Ide Bisnis Kelapa Parut

ide bisnis kelapa parut

Ide bisnis kelapa parut.Indonesia merupakan negara dengan luas perkebunan kelapa terbesar di dunia, namun sayangnya volume ekspor produk kelapa olahan negara ini masih rendah dibandingkan dengan negara lain. Padahal, banyak peluang usaha kelapa segar dan tua yang bisa dijadikan lahan bisnis.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kelapa tua ini jarang dilihat oleh calon pedagang. Padahal, meski tidak terlalu populer, peluang bisnis kelapa purba ini sangat menjanjikan, apalagi untuk bisnis jangka panjang.Di web Rumah mesin kalian bisa menemukan mesin peras santan kalian bisa gunakan mesin ini untuk membuat usaha olahan peras santan.

6 Ide Bisnis Olahan Kelapa Parut

ide bisnis kelapa parut

1.Olahan Kelapa Parut Kering

Contoh peluang bisnis kelapa tua yang bisa Anda rujuk adalah bisnis produk kelapa kering. Prosesnya sendiri dilakukan secara higienis sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Kelapa kering sendiri merupakan produk yang banyak dicari. Memang produk ini sering digunakan sebagai bahan baku atau sebagai pelengkap berbagai makanan, seperti santan, selai kelapa, tepung kelapa, kelapa bakar dan kelapa parut.

2.Olahan Jajanan Pasar Dari Kelapa Parut

Ada banyak jenis jajanan olahan di pasaran yang terbuat dari daging kelapa, seperti gando dan kue kelapa. Menariknya, jajanan ini tidak hanya terbuat dari kelapa segar tetapi juga dari kelapa kering.

Peluang usaha kelapa tua dengan mengolah menjadi berbagai jenis memiliki potensi keuntungan yang cukup tinggi. Apalagi di tengah jajanan kekinian ala barat, jajanan tradisional Indonesia bisa kamu hadirkan dengan tampilan yang lebih menarik.

3. Usaha Tempung Dari Parutan Kelapa

Produksi tepung kelapa berkualitas tinggi dapat dianggap sebagai peluang bisnis kelapa tua yang paling menguntungkan. Untuk kelapa segar digunakan parutan kopra untuk dijadikan bubuk, dan jika menggunakan kelapa tua bisa langsung diolah.

Harga tepung kelapa di pasaran sekitar Rp 55.000/kg. Namun, harga juga ditentukan oleh kualitas tepung dan cara pengolahannya. Menariknya, proses pembuatan tepung kelapa juga cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu.

Oleh karena itu kami merekomendasikan upaya jangka panjang. Jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda dapat memulai produksi tepung kelapa buatan sendiri, di mana peralatan paling mahal yang dibutuhkan adalah mixer dan oven.

4.Usaha Santan Cair

Siapa bilang kelapa tua tidak bisa menghasilkan santan yang bagus dan berkualitas? Sebagai buktinya, kelapa tua dapat diolah menjadi produk santan yang mulai populer di masyarakat karena santan biasa digunakan dalam berbagai jenis masakan.

Peluang usaha kelapa tua dengan memproduksi santan cair dapat mendatangkan banyak keuntungan. Selain pasar yang besar, modal dan tenaga kerja juga tidak terlalu besar. Anda bahkan dapat mulai menjalankan bisnis rumahan ini sebagai individu.

5.Usaha Santan Kering

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau selain varian santan kental dan cair, ada juga santan kering/santan bubuk. Santan kering biasanya dijual dalam kemasan dan cara penggunaannya sama dengan jenis santan lainnya.

Peluang usaha kelapa tua dengan membuat santan kering sangat menjanjikan. Anda bahkan bisa mengiklankannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Indonesia untuk dikunjungi turis mancanegara. Dengan begitu, harga jualnya lebih tinggi.

6.Usaha Keripik Kelapa

Tak sedikit orang yang meremehkan batok kelapa tua sebelum diolah menjadi berbagai produk serbaguna. Padahal, banyak peluang berdagang kelapa purba yang bisa menghasilkan rupiah. Misalnya membuat kelapa parut dari buah kering.

Kelapa Tua seringkali dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran, dan itu menjadi nilai plus bagi anda yang bermodal pas-pasan. Persiapannya juga mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal, karena Anda bisa menggunakan peralatan dapur.

Untuk mengolah kelapa tua menjadi keripik yang renyah dan bercita rasa tinggi, salah satu prosesnya adalah menjemur daging kelapa di bawah terik matahari. Supaya produk tidak terlihat monoton, maka Anda bisa menghadirkan berbagai varian rasa selain original.