Bisnis Air Kelapa Muda, Bagaimana Usahanya? Yuk Simak

Bisnis air kelapa muda

Bisnis air kelapa muda. Buah kelapa bisa mendatangkan uang dari isinya menjadi sabut kelapa. Karena itulah cuan bisnis kelapa sangat menyegarkan. Hampir tidak ada kelapa yang terbuang. Kelapa muda tentu sangat nikmat jika dikonsumsi pada siang hari saat panas menerpa.

Tempurung kelapa dapat digunakan untuk kerajinan. Sabut kelapa juga bisa dibuat dari sabut atau arang. Kelapa tua bisa dijadikan santan, bahkan bisa diolah menjadi minyak kelapa. Mulai dari kelapa muda hingga kelapa tua bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Bisnis kelapa bisa menjadi startup yang layak untuk dicoba. Anda bisa memulainya dengan bisnis kelapa muda. Siapa yang tidak menyukai akan kesegaran air kelapa muda?

Enaknya makan tanpa gula. Ditambah es batu, air jeruk nipis, pemanis gula aren, atau sirup, membuat es kelapa muda semakin nikmat untuk dikonsumsi. Kelapa muda juga kerap dimanfaatkan menjadi campuran es teler maupun es campur.

Bisa dibayangkan kesegaran rasa dan biayanya jika dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Menjual kelapa muda cenderung mudah. Anda hanya perlu mencari supplier kelapa muda yang berkualitas.

Pastikan kelapa muda memiliki banyak air dan dagingnya kental. Kelapa muda yang baik tentu akan membuat bisnis kelapa Anda meroket. Bisnis kelapa muda memiliki potensi yang besar jika dikembangkan di negara tropis seperti Indonesia.

Apalagi Indonesia merupakan negara penghasil kelapa. Kaldu kelapa muda yang melimpah. Jadi, mendapatkan bahan baku tidak sulit. Proses penyajian kelapa muda tidak sulit. Anda hanya perlu belajar mengupas kelapa.

Air kelapa diambil dan daging kelapa dikerok. Es kelapa muda segar bisa langsung disajikan. Dapat disajikan langsung di atas tempurung kelapa atau dipindahkan ke gelas. Anda juga bisa berinovasi membuat bisnis kelapa muda.

Apalagi sekarang kebanyakan penjualannya dilakukan secara online, jadi kemasan dan rasanya juga harus beda dari yang lain. Dikutip dari Flavorman, langkah awal memulai bisnis minuman adalah mengetahui jenis minuman apa yang akan dijual.

Pekerjaan besar yang harus dilakukan adalah mengembangkan usaha, memperkenalkan produk, dan membuat konsumen menjadi ketagihan dengan produk es kelapa muda Anda. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari bahan baku, formulasi, distribusi, pemasaran, dan lain-lain.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis kelapa muda, berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan!

1. Bekerja Sama dengan Teman

Bisnis air kelapa muda, Langkah awal yang bisa dilakukan adalah bertemu dengan teman atau orang yang sudah berpengalaman menjalankan bisnis minuman.

Anda bisa mendiskusikan ide bisnis kelapa muda untuk mendapatkan masukan. Anda juga bisa bekerja sama dengan supplier kelapa muda berkualitas. Jika Anda sudah mendapatkan bahan baku berkualitas, cobalah beberapa resep es kelapa muda yang berbeda dari yang lain.

Cari beberapa resep kelapa muda di internet dan cobalah bersama teman dan keluarga. Jangan hanya puas mencoba. Coba beberapa kali sampai Anda mendapatkan rasa yang tepat. Mengapa harus inovasi resep?

Kelapa muda kerap dijual ala kadarnya pada area pasaran. Anda harus memiliki inovasi yang membuat bisnis kelapa muda berbeda.

Baca juga : Bisnis Air Kelapa Tua dan Pemanfaatan Limbahnya

2. Memperkenalkan Produk

Setelah mendapatkan resep yang tepat, kini saatnya memperkenalkan produk es kelapa muda kepada calon konsumen. Pengenalan produk bisa dimulai dari lingkaran terdekat. Misalnya, teman dekat, saudara, dan tetangga.

Jangan lupa untuk meminta testimonial dan feedback dari pelanggan pertama Anda. Masukan mereka sangat berarti untuk mengembangkan usaha kelapa muda.

Jika pelanggan puas, mereka akan memesan ulang atau memberi tahu orang lain tentang produk Anda. Jadi, ada calon pelanggan baru yang bisa Anda dapatkan. Sangat menyenangkan!

3. Bahan Baku Terbaik

Bisnis air kelapa muda, Jangan lupa untuk menyediakan bahan baku terbaik untuk produk minuman Anda. Selain kelapa muda dengan kualitas terbaik, siapkan juga pelengkap yang membuat kelapa muda semakin enak untuk disantap.

Memperhatikan kalau bahan dasar yang ada bisa dimanfaatkan sebagai produk yang berkembang. Artinya, bahan pelengkap tidak musiman atau sulit ditemukan.

Komposisi bahannya juga harus pas dan sama di setiap produk. Misalnya, satu porsi es kelapa muda, ditambah 10 ml gula pasir, satu sendok makan kemangi, jumlah air dan es batu juga harus sama dalam setiap porsi. Kecuali ada permintaan khusus dari pelanggan.