Ketentuan Mutlak dalam Artikel SEO Terbaik untuk Bisnis

Menulis artikel dengan baik saja tidak cukup. Anda juga harus memenuhi ketentuan mutlak dalam artikel SEO terbaik. Dengan begitu, blog Anda akan lebih mudah menjadi nomor satu di Google dan dibanjiri pengunjung.

Bagaimana cara melakukannya? Perlu Anda ketahui terlebih dahulu ketentuan mutlak dalam artikel SEO terbaik, yaitu artikel yang mengikuti kaidah algoritma Google terbaru dan menarik bagi pembaca.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Langkah pertama agar artikel Anda sesuai dengan pedoman SEO adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata yang memiliki volume pencarian besar, persaingan sedikit, dan sesuai dengan niche blog Anda.

Kata kunci dengan volume pencarian yang besar menandakan bahwa kata kunci tersebut banyak dicari oleh audiens. Jadi, jika ditulis, tentu berpotensi menarik banyak pembaca.

Kata kunci dengan sedikit persaingan akan memudahkan Anda meraih posisi tinggi di Google. Bisa jadi karena belum banyak orang yang menulisnya atau kompetitornya bukan blog besar.

Jadi, memilih kata kunci yang sesuai dengan niche blog Anda akan membantu konten Anda tetap relevan. Dengan begitu akan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda.

Misalnya blog kecantikan tentu akan lebih tepat menggunakan kata kunci seperti tips kecantikan, skincare terbaik, dan sejenisnya.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Beberapa SEO tools untuk riset kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan adalah Ubersuggest, KWFinder, atau Google Trends.

Pahami Maksud Pengguna

Intent merupakan informasi yang diinginkan pengguna ketika mengetikkan kata kunci tertentu ke Google.

Menulis artikel SEO perlu memperhatikan niat karena niat pencarian adalah salah satu faktor peringkat Google. Pasalnya, niat yang tepat akan menjawab kebutuhan pencari berupa konten yang relevan.

Jadi, ketika pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan, tentu mereka akan berlama-lama membaca artikel Anda. Hal ini membuat Google menganggap artikel Anda bermanfaat dan harus mendapat peringkat tinggi.

Untungnya, memahami maksud pengguna cukup mudah. Anda tinggal mengintip artikel kompetitor di hasil pencarian Google (SERP).

Ambil Sudut Pandang Unik

Kata kunci dapat digunakan untuk membuat artikel dengan sudut pandang berbeda. Langkah ini efektif untuk membuat artikel Anda lebih stand out. Namun, tentu saja pastikan sesuai dengan niat pengguna, ya!

Misalkan Anda ingin menggunakan kata kunci “cara membuat seblak”. Jika pesaing Anda memiliki artikel tentang cara membuat seblak ala restoran, Anda bisa menulis tentang “Cara Membuat Seblak Homemade dalam Lima Langkah”.

Selain artikel Anda unik, kemudahan yang ditawarkan tentunya akan semakin diminati pembaca. Belum lagi, sudut pandang yang unik juga memastikan artikel Anda orisinal sehingga disukai Google untuk mendapat peringkat tinggi.

Perhatikan Struktur Artikel

Setelah menentukan sudut pandang Anda, Anda menyusun artikel Anda dengan baik. Tujuannya untuk memperlancar proses penulisan dengan memilih apa yang ingin disampaikan dalam artikel.

Selain itu, struktur artikel yang baik akan memudahkan pengunjung memahami artikel Anda. Secara umum struktur suatu artikel dibagi menjadi tiga bagian:

  • Pendahuluan (Prolog). Bagian awal artikel yang menjelaskan latar belakang dan tujuan artikel.
  • Konten. Penjelasan rinci tentang topik utama.
  • Kesimpulan (Epilog). Bagian penutup yang berisi rangkuman atau kesimpulan artikel.

Salah satu tips yang bisa Anda coba adalah dengan menulis beberapa kalimat pendek yang berisi outline untuk setiap bagiannya. Kemudian, Anda bisa mengembangkannya menjadi penjelasan yang utuh dan saling berhubungan.

Perhatikan Bagian Pembukanya

Cara membuat artikel SEO Friendly selanjutnya adalah dengan menulis bagian pembuka yang baik yaitu menjawab maksud pembaca dan mengandung kata kunci. Mengapa harus demikian?

Pertama, bagian pembuka yang tidak menjawab maksud akan membuat pembaca meninggalkan artikel Anda.

Kedua, menempatkan kata kunci di bagian pembuka dapat membantu Google merekomendasikannya kepada pembaca yang tepat.

Untuk membuat bagian pembuka menjadi menarik, ada rumus AIDA yang bisa digunakan, yaitu:

  • Perhatian. Tarik perhatian pembaca dengan kalimat utama berupa pertanyaan, lelucon singkat, atau statistik.
  • Minat. Menarik minat pembaca dengan menyentuh masalah yang sedang dihadapi.
  • Desire. Jelaskan bahwa artikel Anda bisa menjadi solusi.
  • Tindakan. Undang pembaca Anda untuk membaca artikel sampai akhir.

Bagilah Menjadi Paragraf Pendek

Usahakan paragraf dalam artikel Anda singkat karena dapat membuat nyaman pembaca. Tiga kalimat umumnya cukup untuk menyampaikan penjelasan dengan baik.

Menurut penelitian, pembaca artikel online cenderung tidak membaca kata demi kata, melainkan memindai huruf “F” (F-Shaped Pattern).

Pembaca akan membaca bagian pembuka secara lengkap, kemudian memindai kata/kalimat menarik secara vertikal. Begitu seterusnya hingga akhir artikel. Jadi, dengan maksimal tiga kalimat dalam setiap paragraf, maka akan:

Memudahkan pembaca menemukan kata/kalimat yang dibutuhkan.
Membuat pembaca lebih rileks dalam memahami penjelasannya.

Itulah tadi ketentuan mutlak dalam artikel SEO terbaik. Anda bis mendapatkan artikel secara instan dengan menggunakan jasa penulisan artikel SEO termurah. Dengan jasa penulisan artikel SEO termurah Anda bisa menghemat waktu dan biaya.