Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang Diri Anda’ Saat Interview

Proses pencarian kerja terdiri dari beberapa tahapan, salah satunya adalah wawancara. Wawancara HRD biasanya menanyakan “ceritakan tentang diri Anda”.

Apa yang akan kamu katakan kepadaku jika mendapat pertanyaan seperti ini? Tak perlu bingung,

Loker Surabaya sudah menyiapkan contoh jawaban “ceritakan tentang dirimu” dan tips menjawabnya. Tanpa basa-basi lagi, yuk simak ulasan selanjutnya!Contoh jawaban “Ceritakan tentang diri Anda”Saat menjawab pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda”, tentu saja Anda harus jujur ​​dan faktual.

Pasalnya, HRD biasanya memeriksa latar belakang Anda agar bisa mengetahui dengan pasti jika Anda berbohong.Oleh karena itu, pelajarilah contoh jawaban berikut untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1. Lulusan baru

Contoh jawaban pertama “ceritakan tentang dirimu” ditujukan bagi yang baru lulus, yaitu.

lulus tidak lebih dari 6 bulan yang lalu.Jika Anda mengira freshgraduate kurang berpengalaman dan sulit menjelaskan deskripsi diri, Anda salah. Karena ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi. Salah satunya adalah praktik dan pengalaman berorganisasi.

Ini contohnya:“Saya Tika Panggabean. Pak/Nyonya, Anda bisa memanggil saya Gabi. Saya lulus dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi pada bulan Juli 2022.Sebagai lulusan baru, saya sangat gembira dengan pekerjaan pertama saya.

Selain itu, selama kuliah saya pernah mengikuti UKM Jurnalistik, sehingga saya memahami dengan baik teori dan praktik seorang jurnalis di lapangan.

Pengalaman berorganisasi tentu saja tidak bisa disamakan dengan pekerjaan selanjutnya. Jadi saya siap untuk belajar lebih banyak dengan mempraktikkan apa yang saya pelajari selama kuliah.”‍

2. Saya masih belajar untuk mendapatkan gelar sarjanaBanyak siswa yang ingin mencari pekerjaan dan bahkan mengikuti program magang. Jika Anda salah satunya, berikut contoh jawaban “ceritakan tentang diri Anda” yang bisa Anda berikan.”Nama saya Intan Nuraini.

Saat ini saya sedang kuliah Sastra Jepang semester 7 di UGM. Sampai saat ini saya biasa menjadi penerjemah lepas buku-buku, baik novel maupun buku pengembangan diri, serta artikel dan majalah.

Jadi Saya ingin menggunakan pengalaman ini untuk mengembangkan karir di bidang serupa. Dan sebagai pecinta tantangan dan pembelajaran, mendaftar magang di perusahaan ini adalah langkah yang tepat bagi saya.

Saya ingin mengembangkan ilmu dan keterampilan saya lebih dalam lagi.

3. Gelar master

Menyelesaikan gelar master bukan berarti tidak bisa dilakukan sambil bekerja. Apalagi jika kamu kuliah dengan biaya sendiri, sehingga membutuhkan uang jajan dan biaya tambahan untuk kampus dan kehidupan pribadi.

Tak perlu bingung harus menjawab apa saat diminta mendeskripsikan diri saat wawancara. Anda dapat menggunakan referensi jawaban berikut “ceritakan tentang diri Anda”:”Selamat siang, nama saya Widi Wulandari atau biasa disapa Widi. Saat ini saya sedang menempuh studi magister akuntansi di Universitas Ahmad Dahlan.

Saya telah bekerja sebagai akuntan di perusahaan B selama 2 tahun setelah menyelesaikan S1 Jadi saya bertanggung jawab atas akuntansi dan tanggung jawab yang dipelajari secara profesionalTidak dapat dipungkiri bahwa ada perbedaan kegiatan dalam studi sarjana dan pendidikan tinggi. Saat saya masih mahasiswa, saya banyak melakukan kegiatan karena banyak organisasinya.

