Contoh Landing Page yang Menarik untuk Meningkatkan Konversi

Landing page yang menarik adalah kunci untuk meningkatkan konversi dan menarik perhatian pengunjung. Ingin meningkatkan konversi dengan landing page yang efektif? Temukan contoh landing page yang menarik.

3 Contoh Landing Page yang Menarik

Contoh Landing Page Shopback

Di Indonesia, terdapat cukup banyak platform diskon dan promo khusus. Namun rasanya Shopback baru mampu bekerja sama dengan 2000 brand lokal dan internasional.

Dengan jaringan Shopback di negara-negara Asia Pasifik ━ Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Australia ━ Shopback juga telah memberikan total cashback sebesar U$30 juta.

Sebagai pendatang baru, Shopback sadar bahwa kepercayaan calon konsumen perlu dibangun. Oleh karena itu, penempatan berbagai logo mitra brand merupakan langkah yang sangat strategis.

Dengan begitu, calon konsumen akan sadar bahwa platform ini serius untuk menggandeng banyak brand ternama.

Selain itu, calon pengguna bisa mengetahui promosi apa saja yang bisa mereka dapatkan melalui Shopback.

Pada contoh landing page toko online ini, Anda bisa melihat beberapa info cashback sekaligus. Keputusan ini tidak salah. Apalagi jika dijalankan dengan baik.

Beberapa informasi yang dimaksud ditampilkan dalam bentuk slider. Setiap slider berisi promo tertentu, lengkap dengan komposisi desain yang ideal. Judul, keterangan, CTA, dan beberapa ilustrasi pendukung.

Elemen yang bisa ditiru dari contoh landing page Shopback:

  • Beberapa informasi diskon dan CTA tertentu tersedia di bilah geser.
  • Logo mitra merek dan platform ditempatkan di bawah bagian utama landing page klik-tayang. Penempatan logo menarik kepercayaan pengunjung dan calon pengguna.
  • Kategori produk disederhanakan dalam bentuk menu yang diperluas.
  • Menu utama berfokus pada promosi yang sedang berlangsung.

Contoh Landing Page Ruangguru

Katakanlah, anak atau keponakan Anda sedang mencari bimbingan belajar. Apa yang pertama kali Anda pikirkan? Biaya. Ini bukan tentang kualitas guru atau mata pelajaran apa yang diajarkan. Tapi, biaya. Itu benar?

Pertanyaan ini kemudian dijawab langsung melalui landing page Ruang Guru. Seperti pada gambar di atas, Ruang Guru menyediakan form dengan dua kolom pilihan yang dapat disesuaikan.

Kolom di sebelah kiri memberikan pilihan tingkat kelas mulai dari sekolah dasar hingga persiapan universitas. Disebelah kanannya terdapat durasi les yang diinginkan.

Biaya les langsung muncul di bagian bawah. Tinggal menyesuaikan level kelas dan durasi paket berlangganan.

Desain formulir seperti ini cukup ramah pengguna. Mereka tidak perlu membaca daftar harga satu per satu untuk kelas yang dibutuhkan.

Elemen yang bisa ditiru dari contoh landing page Ruangguru:

  • Distribusi ruang yang seimbang untuk informasi dan formulir.
  • Pada subjudulnya terdapat kata-kata yang meningkatkan kepercayaan calon pelanggan: …yang telah dipercaya oleh lebih dari 15.000.000 siswa dan lebih dari 300.000 guru di Indonesia.”
  • Foto duta merek memperkuat reputasi dan kepercayaan terhadap merek.
  • Sebutkan fitur-fitur yang ditawarkan dalam bentuk ilustrasi sederhana.
  • Bentuk responsif dan ramah pengguna.

Opsi Pengujian A/B:

  • Menu Beranda sebaiknya dihilangkan karena tidak efisien.
  • Navigasi yang sama bisa dilakukan dengan mengklik logo Ruang Guru.

Contoh Landing Page Bareksa

Bareka adalah portal pasar reksa dana. Perusahaan ini menawarkan empat jenis produk, yaitu data pasar (data tentang reksa dana, saham, dan obligasi).

Serta alat investasi (aplikasi digital untuk mencari, mengolah, dan menganalisis data), berita & analisis, dan platform investasi online.

Bagi orang awam, semua produk Bareksa ini mungkin membingungkan. Oleh karena itu, bentuk pemilihan reksa dana seperti gambar di atas dapat menggugah rasa penasaran dan minat pengunjung.

Dari situ pengunjung bisa mencoba mencari produk keuangan apa saja yang sesuai dengan kategori dan minat yang diharapkan.

Sebenarnya tidak hanya untuk orang awam saja. Kehadiran formulir ini di landing page juga memudahkan para penggiat reksa dana.

Cukup masukkan jenis reksa dana, kategori, persentase bunga yang diinginkan, dan jangka waktu investasi. Kemudian, Anda bisa mendapatkan daftar produk keuangan apa pun yang ingin Anda beli.

Elemen yang dapat ditiru sebagai contoh landing page Bareksa:

  • Gunakan penggeser untuk membuat beberapa info berbeda.
  • Ada formulir sederhana untuk mencari produk reksa dana.
  • Opsi Pengujian A/B:
  • Jumlah slider pada landing page terlalu banyak. Perlu dikurangi.
  • Ada penggeser yang berisi terlalu banyak URL. Hal semacam ini perlu dikurangi karena membuat pengunjung tidak fokus.

