Desain Ruko yang Tepat untuk Dua Kebutuhan Fungsi Sekaligus

Saat ini, ruko menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin menjalankan usaha sekaligus menjadikannya sebagai tempat tinggal. Hal ini agar lebih maksimal melakukan pengelolaan usaha dengan menggabungkan dua konsep sekaligus melalui properti yang dikenal dengan rumah toko atau ruko.

Meski demikian, faktor utama yang harus diperhatikan saat memutuskan membangun ruko adalah desain ruko yang sesuai dan ideal, apalagi ruko yang akan dibangun akan menjadi tempat usaha sekaligus tempat hunian yang akan digunakan selama mungkin.

Sehingga pertimbangan dalam membangun ruko tidak selalu harus berdasarkan lokasi, karena pada dasarnya hampir setiap wilayah terus mengalami laju perkembangan yang kian pesat seiring dengan terus meningkatnya pertumbuhan penduduk.

Menentukan Desain Ruko yang Ideal

Saat memutuskan membangun ruko, desain ruko yang ideal menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan. Desain ruko itu meliputi posisi ruko, bentuk bangunan hingga memisahkan antara hunian dan usaha secara khusus, berikut penjelasannya:

Posisi Ruko

Posisi ruko menjadi pertimbangan utama saat membuat desain ruko, perhatikan pula rencana tata ruang wilayah di lokasi ruko yang akan dibangun, seperti rencana pembangunan jalan, sehingga ruko bisa menyesuaikan dengan keberadaan fasilitas umum yang berada di sekitar ruko.

Secara tak langsung dengan mempertimbangkan posisi ruko yang tepat juga akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan usaha yang dijalankan di ruko tersebut. Sedangkan dari sisi hunian, posisi ruko yang tepat akan memudahkan akses bagi anggota keluarga.

Bentuk Bangunan Ruko

Jika lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan ruko terbilang sempit, maka opsi pembangunannya lebih mempertimbangkan pada konsep bangunan ruko 2 lantai. Demikian sebaliknya, jika lahan pembangunan ruko cukup luas, Anda cukup membangun ruko satu lantai saja.

Oleh karena itu, desain ruko memegang peranan penting dalam mengatur pembagian sekaligus penataan ruangan ruko yang efektif termasuk menjaga privasi dari masing-masing tempat tersebut.

Memisahkan Dua Fungsi Ruko

Memisahkan dua fungsi ruko antara hunian dan tempat usaha juga hal yang tak kalah penting, meski demikian faktor utama dari fungsi yang harus ditonjolkan adalah fungsi ruko sebagai tempat usaha karena desain ruko yang tepat secara tidak langsung sudah membantu upaya promosi dari usaha yang dijalankan di ruko tersebut.

Sedangkan sebagai fungsi hunian, hal utama yang perlu diperhatikan dalam desain ruko adalah memaksimalkan privasi pemilik hunian saat berinteraksi dengan anggota keluarganya secara bebas tanpa harus khawatir terlihat oleh pengunjung tempat usaha secara langsung.