan sejumlah bahan kimia beracun.

Oleh karena itu, penggunaan dan paparan plastik telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan yang mempengaruhi orang di seluruh dunia. Proses pembuatan, penyimpanan, pembuangan, dan keberadaan plastik bisa sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

7. Berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan

Pencemaran udara, air dan tanah tentunya dapat berdampak pada kesehatan manusia. Sahabat juga perlu paham bahwa kandungan kimiawi yang mencemari hewan laut bisa berbahaya bagi manusia.

Hal tersebut bisa terjadi karena ikan yang terkontaminasi bahan kimia juga mengandung bahan beracun jika dikonsumsi oleh manusia.

Demikian informasi mengenai bahaya sampah bagi lingkungan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Untuk informasi dan tips terupdate lainnya dapat anda kunjungi disini leifgarrettfans.com