Cara Jitu Jualan Online di Shopee Cocok Bagi Pemula

cara jitu jualan online di shopee

Cara Jitu Jualan Online di Shopee – Dalam suatu era modern yang maju ini kebutuhan sehari – hari manusia semakin tinggi. Ini disebabkan sifat manusia yang semakin hari lebih konsumtif lagi.

Dalam era yang modern ini, berbelanja secara online sudah sangat mempermudah banyak orang karna sekarang orang – orang memiliki mobilitas sosial yang lebih tinggi.

Berbelanja melalui aplikasi – aplikasi jual beli online ini sudah cukup lama menjadi kebiasaan yang baru bagi banyak orang di Indonesia. Hal ini menyebabkan sebuah aplikasi bernama Shopee menjadi salah satu aplikasi mobile marketplace online paling ramai digunakan di Indonesia.

Semakin ramainya kegiatan jual beli yang terjadi pada aplikasi Shopee menyebabkan jumlah penjual juga akan bertambah lebih banyak. Merintis bisnis jualan online dengan media aplikasi Shopee merupakan suatu pilihan yang sangatlah bijak di era ini.

Kalau kamu memang minat untuk mulai bisnis jualan online di Shopee, kamu harus mengetahui cara jitu jualan online di Shopee, simak selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Jitu Jualan Online di Shopee Cocok Bagi Pemula

cara jitu jualan online di Shopee

Pilihan yang bijak untuk kamu menggunakan aplikasi Shopee sebagai media memulai bisnis jual beli online. Namun, penjualan di toko Shopee kamu tidak dapat langsung meningkat hanya dengan kamu membuka toko dan mengunggah produk tanpa melakukan langkah – langkah selanjutnya.

Ada banyak macam – macam cara jitu jualan online di Shopee. Kami akan tampilkan beberapa tips sukses jualan online shop di Shopee, selengkapnya berikut di bawah ini.

a. Cara Jitu Jualan Online di Shopee yang Pertama, Gunakanlah Fitur Gratis Ongkir

cara jitu jualan online di shopee

Sudah paten bahwa pengguna aplikasi Shopee di Indonesia pastinya sangat menyukai diskon atau potongan harga. Salah satu potongan harga yang sangat banyak disukai adalah potongan biaya ongkos kirim yang akan didapatkan oleh pembeli ketika membeli produk dari toko kamu.

Shopee sudah berbaik hati mau menyediakan beberapa fasilitas free ongkos kirim dengan jumlah belanja minimum yang beragam dari Rp 0 sampai pada Rp 200.000,-. Dafarkan toko Shopee kamu ke dalam fitur promo gratis ongkir ini melalui aplikasi Shopee.

Masuk ke aplikasi, masuk dalam halaman gratis ongkir, ikuti langkah – langkah regristrasi sesuai dengan instruksi yang telah tertera. Kamu hanya perlu berfoto selfie dengan memegang Kartu Tanda Penduduk kamu sebagai persyaratan pengajuan aktivasi fitur gratis ongkir Shopee.

Proses pendaftaran fitur gratis ongkos kirim Shopee ini biasanya akan berproses paling tidak selama 2 hari kerja setelah pengiriman dokumen syarat secara lengkap.

Saat promo telah berhasil diaktifkan, maka pembeli yang memesan produk dari toko kamu nanti akan dibebaskan dari biaya ongkir sehingga menajadi gratis ongkir.

b. Cara Jitu Jualan Online di Shopee yang Selanjutnya, Perbanyaklah Varian dan Jenis Produk

cara jitu jualan online di shopee

Saat pembeli tengah melihat – lihat produk, dapat memilih salah satu dari berbagai jenis varian produk mereka merasa senang karna dapat menambah pengalaman belanja yang lebih menyenangkan.

Maka dari itu perbanyaklah jenis produk kurang lebih 10 jenis atau varian produk yang ada pada tampilan toko kamu.

Hal ini sebaiknya kamu lakukan supaya konsumen nanti bisa dengan bebas memilih produk yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Caranya sangatlah mudah juga, jenis dan varian produk bisa kamu tambahkan bersamaan proses unggah produk.

Kalau nanti ada banyak produk yang kamu jual dalam toko kamu, maka kesempatan mendapatkan lebih banyak konsumen juga akan meningkat lebih.

c. Gunakanlah Beberapa Foto dan Video Produk Guna Menarik Lebih Banyak Konsumen

Foto atau juga video produk dalam sebuah sistem jual beli online pastinya akan menjadi identitas visual yang paling utama untuk diperliatkan pada konsumen.

Pastikanlah dengan benar kamu gunakan foto atau video produk dengan kulitas resolusi terbaik. Potret dan rekam produk kamu layaknya seorang profesional photo & videografer, bukan secara materi namun secara teknis.

Perhatikanlah bagian – bagian teknis penting dalam photography seperti pencahayaan, kontras, shutter speed, apurtur, background, komposisi, proporsi, dan juga angle pemotretan. Resolusi suatu foto dan video produk akan menjadi nilai plus di hati pembeli dan meningkatkan minat beli mereka.

