Cara Membuat Mie Kwetiau Kuah

Kwetiau disukai banyak orang. Mie yang berbentuk lebar dan pipih ini memang sangat lezat dan cocok disantap disaat makan malam. Selain kwetiau goreng, kwetiau kuah juga tidak kalah lezat, lho sobat. Jika sobat menacari cara membuat mie kwetiau kuah, artikel ini cocok untuk sobat.

Kuah kaldu dari kwetiau kuah yang gurih dapat membuat perut nyaman, apalagi jika dimakan saat masih hangat.

Kwetiau kuah yang satu ini cocok disantap saat malam hari disaat udara dingin mulai terasa. Apalagi jika disajikan sesaat setelah kwetiau kuah matang dengan taburan potongan cabe rawit, yang semakin membuatnya pedas menggigit dan nikmat serta menggugah selera.

Jika tidak menemukan kwetiau segar/basah, sobat juga bisa menggunakan kwetiau kering yang sudah direbus sebelumnya sampai benar-benar lunak. Untuk sayur, sobat juga bisa memadukan berbagai jenis sayur sesuai selera sobat sendiri.

Cara memasak mie kwetiau kuah sangat mudah, sehingga sobat yang pemula pun bisa memasaknya. Mie untuk kwetiau juga bisa dibuat dengan menggunakan cara manual dan juga dengan mesin pembuat mie. Namun, jika sobat ingin memproduksi skala banyak saya sarankan sobat menggunakan mesin pembuat mie. Hampir sama dengan cara membuat mie ayam, kwetiau mudah dibuat. Isian kwetiau yang dibuat sendiri ini juga komplit kok sobat. Yuk, simak resep cara membuat mie kwetiau kuah berikut ini.

Cara Membuat Kwetiau Kuah

Cara Membuat Mie Kwetiau Kuah

Bahan – Bahan :

  • 1 ikat caisim atau sawi hijau
  • Bakso vegetarian (sesuai selera)
  • Kwetiau
  • Micin jamur secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pertama, didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan caisim dan bakso.
  2. Setelah itu masukkan kwetiau, kemudian beri garam, micin jamur, lada, dan minyak wijen. Masak kwetiau dengan api kecil saja.
  3. Jika sudah matang, angkat kwetiau kuah dan tuangkan ke dalam mangkuk saji. Mie kwetiau kuah siap disajikan.

Cara Membuat Kwetiau Sapi Kuah

Cara Membuat Mie Kwetiau Kuah

Bahan – Bahan :

  • 1 bungkus kwetiau beras yang bagus
  • 200-250 gr daging sapi (bagian paha atau has dalam)
  • Minyak bawang putih dan serpihan bawang putih goreng
  • 2 ikat daun ketumbar atau wansui, siangi dan petik daunnya
  • Irisan daun bawang untuk taburan
  • 1,5 liter air untuk membuat kuah kaldu daging sapi, diberi garam dan kaldu jamur secukupnya
  • Air untuk merebus

Bahan untuk Bumbu Marinasi Daging Sapi :

  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 jumput lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat Kwetiau Sapi Kuah :

  1. Pertama, buka bungkusan mie kwetiau, setelah itu urai satu per satu lembaran mie kwetiaunya agar tidak ada yang menyatu.
  2. Kemudian, iris tipis daging sapi, lalu rendam dengan bumbu marinasi minimal selama 15 menit.
  3. Lalu jika menggunakan daun ketumbar atau wansui cukup disiangi saja, nanti ditaruh di atas kwetiau kuahnya saat dihidangkan. Jika menggunakan daun lain, siangi dan seduh sebentar, kemudian baru sisihkan.
  4. Selanjutnya, buat kuah daging sapi dengan mendidihkan air terlebih dahulu, kemudian beri garam dan kaldu jamur, setelah itu masukkan daging sapi yang sudah dimarinasi dengan menggunakan bumbu marinasi tadi. Lalu, biarkan rebus sampai mendidih, lalu koreksi rasanya. Jika terlihat banyak kotoran di atas kuah (darah sapi), ambil dengan menggunakan saringan kecil dan buang kotorannya, agar kuahnya tetap bening. Jika sudah, matikan api pada kompor.
  5. Berikutnya, siapkan mangkuk makan, kemudian beri 1 sdm minyak bawang putih, 1 sdt kecap asin, sejumput lada, dan kaldu jamur.
  6. Setelah itu, siapkan panci berisi air, kemudian dengan menggunakan saringan kawat, rebus sebentar kwetiau, setelah itu angkat dan tiriskan kwetiau, kemudian masukkan kwetiau ke dalam mangkuk yang berisi minyak bawang dan bumbu tadi, lalu aduk sampai tercampur rata.
  7. Kemudian tambahkan dengan sayuran yang sudah diseduh tadi, lalu guyur dengan kuah dan daging sapi yang masih panas, setelah itu beri taburan serpihan bawang putih goreng dan irisan daun bawang, mie kwetiau sapi kuah siap dihidangkan.
  8. Untuk cara membuat minyak bawang putihnya, sobat bisa membuatnya dengan mencincang 5 siung bawang putih, lalu goreng dengan minyak secukupnya sampai warna menjadi keemasan, setelah itu angkat. Kemudian pisahkan minyak dan serpihan bawang putihnya.

Nah itu lah cara membuat mie kwetiau kuah yang lezat, nikmat, dan maknyus. Mie kwetiau kuah ini juga bisa sobat gunakan sebagai peluang usaha loh sobat. Jika sobat tertarik untuk mencoba, sobat bisa memulainya dengan memproduksi mie kwetiau mentah sendiri agar mie kwetiau kuah produksi sobat memiliki cita rasa yang. Sobat bisa membuat mie dengan mesin pembuat mie  agar proses pembuatan mie tidak memakan waktu lama dan cepat selesai.