Bahaya Tungau Bagi Kesehatan Kulit dan Cara Mengobatinya

cara mengobati gigitan tungau

Tungau punya skill bersembunyi yang hebat. Kamu bahkan kadang tidak akan menyadari bahwa di balik sela-sela kasur dan sofamu telah dijadikan tempat tinggalnya. Nanti kalau kamu biarkan mereka tinggal lebih lama, kamu bakal menemukan dirimu tersiksa, garuk-garuk kulit, dan tak betah berlama-lama rebahan.

baca juga: jasa pembersih kamar mandi jakarta selatan

Dikutip dari Alodokter.com, tungau dapat menyebabkan iritasi pada kulit hingga membuat kulitmu jadi kering. Karena serangga kecil ini jenisnya tidak cuma satu dua, cara mengobati gigitan tungau pun berbeda-beda. Namun, secara umum, jenis tungau yang biasa ditemui di rumah-rumah ada dua. 

Berikut ini adalah mereka dan cara menyembuhkan reaksi yang ditimbulkannya:

Tungau skabies

Ini adalah jenis yang paling merugikan jika sudah menggigit. Gigitannya bakal masuk jauh ke bawah permukaan terluar kulitmu, lalu menimbulkan skabies atau lebih dikenal sebagai kudis atau jamur yang secara perlahan menggerogoti jaringan sel kulitmu.

baca juga: sedot tungau jakarta

Gejala yang bisa ditimbulkan tungau jenis ini adalah gatal di bagian lipatan-lipatan kulit dan akan memburuk di malam hari sehingga tidurmu terganggu, timbul ruam-ruam disertai lepuhan berisi bulir cairan, dan kulitmu menjadi kemerahan bersisik.

Cara mengobati gigitan tungau skabies, seperti dilansir dari laman Alodokter.com, kamu dapat memberikan olesan salep anti tungau yang mengandung permethrin, krim crotamiton, dan losion lindane pada kulitmu yang bergejala. Jika efek gatalnya sudah terlalu parah, sebaiknya kamu mengonsumsi obat antihistamin untuk meredakannya. Kamu dapat memperolehnya di apotek dengan resep dokter.

Tungau debu

Tungau jenis inilah yang mungkin ada di rumahmu. Orang-orang bahkan banyak menyebut tungau ini sebagai tungau rumahan. Ia dapat berkembang dengan cepat tanpa mengenal musim, suhu, dan lingkungan tanpa mengenal tempat, tak peduli itu kasur, sofa, karpet, dan bahkan tirai.

Jika kamu memencetnya hingga mati di tanganmu, ia masih dapat menimbulkan reaksi alergi. Dalam jumlah banyak, ia mampu membikin seseorang yang sering bersentuhan dengannya mengalami sesak napas, batuk, nyeri dada, dan mengi.

Cara mengobati gigitan tungau debu, seperti dilansir dari Alodokter.com, adalah dengan menggunakan obat antihistamin, kortikosteroid, antagonis, dan dekongestan.

Demikianlah bahaya kedua jenis tungau yang umum ditemui di rumah-rumah.