COBAN CINDE ‘HIDDEN GEM’ DI UJUNG TIMUR MALANG

Wisata merupakan kebutuhan sekunder manusia yang selalu dinanti. Indonesia menawarkan banyak pesona alam yang diminati sebagai destinasi wisata. Bagi kalian yang tinggal dalam hiruk-pikuk keramaian kota mungkin akan memilih tempat wisata yang sejuk, asri, dan jauh dari keramaian. Mungkin sebagian besar dari kalian punya pemikiran yang sama, yaitu wisata air terjun. Ya, berwisata ke sebuah air terjun memang pilihan yang tepat yang dapat me-refresh pikiran dengan kesegaran air, dinginnya udara, dan pemandangannya.  

Salah satu rekomendasi wisata air terjun yang wajib kalian kunjungi yaitu Coban Cinde. Wisata ini tersembunyi dan terletak di ujung timur Kabupaten Malang. Tepatnya di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Curahan air yang tinggi, air yang jernih dan sejuk, serta pemandangan asri yang luar biasa indah menjadi daya tarik utama wisata ini. Hmm… Mendengarnya saja sudah bisa berimajinasi dan menjadi sangat ingin mengunjunginya yaa… Yuk kita cari tau lebih jauh. 

Terletak pada koordinat LS 7°59’21.01″ dan BT 112°50’5.11″, air terjun Coban Cinde terletak di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika ditempuh dari Kota Malang jaraknya adalah sekitar 27 km ke arah timur. Lokasinya yang cukup terpencil membuat destinasi wisata yang satu ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain lingkungannya yang masih sangat alami, air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai petualangan dan tantangan. Karena untuk dapat menikmati pesona air terjun ini kalian terlebih dahulu harus menaklukan medan yang menantang. Yang spesial saat menuju coban cinde adalah kamu akan menjumpai lima coban dalam satu kali perjalanan, asik bukan?   Yuk jika kamu ingin wisata disini langsung saja mampir  travel malang juanda.

Coban Cinde memiliki air terjun yang cukup tinggi dan bisa untuk mandi karena aliran airnya tidak terlalu deras dan untuk akses jalan menuju Coban Cinde, pertama untuk akses menuju lokasi tempat parkir bisa dibilang mudah dan sudah diaspal sebagian, namun satu kilometer menuju lokasi parkir masih berjejal bebatuan. Kamu wajib berhati-hati dan fokus, karena air terjun ini berada di perbukitan, jalan menanjak, serta di sisi kiri dan kanan banyak terdapat jurang. Di sisi kiri jalan ini terdapat lereng cukup curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat, sedangkan di sisi sebelah kanan terdapat semak-semak yang memiliki duri cukup tajam. Kendaraan yang kalian bawa hanya bisa mengantarkan kalian sampai lokasi parkir saja. Untuk menuju ke lokasi air terjun kalian harus menyusuri perjalanan dengan berjalan kaki naik-turun bukit dan menyusuri aliran sungai. Setelah sampai di lokasi, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan dan atmosphere yang luar biasa. 

Asal-usul nama Coban Cinde, yaitu nama Cinde diambil dari bentuk air terjun yang berbentuk seperti Cinde atau syal yang terurai. Sedangkan menurut masyarakat Desa Benjor, disebut Cinde karena di kawasan air terjun tersebut terdapat banyak sarang burung cinde. Aliran air sungai dari atas menuju bawah yang membentuk air terjun ini juga memiliki debit air sangat deras. Besarnya debit air yang beradu dengan hempasan angin membuat air terjun ini seakan berkibar-kibar seperti syal yang tertiup angin. Kibaran air ini dapat kalian rasakan ketika berdiri tanpa mendekati air terjun, tubuh kalian akan basah kuyup terkena cipratan air terjun.    Yuk jika kamu ingin wisata disini langsung saja mampir  travel malang juanda murah.

Harga tiket masuk ke wisata ini tergolong sangat terjangkau. Pengunjung hanya dikenai tarif sebesar Rp 10.000 perorang. Untuk biaya parkirnya dikenai tarif Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Cukup murah bukan? Walaupun harga tiket masuknya tergolong murah, namun fasilitas yang ada sudah termasuk lengkap dan memadai. Terdapat toilet umum, kedai-kedai, dan beberapa spot foto yang akan membuat perjalanan wisata ke sini semakin berkesan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera berwisata ke sini.  

Buat kamu yang ingin ke Coban Cinde tapi tidak tahu harus pergi dengan siapa, ingin jalan sendiri tapi takut karena belum pernah bepergian jauh seorang diri sebelumnya dan hendak mencari jasa travel tapi ragu tidak amanah kini tak perlu lagi khawatir karena ada solusinya yaitu Nahwa Tour

Nahwa Tour telah melayani sejak tahun 2013 dan memiliki segudang pengalaman dalam membawa tamu untuk mengunjungi berbagai macam destinasi wisata yang ada di Jawa Timur dan pelanggan kami selalu puas dengan layanan yang kami berikan. Di sini kamu juga dapat menyewa mobil untuk dipakai bersama sahabat maupun keluarga nantinya untuk mengelilingi kota Malang. 

Kami menawarkan harga yang terjangkau namun dengan pelayanan profesional. Kami adalah agen perjalanan terpercaya dan terbaik yang ada di kota Malang. 

Bagaimana caranya? Cukup dengan menghubungi kami via telepon maupun chat WA dan anda tinggal bersantai saja, kami yang akan menyiapkan perjalanan anda! 

Hubungi Nahwa Tour 

Alamat: Jl. Angklung Blok H1 No. 5, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 

No. Telp: 081 222 431 414 (Telkomsel) 

Whatsapp: 081 222 431 414 

Email: nahwatour@gmail.com 

Website: nahwatour.com