Ketentuan Umum Penulisan Artikel SEO untuk Pemula

Posisi seorang penulisan artikel SEO sangat penting dalam proses optimasi website Anda. Anda perlu mengetahui ketentuan umum penulisan artikel SEO, agar situs web dapat bekinerja lebih baik di mesin pencari.

Oleh karena itu, memiliki ahli dalam penulisan konten dapat membantu proses optimasi menjadi lebih optimal.

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang profesi SEO writer mulai dari pengertian, ketentuan, hingga tips menjadi SEO writer yang handal untuk website Anda.

Apa itu Penulis SEO?

Seperti yang kita ketahui, Search Engine Optimization atau SEO adalah taktik yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah website.

Sedangkan penulis adalah sebutan bagi seseorang yang bekerja di dunia kepenulisan. Singkatnya, seorang penulis SEO adalah orang yang bertanggung jawab untuk menulis konten yang ramah SEO.

Siapapun bisa menjadi penulis SEO, namun profesi ini tidak mudah untuk dilakukan. Keterampilan yang harus dimiliki seorang penulis SEO adalah teknik menulis dan pemahaman tentang praktik terbaik SEO.

Dengan begitu, teks yang dihasilkan dapat dengan mudah dipahami oleh manusia dan mesin pencari.

SEO writer merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam membantu memasarkan produk atau jasa dalam bisnis digital.

Menurut pandangan Google tentang perilaku konsumen, sebanyak 39% pembeli dipengaruhi oleh hasil pencarian yang relevan.

Oleh karena itu, pemilik web membutuhkan penulis SEO untuk menyediakan konten yang mudah ditemukan oleh calon pelanggan sehingga dapat terjadi konversi.

Ketentuan Penulis Artikel SEO

Ketentuan umum penulisan artikel SEO adalah menerapkan best practice SEO pada konten agar artikel yang dihasilkan memiliki performa optimal di pencarian organik.

Adapun ketentuan umum penulisan artikel SEO adalah mendapatkan rangking tinggi, dan mampu mendatangkan traffic lebih banyak. Perhatikan beberapa ketentuan umum penulisan artikel SEO berikut ini:

Lakukan Riset Topik dan Kata Kunci

Sebelum menghasilkan konten yang SEO Friendly, penulis SEO harus bisa melakukan riset topik dan kata kunci.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan konten yang tepat sasaran, berhasil menjangkau target audiens sehingga mampu mendatangkan calon pelanggan baru.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam riset topik dan kata kunci adalah:

  • Tentukan topik yang sesuai tren
  • Pilih kata kunci yang relevan dengan topik dan niche
  • Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan rendah
  • Tentukan kata kunci utama dan variannya
  • Tambahkan kata kunci ekor panjang jika memungkinkan

Menulis Konten Menggunakan Aturan SEO

Salah satu ketentuan seorang penulis SEO adalah menulis konten sesuai aturan SEO. Oleh karena itu, penulis SEO perlu memahami praktik terbaik SEO mulai dari on-page, off-page, dan teknis SEO agar dapat menulis konten yang lebih optimal untuk mesin pencari.

Untuk menghasilkan artikel yang SEO Friendly, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh SEO Writer adalah:

  • Buat judul dan deskripsi meta yang menarik
  • Buatlah konten yang informatif, jelas dan berkualitas
  • Sebarkan kata kunci ke seluruh artikel secara alami
  • Menambahkan struktur judul (H1, H2, H3)
  • Tambahkan teks alternatif dan keterangan ke gambar
  • Menggunakan pembuatan tautan

Memahami Format Penulisan yang Baik

Sebagai seorang penulis SEO, Anda perlu memahami format penulisan yang baik. Setidaknya sebuah artikel terdiri dari paragraf pembuka (intro), paragraf isi (isi), dan paragraf penutup (penutup).

Pastikan artikel yang Anda buat mengandung kata kunci yang mungkin dicari pengguna.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan gaya bahasa dengan target audiens sehingga memudahkan pembaca memahami isi artikel.

