Inilah Manfaat Buah Kering, Mengatasi Penyakit Berbahaya!

Apa aja sih manfaat buah kering? Kali ini mimin akan mengulas secara lengkap mengenai beberapa manfaat buah kering. Buah kering telah banyak dikonsumsi saat ini, karena buah kering dapat bertahan lebih lama dibandingkan buah segar.

Tak hanya buah yang masih segar yang memiliki banyak manfaat. Namun dalam buah kering ada manfaatnya juga untuk kesehatan yang patut dipertimbangkan.Bahkan berbagai manfaat mengkonsumsi buah kering untuk kesehatan telah diakui dalam dunia medis.

Buah kering adalah buah yang telah mengalami proses pengeringan efektif menggunakan mesin pengering makanan, sehingga kandungan air di dalamnya akan terbuang. Beberapa contoh buah kering yang cukup populer adalah kismis, kurma, plum, buah ara, pepaya, mangga, aprikot dll.

Mungkin Anda mengira jika buah kering kehilangan kandungan seperti vitamin dan mineral di dalamnya, ternyata kandungan tersebut masih ada di dalam buah kering tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah kering secara rutin, namun tetap dalam porsi yang cukup, ya.

Jika jumlah mengonsumsi buah kering terlalu berlebihan, justru berisiko menyebabkan peningkatan gula darah yang tidak baik. Karena itu, tetap atur jumlah konsumsi buah kering yang menjadi favorit Anda.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah kering? Biar nggak penasaran terus, yuk simak manfaat buah kering berikut ini!

Kandungan Gizi Buah Kering

Sebelum masuk ke manfaat buah kering, ada baiknya kita mengetahui apa saja kandungan gizi buah kering. Ada banyak jenis buah kering yang dijual di pasaran dengan kandungan nutrisi yang bervariasi.

Untuk mengetahui apakah buah kering baik untuk kesehatan, Anda perlu mengetahui apa saja kandungan dan jumlah yang ada di dalamnya.

Dalam secangkir buah kering mengandung kira-kira:

  • Kalori: 480 gram;
  • Protein: 4 gram;
  • Lemak: 0 gram;
  • Karbohidrat: 112 gram;
  • Serat: 8 gram;
  • Gula: 92 gram.

Secara umum, mikronutrien yang paling umum ditemukan dalam buah kering termasuk vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan kalium.

Mengenai apakah makan buah kering baik untuk kesehatan, ternyata ada kelebihan dan kekurangannya. Yuk simak manfaat dan resiko mengonsumsi buah kering dibawah ini !

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pala Kering Resep Enak Sederhana

Manfaat Buah Kering Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kering

1. Memberikan energi untuk gaya hidup aktif

Buah kering mengandung banyak kalori, sehingga baik untuk orang yang memiliki gaya hidup aktif. Saat mengonsumsi buah kering sebagai sumber energi, tentunya Anda tetap perlu memperhatikan total kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Buah kering memang baik sebagai sumber kalori, namun tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan, apalagi jika buah tersebut mengandung tambahan gula.

Bagi Anda yang suka makan buah kering Pastikan untuk menyeimbangkan asupan kalori dengan mengurangi kelebihan kalori dari makanan tidak sehat lainnya seperti gorengan atau fast food.

2. Kaya akan serat dan antioksidan

Buah kering merupakan asupan nutrisi yang tinggi. Padahal, buah kering mengandung serat 3,5 kali lebih banyak dibandingkan buah segar. Tidak hanya itu. Buah kering juga sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Jenis antioksidan dalam buah kering adalah polifenol, yang secara medis terbukti meningkatkan aliran darah, menyehatkan saluran pencernaan dan mengurangi risiko penyakit berbahaya.

3. Membantu mengurangi risiko diabetes

Kebanyakan buah kering yang dijual di pasaran sudah mengandung gula tambahan sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Namun, buah kering alami yang tidak mengandung tambahan gula, justru dapat membantu mengurangi risiko diabetes, terutama kismis.

Kismis adalah buah anggur kering yang secara alami banyak mengandung serat, potasium, dan berbagai komponen sehat lainnya. Kismis juga merupakan makanan dengan indeks glikemik sedang.

Artinya, buah ini tidak akan langsung meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Hal ini membuat kismis alami yang tidak ditambahkan gula, dianggap dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena diabetes.

4. Baik untuk ibu hamil

Buah kering, seperti kurma, merupakan sumber serat, potasium, dan zat besi yang sangat baik untuk ibu hamil.

Menurut penelitian, makan kurma secara teratur beberapa minggu sebelum melahirkan juga dapat membantu melancarkan proses persalinan.

Kurma diduga dapat membantu memperlebar leher rahim sebelum melahirkan, sehingga kebutuhan akan induksi dapat dikurangi.

5. Mencegah Kanker

Manfaat terakhir dari mengkonsumsi buah kering untuk kesehatan adalah kemampuan buah kering untuk mencegah kanker.

Banyak penelitian mengatakan bahwa apel segar saja dapat mencegah Anda sakit. Itulah sebabnya, jika Anda makan apel dan aprikot kering setiap hari, Anda akan menurunkan risiko terkena kanker.

Hal ini tidak lepas dari kandungan buah apel dan aprikot berupa fitonutrien yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan juga sebagai sumber serat yang baik untuk pencernaan. Dan juga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan zat besi.

Bahaya konsumsi buah kering bagi kesehatan

Saat membeli buah kering, pastikan Anda memilih produk yang tidak menggunakan pemanis buatan. Kandungan gula yang tinggi pada buah kering yang dijual di pasaran berpotensi meningkatkan risiko obesitas, hingga penyakit kronis seperti jantung dan kanker.

Selain itu, beberapa produsen buah kering diketahui menambahkan pengawet sulfit pada produk mereka. Pengawet ini ditambahkan dengan tujuan agar tampilan buah kering lebih menarik.

Bagi yang sensitif terhadap bahan ini, Anda akan mengalami reaksi alergi seperti kram perut, ruam kulit, dan serangan asma. Untuk menghindari sulfit, pilih buah kering dengan warna coklat atau abu-abu daripada warna cerah.

Jangan lupa juga perhatikan tempat penyimpanan buah kering. Jika tidak disimpan dengan benar, buah kering Anda dapat terkontaminasi jamur, aflatoksin, dan senyawa beracun lainnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah kering. Kita dapat mengolah buah kering menjadi manisan kering. Selain enak dijadikan camilan, dapat anda kreasikan untuk ide bisnis. Selamat Mencoba!

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Kering Spesial