Gejala dan Jenis Gigitan Tungau Kasur Juga Cara Mengatasinya

Gigitan Tungau

Gigitan tungau kasur pastinya sangat mengganggu kita. Apalagi bekas gigitannya lama-lama akan menjadi gatal dan bisa menyebabkan iritasi. Tungau merupakan jenis kutu yang masih termasuk organisme keluarga arthropoda.

Mereka masih sama seperti kutu lainnya, bedanya kalau tungau tidak memiliki sayap dan mata. Tungau adalah hewan yang sangat kecil, sehingga mereka sangat sulit untuk diidentifikasi. Maka dari itu banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terpapar tungau.

baca juga: cuci sofa depok

Meskipun gigitan tungau tidak berbahaya, namun tungau dapat menyebabkan iritasi pada kulit, gatal-gatal dan juga pembengkakan. Hal ini akan membuat kita menggaruk kulit dan dapat dapat melukai area kulit yang terpapar tungau.

Berikut Ini Jenis Gejala Gigitan Tungau Kasur

Ada beberapa tanda pada gejala yang disebabkan oleh tungau, seperti gatal pada kulit dan lain-lain. Agar lebih jelas sebaiknya simak artikel ini sampai tuntas.

Jenis kulit yang terkena gigitan tungau yaitu Tanda merah di kulit seperti ruam, benjolan kecil yang dapat mengeras dan meradang, Iritasi, nyeri, gatal di dekat benjolan serta Kulit melepuh dan bengkak di area gigitan.

Berikut ini jenis tungau yang sering menyerang manusia dan cara mengatasinya.

baca juga: cuci springbed depok

Tungau kudis

Tungau jenis ini sangat sering sekali diderita oleh kebanyakan orang. Tungau kudis sangat membutuhkan inang pada manusia ataupun hewan untuk bertahan hidup.

Tungau ini akan menggali ke dalam kulit untuk bertelur. Hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa tungau ini dapat menular dengan mudah walaupun hanya bersentuhan.

Saat digigit tungau, memang seseorang tidak akan mengalami gejala apapun. Namun setelah beberapa minggu gejalanya baru akan terlihat dan terasa gatal.

Akibatnya kulit akan menjadi bengkak dan melepuh seperti ruam bahkan bisa terasa sakit juga. Gejala yang disebabkan kudis biasanya bertepatan pada sela-sela jari, tekuk lutut, sekitar pinggang, bokong, di bawah kaki terutama pada anak-anak dan ada juga gigitan tungau di mata.

Maka dari itu, hal ini perlu segera diatasi dengan menggunakan obat medis atau salep agar gejalanya cepat mereda.

Agar cepat mereda dan cepat kering sebaiknya gunakan salep demodex atau salep scabimite. Salep ini adalah jenis salep paling ampuh untuk mengatasi gigitan tungau ini.