Menyampaikan Konten dengan Jelas

Sampaikan isinya dengan jelas. Jangan mempersulit pembaca untuk menemukan informasi yang dicarinya.

Konten yang bertele-tele dan tidak ada kesinambungan antara judul dan konten bisa membuat pengguna meninggalkan website Anda begitu saja.

Tentu saja hal ini dapat meningkatkan rasio pentalan dan memperburuk pengalaman pengguna saat menjelajahi situs Anda.

Mengikuti Tren

Tugas lain yang tidak lepas dari penulis SEO adalah mengikuti perkembangan tren. Seorang penulis SEO harus mengetahui topik atau kata kunci apa yang sedang populer.

Topik yang viral menandakan banyak orang yang tertarik dan mencari topik tersebut.

Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk menghasilkan konten yang relevan dengan topik. Sehingga artikel yang dihasilkan bisa mendapatkan traffic lebih banyak.

Selain mengikuti tren topik, yang perlu dilakukan penulis SEO adalah mengikuti tren SEO. Hal ini didasari oleh algoritma mesin pencari yang terus berkembang, sehingga praktik terbaik SEO juga terus berubah.

Tentu saja, penulis SEO harus peka terhadap perubahan tersebut agar artikel dapat tampil baik setiap saat.

Tips Menjadi Penulis Artikel SEO

Setelah membahas tentang tugas seorang SEO writer, selanjutnya kami akan memberi tahu Anda apa saja yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang SEO writer yang handal.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Terkini Dengan Tren Penulisan Konten SEO

Praktik terbaik SEO berubah setiap saat mengikuti algoritma mesin pencari.

Jika Anda fokus menghasilkan artikel yang SEO Friendly, penting untuk mengikuti tren penulisan SEO terkini. Dengan begitu, performa artikel yang dihasilkan juga bisa bertahan lama.

Pelajari Semua Jenis SEO (on-page, off-page, dan teknis SEO)

Untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kaidah SEO, Anda harus memahami konsep dasar SEO. Secara umum SEO terbagi menjadi tiga jenis, yaitu on-page, off-page, dan teknis.

Setiap jenis memiliki strategi pengoptimalan yang berbeda, berikut yang perlu Anda pelajari agar dapat menghasilkan konten dengan performa terbaik di penelusuran organik.

Jenis SEO yang wajib dipelajari oleh penulis SEO adalah SEO on-page yang mencakup semua strategi optimasi konten.

Konten berkualitas tinggi berpotensi meningkatkan peringkat web, mendatangkan lebih banyak traffic, dan mendapatkan backlink dari website lain.

Oleh karena itu, mempelajari strategi SEO on-page penting bagi penulis SEO.

Hal lain yang perlu dikuasai oleh para penulis SEO adalah SEO off-page yang lebih fokus pada kegiatan promosi dan link building dari luar website.

Teknik optimasi off-page ini dapat membantu penulis SEO meningkatkan jumlah pengunjung, mendapatkan lebih banyak backlink berkualitas, dan meningkatkan kredibilitas website yang dikelolanya.

Memahami teknik SEO bukanlah suatu kewajiban bagi penulis SEO. Kecuali, mereka ingin beralih karir menjadi spesialis SEO.

Sebab, untuk menguasai teknis SEO, setidaknya diperlukan pengetahuan dasar pemrograman dan arsitektur web.

Buat Rencana Konten

Perencanaan konten adalah segala bentuk perencanaan yang dilakukan dalam proses produksi konten untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Perencanaan konten yang tepat dapat meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan konten yang tepat sasaran.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai SEO writer yang handal mulai dari pengertian, ketentuan, hingga tips. Anda dapat menggunakan jasa penulisan artikel SEO termurah. Dengan jasa penulisan artikel SEO termurah, Anda sudah bisa mendapatkan artikel yang berkualitas.