cara membuat capcay goreng

Cara membuat capcay goreng

Cara membuat capcay goreng – Selain segar dan enak, capcay goreng juga bergizi dan sehat karena terdiri dari banyak sayuran seperti brokoli, sawi, kembang kol, kol, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada bahan pelengkap lainnya seperti bakso, ayam, atau udang.

Tak heran jika capcay goreng ini menjadi menu favorit di restoran maupun di rumah. Untuk menikmati capcay goreng yang gurih tidak perlu membelinya di restoran, karena membuat capcay sendiri di rumah cukup mudah. Selain hemat, membuat capcay goreng sendiri di rumah juga jauh lebih sehat, karena dijamin bersih.

Dengan porsi yang besar, menu yang satu ini bisa dinikmati sebagai santapan keluarga saat makan siang atau makan malam. Capcay goreng, salah satu makanan khas Peranakan Tionghoa, sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Cara membuat capcay goreng sederhana dan rasanya begitu homey. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk makan siang atau makan malam. Capcay terdiri dari beberapa jenis sayuran yang ditumis bersama. Ada yang bilang capcay artinya 10 sayuran, padahal capcay tidak harus dibuat dari 10 jenis sayuran. Mungkin jumlah sebanyak itu bisa membuat resep capcay goreng ala resto spesial.

Sementara itu, Anda bebas berkreasi dengan berbagai jenis sayuran, seperti wortel, jamur, kembang kol, dan sawi, berapa pun jumlahnya. Selain sayuran, capcay juga bisa diolah dengan topping daging mulai dari ayam, seafood, hingga daging olahan seperti bakso. Capcay banyak dijual di restoran Chinese food, bahkan di tenda-tenda di pinggir jalan. Nah, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Langkah-langkah membuat capcay relatif sederhana. Anda hanya perlu mempersiapkan pemotongan sayuran yang sedikit memakan waktu. Intinya, tidak butuh waktu lama kalau orang Indonesia bilang jaman sekarang. Soal bumbu capcay gorengnya juga sangat praktis, hanya menggunakan Kaldu Ayam Royco dan Kecap Manis Bango.

Mudah ditemukan di mana-mana, bukan? Semua ini yang membuat resep capcay goreng sederhana jadi enak! Yuk, simak cara memasak capcay goreng enak untuk keluarga di rumah! Ingin mencoba resep lain selain resep capcay? Ada nasi bakmoy atau semur peranakan khas Bogor. Selamat memasak!

Cara membuat capcay goreng

Bahan-bahan

  • 1bungkus kekkian ayam
  • 100g fillet daging ayam
  • 2ikat sawi caisim
  • 1lembar kembang kol
  • 2siung bawang putih
  • 2sdm Bango Kecap Manis
  • 1sdm Royco Kaldu Ayam
  • 1buah tomat
  • 1buah wortel
  • 1sdt merica putih bubuk
  • 2sdm minyak goreng
  • 1sdm saus tomat
  • ½gelas air
  • 1sdm bawang merah goreng

Cara membuat

1.Panaskan minyak, kemudian tumis bawang putih hingga harum.2.Masukkan fillet daging ayam, kemudian aduk hingga warnanya berubah.3.Tambahkan wortel, kol, tomat, dan sawi caisim.4.Masukkan Bango Kecap Manis, air, saus tomat, lada bubuk putih dan Royco Kaldu Ayam.5.Tambahkan sedikit air dan aduk sebentar hingga ayam empuk.6.Masukkan kekian ayam dan aduk lagi hingga matang.7. Taburkan bawang merah goreng dan sajikan.

Tips:

1. Agar sayuran tidak melorot dan tetap renyah saat dimakan, masak terlebih dahulu sayuran yang keras. Terakhir, tambahkan sayuran yang lebih lembut.
2. Brokoli dan kembang kol direbus sebentar hingga layu sebelum dimasukkan ke dalam tumisan agar lebih cepat empuk.
3. Isian cap cay bisa ditambah bakso sapi, bakso udang, sesuai selera.

DEmikian adalah cara membuat capcay goreng kita bisa menyimpan capcay goreng menggunakan vacum sealer. Selamat mencoba!