Apa yang Membuat Landing Page Menarik?

Anda telah melihat contoh landing page yang menarik. Namun masih bingung bagaimana cara membuat landing page yang menarik di website Anda sendiri?

Di bagian ini, kita akan membahas resep di balik landing page yang bagus.

Berbekal penjelasan tersebut, Anda bisa membuat landing page unik versi Anda sendiri. Selain itu, tidak perlu menyalin format landing page pesaing.

Pada prinsipnya ada dua elemen utama di setiap landing page. Pertama yaitu copywriting. Lalu yang kedua adalah desain. Penjelasan lengkap keduanya bisa Anda temukan di bawah ini.

Copywriting

Copywriting adalah penulisan salinan atau kalimat promosi dalam iklan. Sekilas hal ini terdengar mudah. Lagi pula, siapa yang tidak bisa menulis?

Namun, jangan salah paham. Salinan yang baik tidak bisa dibuat secara sembarangan. Setidaknya ada empat hal yang menunjukkan kualitas copywriting:

Memahami Kondisi Psikologis Pelanggan

Anda tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan psikologi untuk benar-benar mengetahui kondisi pelanggan. Minimal copy yang Anda buat bisa menyesuaikan dengan karakter dan mood calon konsumen.

Jika Anda benar-benar memahami kedua hal tersebut, maka akan sangat mudah untuk menarik pelanggan.

Tak hanya itu, memahami kondisi psikologis juga akan membantu Anda merancang strategi pemasaran yang lebih lengkap.

Sensitif terhadap kebutuhan pelanggan

Salinan tidak selalu berbicara tentang produk atau layanan bisnis. Salinan yang bagus sebenarnya berbicara tentang kekhawatiran dan kebutuhan pelanggan.

Sebab sejujurnya calon pelanggan tidak peduli dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebaliknya, calon pelanggan hanya mementingkan kebutuhan pribadinya.

Itu sebabnya Anda perlu peka terhadap apa yang mereka butuhkan. Hanya setelah pelanggan merasa kebutuhannya didengar barulah dia akan menaruh perhatian pada bisnis Anda.

Pribadi

Salinan berkualitas tidak berbicara kepada banyak orang atau sekelompok orang.

Kalau salinannya seperti itu, apa bedanya dengan lembar pengumuman? Itu sebabnya materi promosi selalu fokus pada berbicara kepada satu jenis audiens.

Faktanya, salinan ideal tampaknya hanya berbicara kepada satu orang. Semakin dekat dan personal, semakin besar dampak materi promosi terhadap audiensnya.

Fleksibel

Anda mungkin penggemar berat Ivan Lanin. Namun jika menyangkut periklanan, kendurkan sedikit standar perfeksionisme tata bahasa Anda.

Lagi pula, tidak ada seorang pun yang suka membaca salinan teks hukum. Ya benar? Sebaliknya, gunakan bahasa secara fleksibel. Artinya mudah dimengerti, mudah diucapkan, dan natural seperti percakapan sehari-hari.

Desain

Copy memang penting dalam sebuah landing page. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda juga memperhatikan desain landing page. Desainnya akan membuat landing page lebih menarik. Landing page juga kemungkinan besar akan mendatangkan prospek dan konversi.

Agar Anda bisa membuat landing page yang estetis, berikut beberapa hal yang bisa Anda ingat dan terapkan:

Desain Minimalis

Desain minimalis membantu Anda menyampaikan pesan secara terfokus. Oleh karena itu, gunakanlah elemen visual seperlunya. Jangan menumpuk atau menggabungkan terlalu banyak visual dalam satu desain.

Sediakan desain white space, font dengan ukuran cukup besar, dan call to action yang jelas.

Foto atau Ilustrasi Visual

Menambahkan ilustrasi visual adalah cara termudah untuk membuat landing page menjadi menarik. Pastikan ilustrasi yang ditambahkan sesuai.

Baik menurut segmen bisnisnya, maupun tema desain itu sendiri secara keseluruhan.

Jika bisa, tambahkan ilustrasi yang menciptakan ekspresi manusia. Dikatakan bahwa ilustrasi jenis ini lebih populer di kalangan pengunjung web. Lebih bagus lagi jika Anda bisa membuat ilustrasi dalam bentuk video.

Testimonial dan Penghargaan

Testimonial adalah cara klasik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Jadi, sebisa mungkin tambahkan testimoni atau ulasan pelanggan ke landing page.

Selain testimonial, Anda juga dapat menempatkan sertifikat penghargaan atau lencana di landing page. Secara visual, cara ini lebih sederhana dan estetis.

Bagaimanapun, hasil akhirnya tidak ada bedanya: meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Ramah seluler

Ini mungkin sudah menjadi hal yang wajar. Tapi, tak ada salahnya sekadar mengingatkan Anda. Jadi?

Lebih dari separuh pengguna mengakses internet melalui ponsel. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat landing page mobile-friendly.

Anda sudah mempelajari 3 contoh landing page yang dapat dijadikan inspirasi. Ada banyak landing page yang dapat Anda jadikan pendoman bisnis seperti contoh landing page produk makanan.

Tak hanya itu saja, Anda juga sudah mempelajari tentang copywriting dan desain pada halaman atas. Seharusnya Anda sudah bisa membuat landing page sendiri, namun Anda juga bisa menggunakan salat satu jasa pembuatan landing page.