Untuk mempermudahkan konsumen ketika sedang mengamati produk yang kamu jual, unggahlah beberapa foto produk dari berbagai angle potret yang berbeda. Hal ini sebaiknya wajibkamu lakukan guna bisa menampilkan produk yang kamu jual secara menyeluruh walaupun melalui foto. 

d. Gunakanlah Fitur Promo Gratis Bernama Naikkan Produk dalam Aplikasi

Supaya dapat meraih lebihh banyak exposure produk dari para pembeli, kegiatan promosi sangatlah penting untuk kamu lakukan. Shopee secara dermwwan memberikan fitur promosi yang manjur secara gratis, fitur ini bernama Naikkan Produk.

Setiap 4 jam sekali, pihak Shopee akan memberikan kesempatan bagi para penjual supaya produk mereka bisa ‘naik ‘secara gratis sekaligus hingga 5 produk dengan adanya fitur naikkan produk Shopee ini. Sehingga, produk yang dipasangi fitur Naikkan Produk akan me-naik pada halaman utama konsumen.

Janganlah lupa untuk mengaktifkan fitur promo ini secara rutin sebab akan memiliki banyak benefit bagi produk dan toko kamu, dan yang terpenting fitur ini tersedia gratis, jadi jangan kamu lewatkan kesempatan untuk menaikkan produk sekali pun.

e. Cara Jitu Jualan Online di Shopee yang Penting, Pasanglah Lebih Banyak Promo

Siapa hayoo yang suka sama diskon atau potongan harga? Semua orang pasti jelas suka, kan gak ada ruginya malahan dapat untung banyak. Manjakan konsumen dengan memberikan mereka banyak diskon atau potongan harga.

Kamu juga bisa mengadakan potongan harga dengan membuat voucher potongan harga caranya masuk Saya > Toko Saya > Promosi Saya > Voucher.

Tidak hanya dengan mengadakan voucher potongan harga, kamu juga bisa mendaftarkan produk dan toko kamu pada suatu event khusus yang diadakan oleh Shopee seperti event flash sale. Para pembeli sangat menyukai event flash sale ini dikarenakan potongan harganya biasanya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan potongan harga pada diskon biasa.

f. Pasanglah Harga Produk di Toko Kamu yang Lebih Bersaing Lagi

Ngomongin soal harga sebuah produk, hal ini merupakan salah satu pemikiran yang paling krusial untuk pembeli sebelum membeli suatu barang. Para pembeli pasti akan mencari barang yang paling murah dan memiliki kualitas semaksimal mungkin.

Tapi kamu tidak harus memasang harga produk yang paling murah, namun pasanglah harga yang lebih bersaing lagi. Harga produk yang terlampau murah nantinya akan membuat pelanggan ragu akan kualitas produk toko kamu.

Tapi kalau kemahalan juga akan membuat pelanggan mencari toko lain dengan harga yang lebih murah. Amati pasar produk kamu untuk melihat apakah harga yang kamu pasang sudah bisa bersaing dengan toko yang lain atau belum.

g. Layanilah Konsumenmu secara Friendly

Pepatah mengatakan pembeli adalah raja, melayani seorang pembeli dengan baik menjadi suatu faktor yang meningkatkan kenyamanan pengalaman berbelanja pembeli.

Layanilah konsumenmu secara friendly atau ramah, jawab semua pertanyaan yang ditanyakan oleh pembeli dengan ramahh dan informatif.

Reputasi rating toko kamu akan semakin meningkat apabila pelayanan konsumen kamu juga semakin friendly. Sebab pada kolom deskripsi toko kamu akan ditampilkan rating bintang toko kamu yang dihitung berdasarkan ulasan yang diberikan konsumen setelah membeli barang dari toko kamu.

Ada pula sebuah tampilan informasi presentase mengenai pelayanan chat penjual dalam toko Shopee kamu . Semakin friendly dan cepat pelayanan dalam toko kamu, maka akan semakin meningkat pula presentasenya.

h. Cara Jitu Jualan Online di Shopee yang Terakhir, Buatlah Rekapitulasi Penjualanmu Secara Rutin

Bisnis yang kamu jalankan merupakan bisnis yang dioperasikan secara online. Namun, salah satu cara jitu jualan online di Shopee bagi pemula yang penting adalah membuat rekapan hasil penjualan toko kamu setiap bulan.

Hal ini sebaiknya harus kamu terapkan supaya memudahkan kamu nantinya dalam menganalisa hasil penjualan toko kamu setiap bulannya. Dengan menganalisis ulasan konsumen dan hasil penjualan, kamu bisa menentukan langkah penanganan berikutnya.

Seperti dengan menambahkan, menghilangkan, mengembangkan dan melakukan inovasi pada produk atau toko yang kamu kelola.

Nah begitulah cara jitu jualan online di Shopee yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan tokomu, semoga mudah dipahami selamat mencoba!