Namun pembelajaran tersebut jarang ditemukan pada masa magister. Itu sebabnya saya ingin melamar ke perusahaan Anda.

Selain meningkatkan kinerja, saya ingin meningkatkan keterampilan saya di posisi ini dan berkontribusi pada perusahaan dengan pengalaman saya.”

4. Panjang -pengangguran jangka panjang

Pengangguran jangka panjang terkadang menjadi bumerang ya. HRD pasti akan mengetahui melalui pertanyaan detail kegiatan apa saja yang dilakukan.

Namun, Anda bisa memulainya dengan menjelaskan apa yang Anda lakukan saat menganggur, sesuai dengan contoh jawaban berikut.”Nama saya Tina Nugraini.

Saya lulusan program Profesi Sains Universitas Indonesia pada tahun 2017. Saya bekerja sebagai PR Manager di Perusahaan YYY selama 3 tahun.

Sampai saat itu saya harus pergi karena harus pulang untuk merawat ibu saya yang sakit. Saya tidak punya alasan khusus untuk menyesali keputusan ini.

Karena meski saya harus pergi, kehilangan karier yang sudah dibangun, saya masih bisa belajar dengan cara yang berbeda.Saya bergabung dengan komunitas pemasaran digital online sambil merawat ibu saya yang sakit.

Saya belajar banyak dari anggota karena kami saling berbagi ilmu. Saya juga mengikuti informasi terkini di jejaring sosial dan bahkan membaca majalah yang berkaitan dengan topik tersebut.

Aku yang suka baca buku juga banyak baca sambil ngurus ibu, jadi masih banyak dapat wawasan baru.”

5. Berpengalaman

Pengalaman kerja yang baik tentu menjadi nilai plus jika bisa menjelaskan dengan lancar. selama studi proses wawancaraJelaskan sambil bekerja siapa mejamu, jelaskan juga prestasimu dengan rendah hati agar tidak menyombongkan diri.

Anda dapat melihat contoh jawaban “ceritakan tentang diri Anda” berikut ini.”Selamat siang, nama saya Nia Ramadani. Saya lulusan Universitas Brawijaya dengan gelar Sastra Indonesia.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai content marketer di MMM.Bekerja di posisi ini, saya bertugas mendistribusikan konten di berbagai saluran media yang dimiliki perusahaan. Saya juga menjalankan kampanye untuk meningkatkan profil perusahaan.

Terkadang bila diperlukan, saya membantu orang lain menyusun paket presentasi Teeme, mengelola komunitas, dan menentukan pemasaran produk.”

6. Lulusan

Untuk lulusan, Anda dapat melihat contoh jawaban ‘ceritakan tentang diri Anda’ seperti ini.”Nama saya adalah Laili Amanah. Saya lulusan SMA N 1 XXX jurusan IPS. Semasa sekolah, saya aktif berpartisipasi dalam organisasi teater. Tak sia-sia, profesi ini saya dapatkan saat teman-teman yang lain mengikuti OSIS, PMR dan Pramuka.

Ini karena saya menyukai peran dan skrip. Dengan cara ini saya bisa menyalurkan hobi saya, memperluas pengetahuan saya dan mendapatkan pengalaman.Akting bukan sekadar akting biasa.

Karena ketika aku berakting, aku harus benar-benar mempelajari apa yang aku lakukan. Jadi saya harus meneliti, mengamati, bahkan mempelajari hal-hal berbeda di luar bidang saya.”

7. Lulusan SMK

Lulusan SMK lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena Kurikulum yang didapat lebih praktis, namun secara umum sebagian orang masih kesulitan menjawab pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda”, tidak perlu khawatir, Anda bisa menjelaskannya dengan contoh berikut.“Saya Agung Jamalud, panggil saja saya Agung. Saya lulusan SMK 17 AAA. Saya.