Kecanggihan teknologi Iot pada Water Meter Itron

Pada masa 4.0 seperti sementara ini, keberadaan teknologi IoT pada water meter itron sanggup jadi solusi yang tepat untuk menunjang perusahaan penyedia air seperti PDAM.

Hal ini karena water meter itron ditambah bersama dengan beragam fitur canggih yang sanggup menunjang Anda untuk tingkatkan efisiensi penagihan kepada pelanggan dan juga mengurangi risiko kehilangan air yang kerap terjadi, baik itu karena kebocoran pipa atau tidak cukup tepatnya pembacaan meteran air konvensional.

Meskipun begitu, tetap banyak yang belum memahami tentang pemanfaatan teknologi IoT pada water meter itron . Padahal teknologi ini sudah menunjang banyak perusahaan penyedia air di negara lain.

Oleh karena itu, Ferindo sudah mendesain solusi khusus yang disebut water meter itron yang sanggup menukar meteran konvensional yang Anda gunakan. Bagaimana sesungguhnya penerapan teknologi ini untuk meteran air? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Apa itu Sebenarnya IoT?

Perlu Anda ketahui, Internet-of-Things atau IoT pada dasarnya merupakan sebuah konsep yang merujuk kepada pemanfaatan suatu objek atau perangkat yang memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data dengan memanfaatkan jaringan internet, sehingga perangkat tersebut tidak lagi memerlukan interaksi antara manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Penggunaan IoT sendiri telah berkembang untuk menunjang berbagai sektor, tidak terkecuali pada smart water meter yang berhubungan erat dengan pendapatan yang diperoleh perusahaan penyedia air.

Kemampuan Teknologi Iot pada  water meter itron

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai teknologi IoT pada  water meter itron , maka Anda perlu mengetahui tentang pemanfaatan teknologi ini pada meteran air yang seringkali luput dari pengamatan perusahaan penyedia air seperti PDAM. Adapun kemampuan utama dari penggunaan smart water meter yang tidak dimiliki meteran air konvensional, antara lain:

  • Dapat Mengirimkan Data Melalui Sinyal

Penerapan teknologi IoT pada  water meter itron  tidak lepas dari kemudahannya dalam mengirimkan data terkait penggunaan air dari pelanggan.

Jika pada meteran air konvensional hal tersebut dilakukan secara manual oleh petugas di lapangan dengan cara mengecek jumlah volume air yang digunakan oleh setiap rumah atau gedung, maka dengan adanya  water meter itron  hal tersebut dapat dilakukan secara otomatis.

Cara ini dapat meningkatkan efisiensi dari penagihan kepada pelanggan, karena penghitungan tagihan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan juga akurat. Selain itu, Anda juga dapat menghemat pengeluaran yang dibutuhkan untuk mempekerjakan staf yang bertugas untuk mengecek penggunaan air.

  • Menghubungkan Setiap Data yang Dikirim Melalui Aplikasi Smartphone

Selain kemudahan dalam pengiriman data, Anda juga dapat menghubungkan data yang dikirimkan dari  water meter itron  agar dapat ditampilkan melalui aplikasi khusus yang dapat Anda akses melalui smartphone. Aplikasi tersebut akan disediakan jika Anda menggunakan layanan  water meter itron  dari Adika Tirta Daya.

Penggunaan aplikasi yang terhubung dengan teknologi IoT pada  water meter itron  ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengontrolan terhadap  water meter itron dengan lebih mudah. Dengan begitu, ketika sewaktu-waktu terdapat kendala, maka teknisi dapat segera melakukan perbaikan atau juga maintenance rutin.

Cara Kerja  water meter itron  dari ferindo

Setelah mengetahui beberapa kemampuan dari  water meter itron , Anda juga perlu mengetahui gambaran umum dari teknologi IoT pada  water meter itron  yang digunakan ferindo agar lebih paham tentang pentingnya perangkat ini. Pada dasarnya,  water meter itron  dari ferindo bekerja dengan melibatkan:

  • water meter itron  memiliki beberapa fitur seperti sensor suhu, sensor aliran, dan kalkulator yang dapat memberikan aplikasi dan data penting untuk digunakan dalam sistem pemipaan milik perusahaan penyedia air.
  • water meter itron  cocok untuk diaplikasikan pada instalasi yang membutuhkan rasio aliran air tinggi dan pengukuran forward dan reverse.
  • Perhitungan pada air yang digunakan pada  water meter itron  menggunakan sensor dan perbedaan periodik untuk mengumpulkan perbedaan suhu dan juga gelombang suara, yang digunakan untuk menyelesaikan pengukuran aliran air dengan lebih akurat, sehingga alat ini dapat memberikan data penting yang komprehensif untuk mencapai ukuran aliran air yang efisien bagi pelanggan.