Cara Membuat Kripik Jamur Krispi yang Sederhana

cara membuat kripik jamur krispi

pada artikel kali ini saya akan memberikan resep atau cara membuat keripik jamur lagi yaitu dengan kata kunci cara membuat kripik jamur krispi. Nah, sebelum ke pembahasan caranya, kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu jamur, dan jamur mana yang aman untuk dikonsumsi.

Keripik Jamur

Kentang goreng adalah salah satu jenis makanan ringan yang paling populer setelah kacang. Berbagai jenis keripik menjadi pilihan yang tepat untuk acara santai atau pesta.

Budaya jajan adalah salah satu ciri pasar makanan Indonesia karena menciptakan permintaan yang konstan. Jajan dan menyajikan jajanan merupakan kebiasaan turun temurun.

Tengok saja industri yang memenuhi kebutuhan jajanan atau makanan kecil yang kebanyakan dijalankan oleh perusahaan besar. Keripik merupakan salah satu jenis makanan ringan yang memiliki ciri khas renyah, asin, tidak terlalu mengenyangkan.

Kentang goreng biasanya dikeringkan dalam penggorengan atau oven. Kentang goreng sangat praktis karena kering, sehingga lebih tahan lama dan mudah disajikan kapan saja.

Untuk menyajikan kentang goreng, tidak perlu dimasak ulang atau digoreng. Tinggal bongkar dan siap disantap. Keripik yang paling populer mungkin adalah keripik singkong, tetapi variasi keripik lainnya dapat berkembang.

Salah satunya adalah keripik jamur. Beberapa tahun lalu, saat maraknya pertumbuhan jamur kancing, berbagai keripik jamur bermunculan di beberapa kota besar yang rasanya renyah dan gurih.

Saat ini budidaya jamur tiram semakin marak dilakukan. Dengan tersedianya bahan baku, berpotensi untuk mengembangkan usaha keripik jamur tiram.

Keripik jamur tiram dibandingkan dengan jenis jamur lainnya mungkin memiliki keunggulan dalam ketersediaan bahan baku. Jamur tiram tersedia dalam jumlah banyak.

Keripik jamur tiram memiliki rasa yang tidak kalah dengan jamur lainnya, bahkan lebih mirip dengan rasa daging (meaty taste), sehingga keripik jamur ini lebih asin dan gurih.

Oleh karena itu, keripik ini tentunya bisa memiliki peran ganda, yakni sebagai camilan dan juga sebagai lauk. Fungsi ganda akan meningkatkan permintaan karena varians konsumsi juga besar.

Keripik jamur memiliki nilai kesehatan yang lebih dibandingkan bahan hewani lainnya, seperti paru-paru sapi, karena jamur memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan tidak menimbulkan efek kesehatan.

Tidak setinggi kolesterol seperti keripik paru-paru atau kulit ayam. Keripik jamur tiram lebih bervariasi bentuknya, bisa dibuat lebar dan panjang agar terlihat utuh dan bisa di mix and match dengan bumbu yang berbeda.

Jadi pilihannya sangat beragam sehingga pembeli bisa memilih yang terbaik dan tidak cepat bosan.

Resep atau cara membuat kripik jamur krispi

cara membuat kripik jamur krispi sebenarnya sangat mudah, berikut ini caranya

1. cara membuat kripik jamur krispi

Bahan-bahan

  • 200 gr jamur tiram

Bahan Celup

  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 40-50 ml air

Bahan Tepung

  • 100 gr tepung terigu
  • 20 gr tepung maizena
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk (saya homemade)
  • lada bubuk 1/2 sdt 

Langkah-langkah

  1. Siapkan bahan.
  2. Bersihkan jamur dengan dicuci lalu diperas lembut. Lalu tiriskan dan suwir2. Supaya kering bisa dilap dengan tissu/serbet bersih.
    Campur bahan celup, sisihkan.
    Campur bahan tepung, sisihkan.
  3. Masukkan jamur ke dalam adonan celup lalu masukkan/gulingkan ke adonan kering.
  4. Panaskan minyak, goreng jamur dengan api sedang sampai berwarna coklat keemasan. Tiriskan. 
  5. Sajikan jamur crispy dengan bumbu tabur atau cocolan saos.

Baca juga : ” Cara Membuat Keripik Jamur yang Lezat “

2. cara membuat kripik jamur krispi

Bahan-bahan

  • 1/2 kg jamur tiram
  • 1 bungkus ukuran 500 gram tepung bumbu Sasa serbaguna

Langkah-langkah

  1. Suwir jamur lalu rendam jamur dengan air garam, cuci bersih dan tiriskan
  2. Tuang tepung terigu serbaguna (Sasa), masukkan jamur ke tepung smp jamur terbalut tepung
  3. Panaskan minyak, goreng jamur dengan api cenderung kecil smp kering
  4. Lalu oven kurleb 15 menit spy awet renyah dan minyak berkurang

Nah itulah tadi resep yang dapat saya bagikan, selamat mencoba..